Hai, Takaiters!

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keberagamannya. Tidak hanya dalam hal tradisi, tetapi juga hampir segala sesuatu yang ada di Masyarakat mulai dari Pola Sosial, Karakter Individu hingga Budaya lingkungan.

Pada akhirnya keragaman yang ada di Masyarakat ini membentuk sebuah karakter unik pada tiap- tiap wilayah. Salah satu imbas dari keberagaman ini contohnya dengan dibangunnya rumah- rumah ibadah yang unik dan mempunyai karakter berbeda.

Selain sebagai bangunan yang di fungsikan guna kegiatan keagamaan, rupanya bangunan- bangunan ini juga menarik minat banyak masyarakat untuk berkunjung dan menikmati nuansa keindahannya.

Bahkan bagi para wisatawan adanya bangunan tempat ibadah yang unik ini bisa menjadikan salah satu alternatif untuk berswafoto dan kegiatan cuci mata. Namun dengan tidak melanggar aturan yang bisa mengganggu berjalannya kegiatan ibadah tentunya.

Nah berikut ini adalah beberapa bangunan tempat ibadah yang dinilai unik dan mempunyai estetika keindahannya sendiri. Takaiters wajib berkunjung kesini nih!

Masjid Raya Sumatra Barat

bangunan tempat ibadah yang indah
Foto : innagroup.co.id

Masjid yang satu ini merupakan salah satu tempat ibadah terbesar yang ada di Provinsi Sumatra Barat. Lokasinya berada di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Yang unik dari tempat ibadah warga Muslim Sumatra ini adalah karena desain bangunannya yang kental dengan Karakter adat istiadat Masyarakat Minangkabau yaitu rumah Gadang.

Atapnya sendiri berbentuk persegi yang memiliki ujung lancip pada setiap penjurunya dan di gedung bangunan ini terdiri dari 3 lantai. Selain itu inspirasi desain masjid ini juga dipengaruhi dengan sejarah Islam yaitu mengacu pada kejadian pemindahan Batu Hajar Aswad ketempat semula pasca renovasi Ka’bah yang dilakukan di masa Nabi Muhammad.

Pembangunan Masjid ini memang sudah diprakarsai sejak tahun 2005. Namun baru terealisasi pada 2 tahun selanjutnya atau tepatnya di bulan Desember 2007.

Tidak sia- sia karena pada akhirnya bangunan Masjid ini menjadi salah satu yang paling megah dan ikonik di Provinsi Sumatra Barat. Bahkan kabarnya Masjid ini dapat menampung hingga total 6000 Jamaah dan menghabiskan biaya operasional tahunan sebanyak 4 Miliar lebih.

Gereja Maria Annai Velangkanni

gambar bangunan tempat ibadah
Foto : jejakpiknik.com

Masih berada di Provinsi Sumatra, tetapi kita berpindah ke sisi yang lain tepatnya di Kota Medan, sumatra Utara. Disana terdapat sebuah bangunan tempat ibadah umat katolik bernama Graha Maria Annai Velangkanni. Desain bangunan ini bisa dibilang sangat megah dan unik, gaya arsitekturnya sendiri sangat dipengaruhi dengan budaya India- Mughal.

Awalnya bangunan Gereja di ini didirikan tidak hanya sebagai tempat ibadah namun juga menjadi bentuk persembahan bagi Bunda Velangkanni atau Santa Maria Bunda Penyembuh yang Baik.

Selain dilihat dari gaya desain bangunanya yang sangat megah, di dalamnya juga terdapat 2 ruangan utama. Ruang dasar sebagai tempat pertemuan, kemudian ada ruang lantai 1 sebagai tempat ibadah umat Katolik dan juga ada menara yang terdiri dari 7 sekat sebagai lambang yang merepresentasikan tentang tingkatan di dalam surga. Bahkan kubah yang terdapat di menara bangunan ini juga bisa mencirikan arti dari Tritunggal.

Pura Ulun Danu Bratan

bangunan tempat ibadah agama hindu yang berupa candi ada di
Foto : omnivagant.com

Pulau Bali adalah satu wilayah yang menjadi primadona  bagi para wisatawan. Tidak hanya para pelancong lokal tetapi juga dari mancanegara. Selain itu, Bali menjadi salah satu pulau dengan kekentalan Budaya, Tradisi dan Kegiatan Spiritualnya. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya bangunan ibadah bagi masyarakat penganut agama Hindu.

Salah satu tempat yang paling terkenal dan identik dengan kegiatan keagamaannya adalah Pura Ulun Danu Bratan. Tempat ini merupakan sebuah candi yang terletak di tepi barat laut Danau Bratan dan biasa digunakan sebagai tempat sembahyang serta persembahan Dewi Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai.

Pura Ulun Danu Bratan ini rupanya juga sudah berdiri cukup lama yaitu sejak tahun 1634. Walau begitu keindahan tempat ini masih sangat luar biasa. Apalagi lokasinya yang berada dekat dengan di tepi Danau.

Klenteng Kwan Sing Bio

bangunan tempat ibadah yang lebih kecil dan sederhana disebut
Foto : jatim.genpi.co

Kwan Sing Bio menjadi salah satu Klenteng terluas yang ada di wilayah asia tenggara. Tidak hanya itu, Desain arsitektural dari klenteng ini juga di nilai menjadi salah satu yang terbaik diantara yang lain.

Bangunan tempat ibadah umat Buddha ini menjadi salah satu yang termegah dengan adanya patung Dewa Kwan Kong setinggi 30 Meter. Selain mempunyai bangunan yang unik dan menarik, Klenteng Kwan Sing Bio ini juga mempunyai cerita sejarah yang kental. Apalagi Klenteng ini dibangun sudah sejak tahun 1773 silam.

Lokasi dari bangunan ini juga cukup strategis yaitu berada di Wilayah Kabupaten Tuban tepat di pinggir jalan raya pantura dan menghadap langsung ke arah laut. Wajar jika Klenteng terbesar di Asia Tenggara ini banyak sekali di kunjungi tidak hanya bagi mereka yang ingin beribadah, tetapi juga berwisata menikmati keindahan bangunan yang satu ini.

Itulah tadi beberapa bangunan tempat ibadah yang dinilai mempunyai sisi keindahan luar biasa. Keberagaman dan perbedaan budaya serta tradisi di Indonesia rupanya bisa menjadi salah satu hal yang menarik. Apalagi perbedaan karakter budaya ini tidak hanya di nikmati oleh golongan masyarakat tertentu, tetapi juga hampir semua orang.

Jika Takaiters berminat melancong ke berbagai pelosok Indonesia, mengunjungi dan menikmati keindahan bangunan- bangunan unik dan kental akan budaya ini bisa jadi salah satu alternatif.