Hai, Takaiters!

Takaiters, seorang artis harus dapat memainkan berbagai macam peran dalam sebuah film. Peran tersebut sesuai dengan karakter dari tokoh yang akan diperankan, di antaranya adalah peran tokoh bangsa.

Jika beberapa artis pria pernah memainkan peran sebagai tokoh bangsa, artis wanita juga ada. Akting mereka tidak diragukan lagi.

Dalam menyambut Hari Pahlawan Indonesia, kita bahas enam artis wanita yang pernah memerankan tokoh bangsa. Siapakah mereka, yuk disimak:

1. Yenny Rachman

pidato menyambut hari pahlawan
Foto: Liputan6.com

Yenny Rachman artis terkenal pada zamannya selain itu paras Yenny Rachman mirip dengan R.A Kartini, sehingga ia dipercaya untuk memerankan tokoh ini. Film R.A Kartini garapan sutradara Sjuman Djaya dirilis pada tahun 1982 dan meraih tiga piala citra pada Festival Film Indonesia (FFI) tahun 1983.

2. Christine Hakim

kegiatan menyambut hari pahlawan
Foto: imdb.com

Film garapan Eros Jarot pada tahun 1988 berjudul Cut Nyak Dien diperankan pada artis berbakat, Christine Hakim.
Berkat aktingnya yang bagus, Christine Hakim mendapatkan penghargaan sebagai pemeran utama wanita terbaik pada Festival Film Indonesia pada tahun 1988.

Lebih membanggakan lagi film Cut Nyak Dien adalah film pertama Indonesia yang tayang pertama kali pada festival film Cannes tahun 1989 di Perancis dan memenangkan penghargaan Best Foreigh.

3. Tika Bravani

kegiatan menyambut hari pahlawan
Foto: Republika.co.id

Tika Bravani di percaya untuk memerankan tokoh ibu Fatmawati istri presiden Soekarno pada film “Soekarno”.

Agar dapat mendalami peran sebagai Ibu Fatmawati dalam film “Soekarno” Tika mendatangi Guntur Soekarnoputra. Mulai dari logat bicara, kebiasaan sehari-hari, dan bahasa yang digunakannya, Tika minta penjelasan dari putra pertama Soekarno ini. Maka tak diragukan lagi akting Tika sangat mirip dengan keseharian dari Ibu Fatmawati.

4. Dian Sastrowardoyo

kata kata menyambut hari pahlawan
Foto: Suara.com

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo dirilis pada tahun 2017. R.A Kartini diperankan oleh artis muda Dian Sastro. Hanung Bramantyo menganggap Dian sangat cocok memerankan tokoh ini karena berbakat dan peduli dengan isu emansipasi.

Berbeda dengan film R.A Kartini garapan sutradara Sjuman Djaya, film garapan Hanung Bramantyo pada judul tidak menggunakan R.A, hanya “Kartni”. Hal ini karena tiap sutradara mengambil literatur yang berbeda untuk menggarap film tersebut. Namun kedua film ini tetap menggambarkan emansipasi wanita.

5. Bunga Citra Lestari

selamat menyambut hari pahlawan
Foto: Liputan6.com

BCL atau Bunga Citra Lestari berperan sebagai Hasri Ainun dalam film Habibie dan Ainun. Film yang disutradarai Faozan Rizal, berkisah tentang cinta pertama dan terakhir dari presiden ketiga Indonesia dengan ibu negara. Dalam film ini Bunga Citra Lestari berpasangan dengan Reza Rahadian yang berperan sebagai Rudy Habibie atau lebih dikenal dengan JB Habibie.

6. Maudy Ayunda

Foto: Kompas.com

Film Habibie dan Ainun bersambung hingga tiga episode. Pada episode 3, film ini disutradarai oleh Hanum Bramantyo. Ada perbedaan dengan episode sebelumnya, Bunga Citra Lestari diganti oleh Maudy Ayunda karena film ini menceritakan ibu Ainun saat masih muda.

Dalam memerankan ibu Ainun masih muda, Maudy Ayunda selalu berkonsultasi dengan bapak Habibie. Namun sayang film Habibie dan Ainun 3 ini tidak sempat di tonton oleh bapak Habibie karena beliau meninggal dunia pada bulan September 2019. Film Habibie dan Ainun dirilis pada bulan Desember 2019.

Keenam artis di atas sangat mendalami peran yang diberikan sehingga ada yang mendapat penghargaan. Di antara artis di atas, siapakah yang menjadi favorit, Takaiters?

Selamat menyambut hari Pahlawan Indonesia, Takaiters!