Halo, Takaiters!

Siapa yang tidak kenal dengan Sungai Mahakam? Sungai yang membelah Kalimantan Timur dan bermuara di Selat Makasar ini merupakan sungai terpanjang kedua di Indonesia. Kamu bisa duduk-duduk di tepian sungainya sambil piknik, mencoba mengunjungi taman lampion di malam hari, serta menyusuri sungainya. Kapal Pesut Etam adalah salah satu dari beberapa kapal wisata yang mengantar wisatawan untuk menyusuri Sungai Mahakam. Yuk, simak ulasannya!

Waktu Berlayar

Foto: kaltimprokat.com

Kapal Pesut Etam bersandar di Dermaga Mahakam Ilir sekitar pukul 16.00 WITA. Setelah wisatawan melakukan registrasi, membeli tiket, dan berkumpul di dalam kapal, kapal ini berangkat tepat pukul 17.00 WITA. Perjalanan menyusuri Sungai Mahakam ditempuh sekitar kurang lebih 3 jam. Di sana kamu akan melihat sunset dari atas kapal. Pergi saat masih terang, dan pulang ketika sudah gelap. So, Guys, jangan lupa bawa perbekalan camilan, kamera, serta baterai yang cukup, ya.

Rute dan Pemandangan

Foto: youtube.com

Menaiki Kapal Pesut Etam ini kamu akan disuguhi pemandangan yang menyegarkan mata. Selain bisa melihat kapal batu bara, speed boat, dan kapal-kapal penumpang lainnya yang berseliweran di sekitar kamu, kamu akan disajikan pemandangan di tepian Sungai Mahakam yang tentunya bisa menjadi spot selfie instagrammable. Pemandangan di sore hari yang masih terang, senja, serta malam hari yang banyak lampu.

Rute Kapal Pesut Etam ini akan menyusuri dari Dermaga Mahakam Ilir, Tepian Mahakam, Samarinda Seberang, Jembatan Mahakam Kembar, Jembatan Mahakam, Big Mall Samarinda, Masjid Islamic Center Samarinda, Masjid Raya Darussalam, Pelabuhan Penumpang, dan Jembatan Mahkota

Biaya dan Fasilitas

Foto: suaramerdeka.com

Tiket untuk menaiki Pesut Etam seharga Rp75.000,00 untuk orang dewasa, dan Rp50.000,00 untuk balita, serta gratis untuk anak-anak usia 0 hingga 2 tahun. Harga tiket ini sudah mencakup rute selama 3 jam di atas, mi instan dalam kemasan besar untuk orang dewasa atau kemasan kecil untuk ana-anak, snack untuk balita, kopi, dan teh di dalam kapal yang bisa kita isi ulang, soundsystem, perlengkapan karaoke, serta asuransi jiwa.

Nah, Takaiters, tertarik untuk menyusuri Sungai Mahakam? Yuk, jadwalkan liburanmu ke Samarinda, Ibu Kota Kalimantan Timur. Sekarang kamu sudah tidak perlu lewat Balikpapan lagi kalau naik pesawat ke sini karena Samarinda sudah punya bandaranya sendiri, lo, namanya Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto.