Hai, Takaiters!

Udah pernah nih liburan ke kota Malang? Ada apa aja sih di kota Malang itu? Oke, saya kasih tahu yah. Malang adalah sebuah kota yang dikenal sebagai kota Pendidikan. Mengapa demikian? Karena Malang memiliki banyak sekali Universitas disana.

Nah, yang paling menariknya lagi, Universitas terbaik yang menduduki peringkat ke -4 di Indonesia ini adalah Universitas Brawijaya yang berada di kota Malang loh…

Selain itu, Malang juga dikenal sebagai kota pariwisata. Banyak berbagai macam tempat rekreasi dan pemandangan-pemandangan alam menarik disana.

Tak ada salahnya jika kalian memiliki uang saku yang cukup untuk berlibur di akhir tahun, coba saja untuk liburan ke kota Malang. Namun sayangnya karena adanya pandemi covid 19 ini, kita harus stay at home terlebih dulu. Baru kalau sudah new normal kalian bisa nih mencoba untuk berlibur kesana.

Nah, setelah kalian berlibur di beberapa tempat wisata yang ada di kota Malang tersebut, jangan sia-siakan liburan kalian sebelum mampir ke Masjid Agung Al-Hidayah.

Yah, apa sih Masjid Agung Al-Hidayah itu? Seperti apa keindahan Masjidnya? Terlebih masjid ini digadang-gadangkan replika Masjid Hagia Shopia di Turki. Lalu dimana lokasinya? Jadi penasaran kan? Yuk, disimak!

Asal Bangunan Masjid Agung Al-Hidayah

Replika Masjid Hagia Shopia
Masjid Agung Al-Hidayah tampak dari samping

Masjid yang merupakan replika Masjid Hagia Sophia ini memiliki nama Masjid Agung Al-Hidayah, yang dibangun pada tahun 2009 silam. Dengan menyongsong arsitektur handal dan memiliki imajinasi yang sangat besar, akhirnya mereka pun mulai membangun Masjid tersebut seperti Hagia Sophia yang berada di Turki.

Banyak di berbagai daerah di Indonesia saling berbondong-bondong untuk membangun Masjid yang serupa dengan Masjid ala Turki. Namun yang paling mirip dengan Hagia Sophia ialah Masjid Agung Al-Hidayah ini.

Nyatanya, banyak sekali para wisatawan asing dari berbagai belahan dunia yang ingin sekali untuk bersinggah disana, demi ingin melihat keindahan Masjid tersebut. Selain itu, mereka juga saling berselfi sambil menikmati keindahan ornamen-ornamennya.

Begitu banyak simpatias para wisatawan baik dari Indonesia sendiri maupun mancanegara yang ingin melihat langsung keindahan Masjid tersebut. Menarik bukan?

Ornamen-ornamen indah yang dibangun persis ala Hagia Sophia tersebut

Masjid Agung Al-Hidayah memiliki dua lantai yang sangat luas, dapat menampung hingga 1000 jamaah. Di setiap tahun nya, pada saat digelarnya sholat Idhul Fitri dan Idhul Adha, Masjid tersebut terlihat sangat padat sekali hingga para jamaah harus menunaikan shalat dua Ied di sepanjang jalan karena yang hadir terdapat ribuan jamaah.

Makam Waliyullah Berketurunan Sunan Kalijaga

Makam AlMaghfurlah Kyai Ismail Arif bin Raden Pakunegoro yang terletak di belakang Masjid Agung Al-Hidayah

Siapa sih yang enggak kenal sama sunan Kalijaga? Iya, salah satu wali dari sembilan para wali yang telah berjasa di Indonesia. Siapa sangka bahwa di belakang Masjid Agung Al-Hidayah terdapat sebuah makam, yang mana makam itu adalah makam seorang waliyullah yang berketurunan sunan Kalijaga.

Beliau bernama AlMaghfurlah Kyai Ismail Arif bin Raden Pakunegoro. Nah, sahabat takaiters, selain kalian dapat berselfi-selfi dan menikmati keindahan Masjid Agung Al-Hidayah, kalian juga bisa kok berziarah di makam waliyullah tersebut. Dapat bonus banyak kan kalau kalian mampir kesini?

Lokasi Masjid yang tak jauh dari kota wisata Batu

Alun-alun kota Batu

Nah, Takaiters! Untuk lokasinya sih memang tidak jauh dari kota wisata Batu. Karena letak Masjid Agung Al-Hidayah ini berlokasi di Dusun Karangan, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Pastinya sih kalian melewati Masjid ini setelah kalian pulang dari kota Batu. Makanya mumpung kalian ada di Malang nih, mampir aja ke Replika Masjid Hagia Shopia Karangploso ini daripada harus jauh-jauh ke Negara Turki, Takaiters!