Hallo, Takaiters!

Hidup sebagai kaum muda milenial selalu penuh tantangan, ya? Perkembangan teknologi, persaingan antar individu dan pasar kerja yang semakin sempit membuat kamu harus berjuang menjadi yang terbaik. Menjadi bintang adalah impian semua orang, karena menjadi pribadi cemerlang menjadikan kita manusia yang terpilih.

Pada dasarnya dalam setiap individu terdapat sumber kekuatan besar yang dapat dioptimalkan, yang nantinya akan melejitkanmu ke puncak prestasi. Kamu hanya perlu mengeluarkan seluruh potensi itu dan bersiaplah menjadi bintang, Guys.

Siapa Dirimu

High quality jomblo
Foto: unsplash.com

Dalam ranah ilmu pengetahuan, bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya dari dirinya sendiri. Ia bukan bulan yang memantulkan cahaya matahari. Bintang adalah seseorang yang memaksimalkan potensi dirinya sendiri, ia seorang trendsetter bukan follower. Lihatlah dirimu sekarang, Guys, tengoklah siapa engkau sebenarnya, bagaimana sifatmu juga apa kelebihan dan kekuranganmu.

Secara faktual, kamu harus mengenali diri sendiri dan bandingkan dengan kondisi ideal yang seharusnya. Pertahankan jika kondisi faktual dan ideal sudah memiliki kesamaan, tetapi perbaiki jika secara faktual kondisimu jauh dari ideal. Jika kamu merasa menjadi orang yang angkuh dan sombong, apakah ini ideal? Jika kamu orang yang pantang menyerah apakah ini kondisi ideal? Potensi diri harus disejajarkan pada kondisi ideal, Guys, karena potensi diri yang sifatnya jauh dari ideal akan melawan kehendak alam dan kehendak Tuhan.

Peta Diri

foto: pixabay.com

Peta diri adalah gambaran tentang kita, sehingga kita tidak lagi memandang diri sebagai sesuatu yang abstrak. Diri kita adalah sesuatu yang bisa divisualisasikan. Peta diri akan membuatmu mampu memberdayakan potensi diri, menjadi ancang-ancang dalam pengembangan diri dan membantu memilihkan jalan yang paling tepat. Untuk dapat membuat peta diri, kenali diri sendiri, Guys, apa tipe kepribadianmu, bagaimana gaya belajarmu, dan apa tipe kecerdasan yang kamu miliki.

Dengan mengenali diri sendiri, kamu dapat menentukan kemana harus melangkah. Jangan memilih jalan yang tidak sesuai dengan kepribadianmu karena energi yang kamu perlukan akan semakin besar. Temukan peta hidup yang membahagiakan dan kamu akan menjadi lebih cemerlang dibanding orang lain.

Visioner

Foto: pixabay.com

Untuk menjadi bintang kamu harus memiliki visi yang jelas dan senantiasa berorientasi pada visi itu, Guys. Visi hidup harus dilandaskan pada ideologi yang benar dan  visilah yang akan membuat seseorang berproses seperti apa, tercetak seperti apa, dan berakhir bagaimana.

Visi adalah impian yang ingin kita capai dalam hidup. Untuk mewujudkannya diperlukan langkah yang secara garis besar akan menuntun kita mencapai impian. Sudah menjadi keniscayaan bahwa kadang-kadang mimpi tidak sesuai dengan kenyataan. Yang kamu perlukan adalah kreativitas, inovasi, dan kerja keras sehingga kenyataan mendekati impianmu.

Kamu juga perlu melakukan kilas balik jika impianmu lebih sering membentur batu karang, betulkah ini visi hidupmu yang sebenarnya?

Strategi dalam Hidup

Foto : pexels.com

Dalam kehidupan ini kamu akan menemukan adanya kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Adalah tugasmu sebagai manusia untuk memanfaatkan keempat hal tersebut dalam mewujudkan visi hidupmu, Guys. Tidak mudah mengenali diri sendiri, apalagi harus menghadapi tantangan dan ancaman, tetapi untuk menjadi yang terbaik kamu harus mampu mengorganisasikan semuanya menjadi sebuah strategi dalam hidup.

Lakukan perencanaan untuk semua urusan, aturlah dengan baik dan lakukan! Merencanakan sesuatu tanpa melakukannya adalah BIG NO! Tidak ada artinya. Jika kamu sudah melakukannya, saatnya mengontrol semuanya hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah, Takaiters, selagi muda, manfaatkan masa mudanya untuk hal-hal positif karena tidak mudah menjadi pemenang di era globalisasi ini. Siapa yang berleha-leha,  stagnan, dan masa bodoh akan tertinggal jauh di belakang.