Hai, Takaiters!

Banyak cara untuk menunjukkan jiwa nasionalisme atau cinta tanah air. Bagi pekerja seni salah satu caranya dengan memainkan karakter tokoh yang diperankan. Menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia beberapa aktor pria pernah memerankan tokoh bangsa sebagai bukti rasa cinta terhadap tanah air. Ingin tahu siapakah mereka? Berikut kelima aktor pria tersebut:

1. Mathias Muchus dalam Film “Jenderal Sudirman”

Republika

Dalam film “Jenderal Sudirman” Mathias Muchus tidak berperan sebagai Jenderal Sudirman melainkan sebagai Tan Malaka. Tokoh Tan Malaka sangat penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Gagasan Indonesia merdeka adalah buah pikiran dari Tan Malaka. Film ini disutradarai oleh Viva Westi dan dirilis pada tahun 2015

2. Adipati Dolken dalam Film “Jenderal Sudirman”

TribunNewsWiki

Memerankan tokoh pahlawan nasional pada film “Jenderal Sudirman” tidak mudah. Demikian yang dialami oleh Adipati Dolken. Untuk mengatasi hal tersebut Adipati banyak berkonsultasi pada keluarga Jenderal Sudirman. Berkat penjiwaan aktingnya, jiwa patriotisme Adipati Dolken sangat tampak terlihat.

3. Tokoh Ahmad Dahlan Diperankan Lukman Sardi dalam Film “Sang Pencerah”

Liputan6.com

Ahmad Dahlan adalah tokoh pendiri organisasi Islam Muhammadiyah dan pembaharu Islam di Indonesia. Tokoh kharismatik ini diperankan oleh Lukman Sardi dalam film “Sang Pencerah.”
Film besutan sutradara Hanum Bramantyo ini dirilis tahun 2010.

4. Ario Bayu Sebagai Soekarno dalam Film “Soekarno: Indonesia Merdeka!”

Grid.ID

Film garapan Hanung Bramantyo ini mempercayai tokoh Soekarno pada Ario Bayu. Berkat aktingnya di film “Soekarno: Indonesia Merdeka!” sebagai seorang presiden, Ario masuk dalam deretan nominasi di berbagai ajang penghargaan film. Film “Soekarno: Indonesia Merdeka!” dirilis pada tahun 2013

5. Reza Rahardian Sebagai Rudy Habibie dalam Film “Habibie dan Ainun”

InsertLive.comJB Habibie adalah tokoh yang sangat dikagum oleh Reza Rahardian. Tak ayal lagi Reza sangat senang saat ditawarkan memerankan tokoh ini oleh Hanung Bramantyo sebagai sutradara. Dalam memerankan tokoh Rudy Habibie atau bapak Habibie, Reza merasa tertantang karena semua gesture, suara, dan gimmick kecil sampai penokohan harus didalaminya dengan baik dan sempurna. Namun semua itu dapat dilakukan oleh Reza terbukti dari penonton yang banyak sehingga film ini sukses dalam penayangannya.

Para aktor pria pemeran tokoh bangsa ini sangat menjiwai peran yang diberikan sehingga jiwa nasionalisme sangat jelas terlihat. Menurut Takaiters aktor manakah yang paling sukses dalam mendalami karakter yang diperankan?