Hai, Takaiters!

Gunung Ijen yang terletak di kota Banyuwangi nampaknya telah terdengar hampir ke seluruh nusantara, ya, Takaiters. Gunung yang memiliki tinggi 2.443 mdpl ini menyimpan pesona alam yang indah yang bikin orang-orang datang dari jauh untuk melihatnya.

Nah, buat kamu yang masih penasaran dengan apa saja keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Ijen, yuk simak ulasan berikut ini!

Menyaksikan Keunikan Api Biru di Kawah Ijen yang Cuma Ada Dua di Dunia, loh!

pesona kawah ijen dan api biru
Foto: Boston.com

Pernahkah kamu mendengar tentang fenomena api biru alias blue fire? Konon katanya, blue fire ini cuma ada 2 di dunia yakni di Banyuwangi dan Islandia, sehingga tak heran kalo pelancong dari luar negeri berbondong-bondong untuk melihat fenomena langka ini. Nah, sebagai orang Indonesia, sayang dong kalo kamu gak melihat keunikan api biru ini dari dekat?

Untuk kamu ketahui, waktu yang paling tepat untuk menyaksikan api biru ini adalah saat dini hari. Setidaknya dibutuhkan 2-3 jam untuk sampai ke Kawah Ijen dari pos pintu masuk. Nah, jika kamu start pendakian dari jam 1 pagi, maka setidaknya kamu sampai puncak sekitar jam 4 pagi. Selain memandang keunikan api biru, kamu juga akan menyaksikan indahnya panorama Kawah Ijen saat matahari terbit.

Saat Mentari Mulai Muncul, Sempatkan Waktu untuk Memelototi Kawah Ijen nan Terlihat Indah dari Ketinggian

pesona kawah ijen dan api biru
Foto: Takaitu.com/Endo Putra

Jika pada malam hari Kawah Ijen akan terlihat cantik dengan api birunya, maka di pagi hari Kawah Ijen akan terlihat cantik dengan pemandangan spektakuler kombinasi antara danau Kawah Ijen yang berwarna tosca.

Foto-foto dengan latar belakang kawah ijen dan asap belerangnya sangat instagramable dan menjadi menu wajib yang harus kamu lakukan jika berkunjung ke tempat spektakuler ini.

Bercengkerama dengan Para Penambang Belerang Tradisional Bisa Memberimu Pengalaman Perjalanan yang Berbeda

pesona kawah ijen dan api biru
Foto: kidnesia.com

Tahukah kamu, bahwa di Gunung Ijen kamu bisa menyaksikan para penambang belerang yang gigih berjuang demi kebutuhan mereka, loh. Kalau kamu memperhatikan apa yang mereka lakukan, sudah pasti kamu akan merasa kagum. Bayangkan saja, tanpa adanya alat bantu mereka setiap hari membawa hasil tambang dengan berat rata-rata sekitar 70-100 kilogram. Sesekali kamu jangan lupa untuk menyapa mereka, ya, Takaiters.

Gimana Takaiters? Jadi mupeng ke Kawah Ijen kan? Yuk wisata ke Banyuwangi dan nikmati keindahan surga di ujung timur Pulau Jawa ini!