Hai, Takaiters!

Pernahkah kamu mendengar tentang mitos uyeng-uyeng? Uyeng-uyeng adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti pusar kepala. Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah hair whor atau cowlick.

Uyeng-uyeng ini jumlah dan bentuknya berbeda di tia-tiap kepala anak, Takaiters. Perbedaan inilah yang memunculkan banyak cerita atau persepsi yang berbeda dari tiap orang.

Karakteristik Anak Jika Dilihat Dari Jumlah Uyeng-uyeng

Mitos Uyeng-uyeng
Foto: jogja.tribunnews.com

Uyeng-uyeng sudah ada pada setiap anak sejak lahir. Namun, jumlah uyeng-uyeng pada setiap anak berbeda. Ada anak yang memiliki satu uyeng-uyeng, ada yang memiliki dua uyeng-uyeng dan bahkan ada juga yang memiliki tiga uyeng-uyeng.

Jumlah uyeng-uyeng tersebut diyakini memiliki arti khusus. Anak dengan dua uyeng-uyeng biasanya dikecap sebagai anak yang nakal. Padahal itu belum tentu. Justru anak dengan dua uyeng-uyeng diyakini bahwa mereka adalah anak yang pintar dan handal dalam melakukan berbagai hal dengan cara pandang yang berbeda.

Anak dengan tiga uyeng-uyeng di kepala termasuk jarang ditemui. Mereka diyakini sebagai anak yang ulet dan tekun. Memiliki kemauan yang keras jika sudah berkeinginan.

Sedangkan anak dengan satu uyeng-uyeng adalah anak seperti pada lazimnya. Ia dipercaya akan tumbuh menjadi anak yang berkepribadian kuat dan tumbuh dengan baik hingga dewasa kelak.

Bentuk Uyeng-uyeng Juga Menggambarkan Sesuatu Yang Unik

mitos uyeng uyeng 2
Foto: diadona.id

Selain jumlah uyeng-uyeng yang berbeda, bentuk dan letak uyeng-uyeng pada tiap orang juga berbeda. Ada uyeng-uyeng yang bentuknya serarah jarum jam. Ada juga yang bentuk uyeng-uyengnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Menurut Dr. Amar JS Klar Kepala Bagian Genetika dan Laboratorium Biologi Krosoom National Cancer Institute di Maryland mengatakan bahwa pada bentuk pusaran rambut yang berbeda-beda terdapat hal-hal unik yang bisa ditemukan.

Menurutnya orang yang memiliki bentuk pusaran rambut yang searah dengan jarum jam dalam melakukan aktivitas sehari-hari akan menggunakan tangan kanannya. Sebaliknya orang dengan pusaran rambutnya yang berlawanan dengan arah jarum jam akan menggunakan tangan kirinya dalam melakukan aktivias harian mereka. Biasanya orang menyebutnyan dengan istilah kidal.

Mitos atau Fakta

arti letak uyeng uyeng
Foto: manado.tribunnews.com

Selain mitos tentang jumlah uyeng-uyeng ataupun bentuk uyeng-uyeng yang berbeda, orang-orang dulu meyakini bahwa letak uyeng-uyeng dipercaya sebagai letak nyawa manusia. Namun, Takaiters, mitos-mitos tersebut belum ada pembuktian khusus tentang benar atau tidaknya. Jadi semua itu dikembalikan pada diri masing-masing. Boleh percaya juga boleh tidak.

Takaiters, sebagai generasi yang cerdas tentunya kamu akan mengambil sisi yang baik dari setiap hal, bukan? Begitu juga dengan mitos uyeng-uyeng tersebut.