Hai, Takaiters!

Kepulauan Mentawai? Pasti pernah dengar, ya, salah satu kepulauan terindah yang dimiliki Indonesia. Kepulauan Mentawai terletak di propinsi Sumatra Barat terdiri dari empat pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Di mana mayoritas penduduknya adalah suku asli Mentawai.

Jika Takaiters ingin berlibur dan berharap mendapatkan suasana tenang yang jauh dari kebisingan kota maka kepulauan Mentawai layak menjadi pilihan destinasi liburan. Keindahan alamnya yang masih perawan dan hamparan pantai dengan pasir putih sungguh lukisan surga yang tiada duanya. Menariknya, pulau ini sudah dikenal oleh wisatawan asing, ini terbukti dari beberapa wisatawan asing yang ditemui sedang menikmati aktifitas berselancar. Yuk, intip ulasannya, Guys!

1. Pulau Sipora

Foto: kostisolo.co.id

Lokasi pulau ini sangat strategis antara pulau Siberut dan Pulau Pagai dan menjadi ibukota Kabupaten Mentawai yaitu Kota Tua Pejat. Pulau Sipora lebih kecil dibanding dengan Pulau Mentawai lainnya, memiliki 10% – 15% hutan hujan dan alam, Bagi kamu yang senang fotografi, banyak hal yang bisa kamu abadikan mulai dari budaya penduduk setempat, panorama alam yang elok, pantai yang menawan sampai aktivitas surfing wisatawan.

Kamu yang tertarik mempelajari kebudayaan suku pedalaman. Mentawai cocok untuk kamu explore, keaslian budaya suku Mentawai masih terjaga sampai saat ini. Selain itu, bagi yang senang berburu kuliner unik, dapat mencoba Subbet yakni kudapan dari talas dengan pautan kelapa.

Foto: gpswisataindonesia.wordpress.com

Apakah kamu mempunyai hobi berselancar dengan ombak yang besar? Jika, ya, maka Kepulauan Mentawai mesti masuk list perjalanan kamu berikutnya. Para peselancar dunia sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Kepulauan Mentawai. Pulau Mentawai terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan besar bahkan termasuk dalam lokasi berselancar terbaik kedua dunia setelah Hawaii. Pemburu ombak akan datang pada bulan April-Oktober karena waktu ini yang tepat untuk berselancar di sini. Ketinggian ombaknya bisa mencapai 7 meter namun tidak setiap waktu.

2. Pulau Siberut

Foto: pelangiholiday.com

Terletak 155 kilometer dari pantai Sumatra Barat, merupakan Pulau terluas dari empat kepulauan Mentawai lainnya. Di sini kita bisa bertemu penduduk asli Mentawai yang dekat dengan alam yang masih hidup dalam isolasi komparatif. Menjaga tata cara hidup mereka secara turun-temurun. Hutan terjaga alami dihuni sejumlah spesies hewan langka, yang tak akan ditemukan ditempat lain.

Pulau ini memiliki pantai berpasir putih dan karang-karang beserta biota laut yang sangat beragam, bagi kamu yang hobi diving atau snorkeling di sini ada banyak spot menarik untuk diexplore, ada baiknya mengumpulkan informasi dari warga sekitar sebelum kamu explore agar lebih optimal

Foto: picswe.com

Baru-baru ini Pulau Siberut mendapat perhatian Dunia Internasional sebagai kawasan konservasi Prioritas, untuk budaya unik etnis Mentawai dan keanekaragaman endemik hayati yang harus dilestarikan. Walaupun Siberut hanyalah Pulau kecil, variasi bahasa, gaya hidup, dan sumber dayanya subtansial.

Tidak ada informasi yang jelas kapan manusia pertama sampai di Siberut, namun antropolog menunjukan bahwa orang Batak dari Sumatra Utara pertama menetap di pulau ini beberapa abad yang terdahulu. Dalam banyak hal, orang Siberut termasuk orang-orang paling lama di Indonesia, ini bisa dilihat dari budaya mereka, salah satu contoh seni merajah tubuh yang termasuk budaya tertua dunia.

Nah, itu sekelumit surga yang terpendam di Pulau Sumatra yang dimiliki Indonesia, Guys! Semoga dengan mengenalnya kita makin bangga terlahir dan menjadi orang Indonesia.