Hai, Takaiters!

Tinggal beberapa hari lagi tahun 2019 akan segera berakhir. Biasanya menjelang pergantian tahun banyak yang melewatinya dengan mengadakan pesta tahun baru, kongkow-kongkow dengan teman, komunitas, rekan bisnis atau bergadang hingga pagi dengan menyalakan kembang api, petasan, meniup terompet, berkaraoke, dan berjoget ria. Pergantian tahun baru selalu identik dengan pesta dan hura-hura.

Bagi milenial melewatkan pergantian tahun dengan mengadakan pesta bisa jadi merupakan suatu kebanggaan dan kepuasan. Namun, sebenarnya tidaklah demikian, pergantian tahun tidak harus dilewati dengan pesta. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan dan memiliki nilai lebih untuk bisa dibanggakan. So, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dalam melewati pergantian tahun? Simak, yuk, Guys?

Muhasabah Diri

Foto: dewandakwahaceh.com

Bagi kita yang beragama, bermuhasabah diri sangat dianjurkan. Muhasabah artinya sebuah upaya untuk mengevaluasi segala perbuatan yang pernah dilakukan, baik perbuatan yang baik ataupun perbuatan yang buruk. Pergantian tahun adalah momen yang tepat untuk bermuhasabah diri.

Mengevaluasi segala hal yang pernah dilakukan di tahun sebelumnya. Menyesali segala perbuatan buruk yang pernah dilakukan dengan berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi di tahun depan. Juga terus berupaya meningkatkan perbuatan baik yang pernah dilakukan di tahun sebelumnya untuk diterapkan di tahun depan. Memang muhasabah diri tidak harus di saat pergantian tahun. Semakin sering melakukan muhasabah diri maka akan semakin terkontrol seluruh perbuatan yang kamu lakukan.

Berkumpul di Majelis Ilmu

Foto: potensidesa.com

Jika biasanya pergantian tahun dihabiskan dengan berkumpul bersama komunitas atau teman-teman untuk mengadakan pesta, cobalah mulai dengan sesuatu yang baru. Kamu bisa membuat acara pergantian tahun dengan mengumpulkan teman-teman komunitas yang tertarik untuk belajar hal-hal yang baru atau mengkaji suatu karya di sebuah majelis ilmu.

Majelis ilmu bukan hanya sekolah formal, tetapi suatu perkumpulan yang membahas sesuatu hal yang berkaitan dengan ilmu, kajian, filosofi kehidupan, dan sebagainya yang bisa untuk menambah ilmu dan dapat diterapkan dalam kehidupan dengan tujuan peningkatan kualitas diri ke arah kebaikan dan kemajuan.

Melakukan Kegiatan Sosial

Foto: pens.ac.id

Merayakan tahun baru selalu identik dengan mengadakan pesta. Kali ini cobalah Takaiters merayakan pergantian tahun dengan melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat. Kamu bisa bekerja sama dengan teman-teman kamu, komunitas atau rekan bisnis untuk mengadakan kegiatan sosial seperti menyantuni fakir miskin dengan memberi makanan, uang atau kebutuhan pokok, mengunjungi panti asuhan dengan membawa sumbangan yang mungkin diperlukan seperti perlengkapan sekolah, uang saku atau bantuan untuk perlengkapan panti. Kamu juga bisa lewati pergantian tahun dengan keliling mencari tuna wisma yang ada di kota untuk diberikan bantuan.

Melewati Pergantian Tahun dengan Keluarga

Foto: brilio.net

Melewati pergantian tahun dengan keluarga termasuk cara yang efektif untuk terhindar dari kesan hura-hura. Kamu bisa berkumpul bersama keluarga dengan bermuhasabah bersama. Saling koreksi, memberi saran dan masukan juga introspeksi bersama anggota keluarga. Momen ini akan lebih mendekatkan hubungan kekeluargaan dan menambah keharmonisan dalam keluarga.

Takaiters, empat kegiatan tadi bisa kamu lakukan untuk merubah mindset bahwa merayakan tahun baru tidak harus selalu dengan pesta dan hura-hura. Namun, banyak hal yang bisa kamu lakukan yang tentunya lebih bermanfaat dan lebih bisa dibanggakan untuk diri kamu sendiri, orang lain bahkan masyarakat. Happy New Years, Takaiters!