Hollaa Takaiters,

Indonesia, mempunyai desain mata uang yang unik dan menarik. Kebanyakkan dari desain mata uang di Indonesia menggunakan foto-foto pahlawan yang terkenal di negeri ini. Sebut saja uang keluaran tahun 1964 ini, berlatarbelakang gambar presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Uang kuno ini sudah menjadi incaran para kolektor. Bagaimana tidak, uang ini memiliki keajaiban mistik yang sempat menghebohkan di dunia maya.

Sebenarnya uang yang dimaksudkan disini bukanlah uang yang sah sebagai alat pembayaran di Indonesia, namun uang ini lebih dikenal dengan istilah “uang souvenir”. Uang Soekarno souvenir ini memiliki banyak versi, ada yang berwarna merah dan ada berwarna hijau. Untuk segi nominal uang ini dicetak dari Rp 1,-, Rp 100,- , Rp 1.000,-, Rp 5.000,- dan Rp 10.000,-.

Banyak masyarakat indonesia menganggap bahwa uang kuno ini merupakan uang satu-satunya di dunia yang bisa bergerak dengan sendirinya jika diletakkan diatas telapak tangan. Bagi para kolektor uang kuno atau yang biasa disebut numismatik tentu bukan berita baru lagi mengenai hal aneh ini.

Secara garis besar, mungkin sebagian orang menggangap tidak percaya akan hal ini, sebab tidak ada pendapat yang masuk akal yang mampu menjelaskan kenapa uang tersebut bisa melengkung. Namun secara metafisik berpendapat bahwa uang ini telah diisi dengan energi eterik dimana apabila suatu benda diisi energi ini maka akan menjauh dari suhu panas tubuh.

Disisi lain juga ada yang berpendapat bahwa uang ini dibuat menggunakan kayu yang sangat langka dan beberapa ritual untuk membuat uang ini mempunyai aura yang kuat dalam hal magic. Dari semua pendapat yang dikumpulkan belum bisa diuji kebenarannya.

Untuk harga jual uang ini bisa mencapai ratusan juta rupiah. Dengan keunikkan tersendiri, sepertinya pembeli uang ini umumnya lebih tertarik dengan sisi klenik (mistik) yang dimiliki uang ini dibandingkan dengan sisi kuno (numismatik). Bagaimana dengan kamu sendiri? tertarik dengan sisi mistik uang ini? tonton saja video dibawah ini