Hai, Takaiters!

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, tentunya sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini, bukan? Yup, Kampung Vietnam. Kampung Vietnam adalah salah satu tempat wisata di Batam yang masih ramai dikunjungi para wisatawan. Tempat wisata bersejarah ini memiliki daya tarik tersendiri di hati para pengunjungnya. Seperti apa sih, daya tarik Kampung Vietnam ini? Penasaran? Yuk, sama-sama jalan-jalan ke sana dengan Takaitu?

Sejarah Kampung Vietnam

Ketika terjadi perang saudara di Vietnam pada tahun 1975, sebagian besar warga Vietnam mengungsi ke negara-negara lain. Salah satunya yang dijadikan tempat pengungsian adalah negara Indonesia tepatnya di Kepulauan Riau. Mereka berlayar menempuh perjalanan laut yang sangat jauh hingga sampai di Natuna, Pulau Jemaja Anambas, Tanjung Pinang hingga Pulau Galang. Di Pulau Galang inilah, sebuah kamp berdiri di lahan yang luasnya kurang lebih 80 ha. Kamp tersebut menjadi perkampungan dari warga Vietnam yang mengungsi.

Setelah perang saudara di Vietnam berakhir, maka pemerintah memulangkan para pengungsi ke negaranya sedikit demi sedikit. Mereka pulang ke Vietnam dengan meninggalkan banyak sejarah yang akhirnya menjadi sebuah tempat wisata yaitu Kampung Vietnam.

Lokasi Kampung Vietnam

Kampung Vietnam terletak di Pulau Galang yaitu sebuah pulau kecil di Batam. Jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat ini kurang lebih 50-60 km dari pusat kota atau 1,5 jam via jembatan Barelang. Perjalanan ke Kampung Vietnam juga bisa ditempuh melalui jalur darat dan laut.

Keunikan Kampung Vietnam

Meski terletak cukup jauh dari pusat kota namun KampungVietnam ini selalu menjadi incaran para wisatawan untuk dikunjungi. Daya tarik yang dimiliki sangat berbeda dengan obyek-obyek wisata lainnya yang ada di Batam. Di sini pengunjung dapat melihat kembali sejarah masa lalu. Sejarah kelam warga Vietnam yang terpaksa harus mengungsi.

Berbagai ornamen-ornamen kuno banyak ditemui di Kampung Vietnam ini mulai dari bangunan rumah kayu, perahu kayu yang digunakan orang-orang Vietnam pada saat berlayar, museum, tempat ibadah, penjara dan masih banyak lagi. Semuanya tetap dilestarikan oleh pemerintah hingga kini.

Monumen Perahu

Monumen berbentuk perahu ini di bangun oleh para pengungsi Vietnam untuk mengabadikan perjuangan mereka berlayar dari Vietnam ke Indonesia untuk menyelamatkan diri dari perang saudara yang terjadi.

Patung Humanity

Pada saat akan memasuki Kampung Vietnam ini, maka di depan pengunjung akan di sambut oleh sebuah patung yang dinamakan “Patung Humanity”. Patung ini merupakan lambang kemanuasian yaitu mengenang tragedi pemerkosaan terhadap gadis Vietnam oleh sesama pengungsi.

Makam

Tidak jauh dari Patung Humanity terdapat makam para pengungsi Vietnam. Kurang lebih 500 orang di makamkan di makam ini. Mereka meninggal karena terkena penyakit kelamin (Vietnam Rose). Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya.

Kesan Mistis Kampung Vietnam

Salah satu daya tarik dari Kampung Vietnam adalah kesan mistisnya. Mulai dari memasuki kawasan wisata, sedikit terasa suasana yang mencekam. Hal ini mungkin dikarenakan karena tempatnya yang sunyi ditambah lagi dengan peninggalan-peninggalan  para pengungsi yang sudah sangat kuno. Selain itu ada juga pengalaman mistis yang dialami oleh pengunjung pada saat berkunjung kelokasi ini. Dari mulut ke mulut, cerita mistis yang tersebar  tentang Kampung Vietnam ini akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin membuktikan kebenarannya.

Nah, Takaiters, Penasaran kan, dengan Kampung Vietnam? Pastinya kamu juga penasaran akan kebenaran cerita mistisnya. Dari pada terus-terusan penasaran, mendingan kamu berkunjung ke Kampung Vietnam. Tempatnya sejuk dan indah, loh, Guys? Seru juga buat mengasah keberanian kamu?