Hallo, Takaiters!

Lebaran identik dengan makan ketupat dan lontong, menu berbahan daging ayam cocok untuk makan lontong saat lebaran. Selain banyak mengandung gizi, harganya terjangkau dan mudah didapat.

Daging ayam dapat diolah menjadi menu yang sangat istimewa. Cara pengolahannya pun cukup mudah. Berikut menu daging ayam untuk lontong saat lebaran, kita simak yuk, Takaiters!

  1. Opor Ayam

Menu Daging Ayam untuk lontong di hari lebaran
Foto: masakapahariini.com

Opor merupakan masakan yang banyak disajikan di hari lebaran. Rasa khas dari opor ayam berasal dari aneka bumbu rempah yang digunakan yaitu: bawang merah, bawang putih, cabai, merica, kemiri, daun jeruk, lengkuas, ketumbar, sereh, kunyit, jahe, kencur dan santan.

Kita memerlukan dua jenis santan, yaitu santan encer yang gunakan untuk merebus ayam dan santan kental sebagai topping yang dimasukkan di akhir memasak. Kencur merupakan pembeda antara opor dan olahan daging ayam yang lain. Selain itu kemiri yang digunakan harus cukup banyak sehingga warnanya lebih pucat kental dan rasanya khas.

Agar tidak gagal, baik dalam tekstur maupun rasa, hal yang harus diperhatikan adalah bumbu rempah harus ditumis terlebih dulu sampai matang. Agar matang sempurna gunakan api kecil saat menumis. Setelah keluar aroma harum, masukkan air sesuai dengan banyaknya ayam yang akan dimasak.

Setelah itu baru ayam dimasukkan. Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap. Agar bumbu meresap dengan sempurna, masak dalam waktu cukup lama dengan api kecil. Santan encer dimasukkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak pecah. Santan kental dimasukkan setelah ayam dirasa matang.

Opor harus terus diaduk sampai api dimatikan. Jika santan pecah maka akan mengurangi rasa dan tekstur opor sehingga kurang menggugah selera. Terakhir, taburkan bawang merah goreng sebelum opor disajikan.

  1. Gulai

resep Menu Daging Ayam untuk lontong
Foto: asianfoodnetwork.com

Meski sama-sama menggunakan santan dan bumbu rempah, terdapat perbedaan antara opor dan gulai. Dari kuahnya, gulai lebih kental karena menggunakan santan kental yang lebih banyak.

Dilihat dari rempah yang digunakan juga lebih banyak jenisnya, yaitu: merica, kemiri, ketumbar, adas, pala, jinten, bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk, sereh, cabai dan kunyit. Karena banyaknya santan kental dan rempah yang digunakan, rasa dan tekstur kuah gulai lebih kental.

Ada dua jenis gulai, yaitu gulai Padang dan gulai Jawa. Yang membedakan keduanya adalah, kuah gulai Padang lebih kental dengan rasa dan aroma rempah yang lebih kuat.

  1. Kare

Menu Daging Ayam untuk lontong dihari lebaran
Foto: food.detik.com

Dari ketiga jenis olahan ayam di atas kare mempunyai tekstur kuah yang paling encer karena hanya menggunakan sedikit santan dan rempah dalam jumlah sedikit. Ciri khas kare adalah rasanya sedikit lebih manis. Selain daging ayam, kare dilengkapi dengan potongan wortel, buncis dan toge.

Rempah yang digunakan adalah: sereh, cabe merah, cabe rawit, kemiri, bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jinten, kunyit, lengkuas, jahe dan asam jawa.

Kare lebih banyak disenangi karena santan yang digunakan tidak terlalu banyak. Di beberapa tempat, kare lebih banyak digunakan sebagai teman makan nasi putih, namun juga cocok untuk makan lontong.

  1. Sate

Foto: cookpad.com

Sate merupakan olahan ayam yang paling populer untuk teman makan lontong. Banyak pedagang yang menjajakan sate lontong. Makanan yang diolah dengan cara dibakar ini sangat terkenal, terutama sate Madura dan sate Padang. Bumbu yang digunakan untuk memasak sate terdiri dari bumbu untuk merendam daging dan bumbu kacang.

Bumbu untuk merendam terdiri dari bawang merah, bawang putih, garam, merica, lada yang dihaluskan. Untuk mendapatkan tekstur sate yang empuk pilih bagian ayam yang tebal dagingnya. Jangan memilih bagian yang banyak kulitnya karena akan menjadi minyak ketika dibakar.

Setelah ayam direndam sampai bumbu meresap, tusuk daging ayam dengan tusukan sate yang terbuat dari bambu. Bakar dalam arang yang membara. Jangan bakar menggunakan api karena bagian dalam tidak akan matang. Bolak balik sate dan oleskan bumbu rendaman serta baluri dengan kecap manis.

Sate lontong sangat cocok dimakan dengan bumbu kacang. Goreng kacang tanah sampai matang kemudian tumbuk dengan diberi bumbu berupa garam, bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabai.

Sebagai pelengkap saat menikmati sate dengan sambal bumbu, iris cabai rawit dan bawang merah mentah kemudian taburkan saat menikmati sate lontong.

Takaiters, menu daging ayang di atas selain mudah dibuatnya juga banyak yang suka. Kamu dapat menyiapkan menu daging ayam untuk teman makan lontong di hari lebaran ini.