Hallo, Takaiters!

Mi sudah seperti makanan wajib sehari-hari bagi orang Asia. Meskipun bentuk dan bahan berbeda-beda, tapi jenis-jenis mi di berbagai negara selalu jadi favorit. Salah satunya yang berasal dari Korea Selatan. Korea memiliki jenis mi yang banyak dan unik. Cara penyajiannya pun berbeda-beda. Yuk, kita kupas jenis mi favorit di Korea SelatanĀ  berikut ini!

1. Ramyun

Foto: youtube.com

Jika kalian ke supermarket, pasti akan melihat merek Shin Ramyun asal Korea. Ramyun atau ranyeon adalah sebutan mi dalam bahasa Korea Selatan. Sebelum menjadi makanan yang terkenal dari berasal dari Negeri Ginseng, mi ini berasal dari daratan Cina dibawa ke Jepang pada era Meiji, 1868-1912. Pada tahun 1960-an, Korea mengenal ramyun karena bertetangga dengan Negeri Sakura tersebut. Rasanya yang pedas dan khas menjadi mi favorit orang-orang Korea.

2. Naengmyeon

Foto: khimciandbasil.com

Pernah membayangkan makan mi dalam kondisi dingin? Biasanya kita menyantap mi dalam kondisi masih panas, karena lebih sedap. Tapi beda lagi dengan mi jenis ini. Naengmyeon disajikan dalam kondisi dingin dan dimakan saat cuaca sedang panas. Nah, lo, terbalik. Mi ini terbuat dari bahan tepung kentang dan soba, lalu dipotong tipis. Ketika sudah diolah, mi dicampurkan dengan kaldu ayam dingin.

3. Jajang-myeon

Foto: resepdanmakanan.com

Makan yang pertama muncul di Incheon yang dikenakan oleh para imigran Cina. Bentuknya berupa mi tebal dengan bumbu kacang hitam. Salah satu perayaan unik jajangmyeon yakni Black Day setiap 14 April. Biasanya pada hari itu para jomblo makan mi ini dengan pakaian serba hitam sebagai lambang kesedihan dan putus cinta.

4. Kalguksu

Foto: wikipedia.org

Mie ini biasanya dikonsumsi saat musim panas guna menyeimbangkan suhu tubuh yang terlalu sering makanan dan minuman dingin. Sehingga, tidak gampang sakit. Mie yang berbentuk tebal dan agak lebar biasanya disajikan dengan beberapa seafood.

5. Budae Jigae

Foto: dopenkitchen.com

Konon kabarnya budae jigae masuk ke Korea Selatan pada tahun 1950-an. Mi ini sebenarnya masuk dalam kategori menu jigae (stew) yang terbuat dari kombinasi ramyun, sosis sapi, makaroni beef luncheon, tahu sutra, dan aneka sayuran di dalam sup berbumbu gochujang dan kimchi. Wah, pasti nikmat banget.

Jadi, Guys, kalau kalian liburan ke Korea Selatan jangan lupa cobain, ya, jenis-jenis mie di atas.