Hai, Takaiters!

Seperti biasanya setiap tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional. Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) dari tahun ketahun selalu dipenuhi dengan berbagai kegiatan seperti upacara yang diadakan di tiap-tiap kabupaten, pertandingan di berbagai cabang olahraga, pemberian penghargaan atau hadiah kepada insan olahraga dan juga kegiatan lainnya.

Untuk tahun ini peringatan Hari Olahraga Nasional pastinya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Masa pandemi yang belum juga usai membuat semua pihak harus tetap waspada dan berhati-hati untuk menjaga keselamatan bersama. Namun, bukan berarti peringatan HAORNAS ditiadakan. Kita tetap bisa memperingatinya dengan cara yang telah ditetapkan sesuai dengan protokol kesehatan. Apa saja sih yang bisa dilakukan agar peringatan Hari penting ini tetap berkesan? Yuk, Guys kita intip bareng?

  • Upacara Secara Virtual

hari olahraga nasional biasa diperingati pada tanggal
Foto: republika.co.id

Upacara yang biasa diadakan untuk memperingati HAORNAS tetap bisa dilakukan dengan cara virtual. Seperti pada peringatan Hari Kemerdekaan RI, upacara ini dilakukan dengan membatasi jumlah peserta upacara dan pelaksanaannya disesuaikan dengan aturan protokol kesehatan. Meskipun tidak dilakukan seperti biasanya di lapangan, dengan diadakan secara virtual tidak mengurangi rasa nasionalisme kita.

  • Pilihlah Kegiatan Olahraga Yang Minim Sentuhan Fisik

hari olahraga nasional selalu diperingati pada tanggal
Foto: olympic.org

Jika ingin memperingati Hari Olahraga Nasional dengan mengadakan pertandingan olahraga, pilihlah jenis olahraga yang minim sentuhan fisik. Dan pesertanya dibatasi agar tidak terjadinya keramaian. Seperti badminton, tenis meja, senam, maraton, atau sepeda santai. Olahraga ini bisa dijadikan rekomendasi untuk memeriahkan Hari Olahraga Nasional.

  • Patuhi Protokol Kesehatan

hari olahraga nasional ucapan
Foto: liputan6.com

Pada saat melakukan kegiatan olahraga sebaiknya tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan yang pastinya menghadirkan banyak orang sangat rentan terjadi penularan virus corona, untuk itu sebaiknya tetap memakai masker.

Usahakan membawa handsanitizer sendiri karena di tempat keramaian akan ada lebih dari satu menyentuh sesuatu benda atau barang untuk itu alangkah baiknya memakai sarung tangan. Meskipun suasananya akan ramai namun jangan berkerumun dan usahakan tetap menjaga jarak. Kesehatan tetap menjadi poin utama ya, Takaiters!

  • Makna Peringatan Hari Olahraga Nasional

Sebenarnya makna yang terpenting dari adanya peringatan HAORNAS adalah kita sebagai bangsa Indonesia harus cinta terhadap perkembangan olahraga dan menghargai atlet-atlet bangsa yang telah memberikan dedikasinya untuk mengangkat dan mengharumkan nama bangsa di kancah dunia dengan menyumbangkan prestasi-prestasinya melalui olahraga.

Sedangkan makna peringatan Hari Olahraga Nasional bagi diri sendiri atau individu adalah kita harus menyayangi diri kita sendiri melalui hidup sehat dengan rajin berolahraga.

Takaiters, mengingat situasi saat ini yang masih dalam masa pandemi, kita memang dituntut untuk selalu menjaga kesehatan, membiasakan hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi. Olahraga juga sangat disarankan agar tubuh tetap bugar dan menjaga sistem imunitas kita. Yuk Guys, kita peringati Hari Olahraga Nasional dengan tetap budayakan olahraga sebagai cerminan gaya hidup yang sehat? Bagaimana menurutmu?