Hai, Takaiters!

Menyeduh secangkir kopi sembari menikmati gemericik air dan kicauan burung disertai hembusan angin yang mengantarkan hawa sejuk membuat kamu terlena oleh keindahan alam yang ada disekeliling kamu.

Yupz, inilah curug Pletuk, curug yang memiliki keindahan alam dengan paduan tamannya yang asri dan menjadi kebanggaan Banjarnegara, kota dengan sejuta pesona.

Mau ikut Takaitu jalan-jalan kesana? Yuk, cus aja.

Lokasi Curug Pletuk

curug pletuk pesangkalan banjarnegara jawa tengah
Foto: reresepan.com

Untuk menuju ke lokasi curug Pletuk kamu membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Banjarnegara. Dari Alun-alun menuju kearah barat, sampai di perempatan pasar wage ambilah jalur selatan.

Terus berjalan hingga tiba dipertigaan watubelah belok kiri. Dari sini ikuti jalan dan petunjuk arah karena akan banyak persimpangan yang dijumpai. Yang mungkin akan membingungkan.

Agar tidak tersesat, sebaiknya gunakan google map atau sering-sering bertanya pada penduduk yang dijumpai di sepanjang perjalanan. Saat membawa kendaraan kamu harus berhati-hati karena banyak tikungan dan tanjakan yang sangat tajam.

Konsep Curug Pletuk

wisata curug pletuk
Foto: facebook.com/wisatacurugpletuk

Awalnya curug Pletuk hanyalah sebuah curug ditengah-tengah hutan. Namun seiiring waktu curug ini mulai di kelola oleh warga dan dibangun dengan konsep yang benar-benar rapi.

Konsep yang diambil adalah perpaduan keindahan alam curug itu sendiri dengan taman-taman buatan yang asri. Dimana ada kolam renang, bungalow-bungalow kecil yang unik dan cafe.

Taman Curug Pletuk

wisata alam curug pletuk
Foto: ekapgsdump.com

Memasuki pintu gerbang curug kamu akan melihat taman kecil di depan dengan plang yang bertuliskan Curug Pletuk. Disisi kanannya ada bangunan kecil yang bentuknya apik sebagai tempat penjualan karcis masuk.

Lalu disisi kirinya ada kolam renang kecil yang bisa digunakan untuk berenang anak-anak. Di atas kolam ada kafe sederhana yang dihadirkan untuk tempat kongkow-kongkow dan bercengkerama. Masuk ke dalam kamu akan disuguhi taman air mancur berbentuk hati yang tertata indah dengan bungalow-bungalow kecil yang berderet rapi.

Biasanya bungalow ini digunakan untuk melepas lelah dan menikmati hembusan angin yang menerpa manja. Bunga-bunga yang berwarna-warni menambah suasana makin indah dan semarak.

Keindahan Curug Pletuk

curug pletuk pagedongan banjarnegara
Foto: tripadvisor.co.id

Di depan taman tampak gagah curug pletuk dengan airnya yang mengalir deras dari atas bukit. Gemuruh airnyapun terdengar memecah keheningan hutan. Kira-kira tinggi air terjun ini mencapai 120 m.

Dibawah air terjun pengunjung bisa menikmati deburan kencang airnya bak gerimis deras yang menerpa. Pengunjung juga bisa berendam sambil bersenda gurau dan bermain air di bawah air terjun. Disini aman karena tidak terdapat kedung, airnya pun sangat jernih.

Spot Foto Indah Dan Fasilitas

Foto: banyumas.tribunnews.com

Dari awal masuk saja mata kamu sudah dimanjakan dengan hamparan pemandangan indah, apalagi kalau kamu sudah berada di dalamnya, tak henti-henti kamu akan mengabadikan keindahan ini melalui jepretan-jepretan kamera.

Kamu bisa mencari angel terbaik dari segala penjuru. Bagi yang suka alam, kamu tinggal memilih air terjun sebagai backgroundnya, sedangkan yang suka taman, kamu pun bisa mencari angel yang menurut kamu unik dan indah.

Meskipun berada jauh dari tempat tinggal warga, namun fasilitas curug ini tergolong lengkap. Selain cafe yang menyediakan minuman dan makanan, disini juga terdapat mushola, toilet dan tempat parkir yang lumayan luas.

Bahkan bagi pengunjung yang akan bermalam atau camping bisa banget karena disediakan lokasi untuk mendirikan tenda. Tiket masuk ke lokasi ini sangat terjangkau. Kamu hanya cukup membayar RP.5000,00 saja per orang dan bisa menikmati keindahan yang luar biasa ini.

Takaiters, menarik bukan Keindahan Curug Pletuk ini? Engga harus mengeluarkan biaya mahal tapi kamu bisa puas menikmati keindahannya. So, kapan nih, kamu mau berkunjung kesini? Ditunggu, ya?