Hai, Takaiters!

Indonesia merupakan negara yang menjadi pertemuan dua lempeng besar yakni lempeng Benua Asia di kawasan Barat dan Lempeng Benua Australia di kawasan Timur. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya rangkaian gunung api di Indonesia.

Salah satu gunung berapi yang masih  aktif dan sering mengeluarkan erupsi adalah Gunung  Merapi.

Inilah beberapa fakta menarik mengenai Gunung Merapi.

1. Gunung Merapi adalah Gunung Api Teraktif di Indonesia

fakta gunung merapi meletus
Foto: detik.com

Gunung dengan ketinggian puncak 2.930 meter di permukaan laut (mdpl) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Bahkan sejak abad ke-16, Merapi terus melakukan serangkaian erupsi.

Pada tahun 2010 yang lalu, sekitar 153 orang meninggal akibat letusan Gunung Merapi dan sekitar 320.000 warga lainnya harus kehilangan tempat tinggalnya.

Pada tanggal 1 Juni kemarin sebagai hari lahir Pancasila, Merapi kembali meletus, Takaiters. Seperti dilansir Tempo.co, Gunung Merapi  kembali erupsi sebanyak dua kali pada malam hari tanggal 1 juni. Letusan pertama tercatat pada pukul 20.24 sedangkan letusan kedua yang baru saja terjadi yaitu pada pukul 21.00 WIB.

“Status Aktifitas Merapi pada saat ini tetap pada level waspada,” kata Juru Bicara BNPB, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, lewat keterangan tertulisnya, Jumat 1 Juni 2018

2. Banyak dikunjungi Pendaki Gunung, Bahkan dijadikan Salah Satu Lokasi Prewedding

fakta gunung merapi meletus
Foto: tempo.co

Saat erupsi,01 Juni 2018 kemarin ada pasangan pengantin yang sedang melakukan prewedding, lho, Takaiters. Wah, enggak nyangka, ya, saat prewedding, gunungnya mengeluarkan erupsi.

Merapi ini merupakan salah satu tujuan pendakian para pendaki gunung yang sering dikunjungi, namun semenjak status Merapi meningkat, aktivitas pendakian dibatasi, kecuali untuk upaya penelitian dan mitigasi bencana.

3. Kawasan Hutan di Sekitar Puncak Merapi Menjadi Kawasan Taman Nasional Merapi

fakta gunung merapi meletus
Foto: 2.bp.blogspot.com

Sejak tahun 2004, Kawasan Hutan di Sekitar Puncak Merapi Menjadi Kawasan Taman Nasional Merapi lho, Takaiters. Taman Nasional yang harus kita jaga kelestariannya.

4. Adanya Museum Gunung Api Merapi sebagai Salah Satu Destinasi Wisata yang Sering dikunjungi Traveler

fakta gunung merapi meletus
Foto: bonvoyagejogja.com

Museum Gunung Api Merapi merupakan salah satu destinasi wisata di daerah Hargobinangun, Sleman yang sering dikunjungi traveler.

Kita akan menemukan replika Gunung Merapi dan merasakan bagaimana erupsi yang terjadi beberapa kali di tahun
1969, 1994 dan 2006 dulu. Wah, jadi ngeri ya, Takaiters kalau ngebayangin jadi warga sekitar Merapi saat ia mengeluarkan erupsinya atau saat Merapi meletus.

Di museum ini juga terdapat film pendek yang berjudul “Mahaguru Merapi” yang bisa kita  tonton, lho, Takaiters.

5. Puncak Garuda Kini Tinggal Kenangan Setelah Erupsi Merapi di Tahun 2010

fakta gunung merapi meletus
Foto: phinemo

Gunung Merapi sangat terkenal dengan Puncak Garuda. Puncak Garuda ini berbentuk sebuah batu yang bentuknya mirip burung garuda. Sejak Merapi meletus tahun 2010, erupsi yang terjadi membuat Puncak Garuda hilang dan  jadi kenangan. Sayang sekali ya, Takaiters!

6. Punya Juru Kunci, yang Terakhir Adalah Mbah Marijan

Foto: okezone

Gunung Merapi selalu punya juru kunci lho, Takaiters. Sayangnya setelah tahun 2010, Mbah Marijan pun meninggal dan belum ada pengganti hingga kini.

7. Merapi Penuh Misteri

fakta gunung merapi meletus
Foto: .triptrus.com

Entah mengapa ada anggapan bahwa Merapi itu penuh misteri lho, Takaiters. Mungkin dikaitkan dengan kejadian mistis saat pendakian Merapi. Salah satunya adalah “Pasar Bubrah” yang diyakini sebagai tempat berkumpulnya makhluk gaib. Ini hanya mitos lho, Takaiters. Mitos yang berkembang di masyarakat harus kita tanggapi dengan bijak.

Inilah 7 fakta menarik mengenai Merapi. Kita doakan warga sekitar Merapi bisa survive ya, Takaiters.