Hai, Takaiters!

Maraknya media sosial seperti instagram, facebook, line, whatsApp, dan Twitter menjadi sarana tersendiri buat para penggunanya. Ada yang memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis, menjalin relasi, menjalin pertemanan dengan banyak orang dari berbagai wilayah juga berbagai tipe, strata, dan ada juga yang menggunakannya hanya sebagai hiburan semata ataupun untuk kepoin orang.

Postingan atau status adalah hal yang paling menonjol dilakukan dalam bermedia sosial. Bentuk postingan  juga beragam tergantung dari kepentingan si pemosting ataupun karakter si pemosting. Ada postingan atau status yang membuat kita turut senang ada juga postingan yang bisa membuat kita sakit hati dan marah. So, apa, sih, yang sebaiknya kita lakukan terhadap postingan ataupun status teman dalam dunia maya agar kamu tidak terpengaruh lebih jauh?

Positif Thinking

Foto: pexels.com

Tidak semua postingan ataupun status itu menyenangkan dan enak untuk didengar. Adakalanya ada status yang bikin hati jengkel ataupun marah. Ada juga status yang bisa menimbulkan prasangka yang berlebihan. Menyikapi hal tersebut sebaiknya kamu harus tetap positif thinking. Jika semua postingan ataupun status kamu terima mentah-mentah yang ada kamu akan kepo sendiri. Susah tidur hanya karena mikirin status orang. Tidak tenang dalam menikmati hidup. Kalau sudah seperti itu kamu sendirilah yang akan rugi.

Cuek dan Tidak Menanggapi

Foto: pexels.com

Anggap saja apa yang kamu baca bukan ditujukan buat kamu. Jangan pernah membalas dengan memberi komentar ataupun posting balik status sebagai balasannya. Sebaiknya kamu tidak perlu menanggapi sekecil apapun postingan itu. Semakin kamu tanggapi maka akan semakin senang si pemosting tersebut dan mereka akan merasa misinya berhasil untuk bisa kepoin kamu.

Bisukan

Foto: dunia.tempo.co

Dengan membisukan postingan teman kamu, maka kamu tidak akan merasa terganggu lagi. Jika di facebook atau instagram mendingan kamu tidak usah membuka story mereka dan kamu bisa men-scroll lebih cepat pada postingan tersebut agar tidak terbaca.

Berhenti Mengikuti atau Hapus Pertemanan

Foto: mykodetutorial.com

Jika postingan atau status dari salah satu teman kamu dirasa tidak mengenakkan untuk dilihat atau di baca, sementara kamu sudah berusaha untuk positif thingking, langkah yang seharusnya kamu ambil adalah berhenti mengikuti. Kamu juga bisa hapus pertemanan jika postingan atau status teman kamu benar-benar sudah kelewatan.

Blokir

Foto: androbuntu.com

Jika semakin ke sana postingan-postingan atau status teman kamu mengganggu hidup kamu maka kamu bisa memblokirnya. Dengan begitu dia tidak akan bisa berinteraksi lagi dengan kamu di dunia maya.

Takaiters, pilih-pilih pertemanan dalam dunia maya juga sebenarnya sangat penting. Pilihlah teman yang banyak memberi inspirasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk terus mengembangkan kepribadian kamu menjadi lebih baik atau juga pilihlah teman yang bisa dijadikan relasi bisnis ataupun teman sharing yang amanah. Satu yang harus selalu kamu pegang, bijaklah dalam menggunakan media sosial, ya, Guys?