Hi, Takaiters!

Panorama indah dengan semburat keemasan matahari terbit, bisa kamu temukan di Bukit Pentulu Indah. Ditambah pemandangan morfologi unik dari perbukitan dan kabut tebal yang menyelimutinya membuat Bukit Pentulu Indah yang berada di utara Kota Kebumen menjadi destinasi wisata andalan Kebumen.

Guys, tahukah kamu dibalik keindahannya ternyata Bukit Pentulu Indah menyimpan sejarah panjang didalamnya. Menjadikan Bukit Pentulu Indah sebagai kawasan yang unik. Bahkan dikategorikan sebagai salah satu situs geologi (geosite), Geopark Karangsambung-Karangbolong. 

Yuk, kita telusuri sejarah Bukit Pentulu Indah, Takaiters!

• Jejak Lantai Samudra

Sejarah Bukit Pentulu Indah
Foto: visitkarangsambung.com (Morfologi Unik Bukit Pentulu Indah)

Orang bilang, kalau berkunjung ke Bukit Pentulu Indah tanpa membawa kamera ngga lengkap rasanya! Apalagi melewatkan pemandangan matahari terbit yang ikonik disana. Tapi, pernah ngga sih kamu berpikir kalau objek yang kamu foto memiliki nilai historis tinggi?

Jutaan tahun yang lalu, pemandangan perbukitan di Bukit Pentulu Indah ternyata lantai samudera guys! Lho kok bisa ?

Menurut informasi yang didapatkan dari pengelola, panorama/morfologi di Bukit Pentulu Indah merupakan hasil tumbukan antara lempeng samudera Hindia-Australia dengan lempeng benua Eurasia yang pernah terjadi di kawasan Karangsambung.

Bahkan teman-teman peneliti dari LIPI juga turut menambahkan, proses tumbukan terjadi pada jaman Kapur (± 117 jtl) – jaman Paleosen (±55 jtl). Sehingga menghasilkan morfologi perbukitan lipatan berbentuk teratur yang menjadi pemandangan unik di Bukit Pentulu Indah.

• Mitos Bukit Pentulu Indah

sejarah pentulu indah
Foto: suaramerdeka.com (Pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing)

Berdiri di bukit Paras dengan ketinggian 250 mdpl membuat kawasan Bukit Pentulu Indah termasuk destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Kata “pentulu” sendiri sudah banyak dikenal masyarakat, artinya adalah “bukit.”

Berdasarkan cerita dari pengelola, jaman dulu ada tokoh sakti yang ingin memindahkan “pentulu” atau “bukit,” tetapi pantangannya adalah tidak boleh ada yang melihatnya.

Namun, sayangnya ada wanita yang melihat tokoh sakti tersebut menggeser “pentulu” dan akhirnya gagal memindahkan pentulu. Si wanita di sumpahi oleh tokoh sakti menjadi janda. Akhirnya sampai sekarang muncul mitos dikalangan masyarakat setempat, “banyak randa/janda di daerah Karangsambung.”

• Salah Satu Geosite di Karangsambung

bukit pentulu indah
Foto: jejakpiknik.com (Hutan Pinus di Bukit Pentulu Indah)

Perlu kalian ketahui, alasan mengapa Bukit Pentulu Indah termasuk kawasan Geopark Karangsambung-Karangbolong. Selain pembentukan Bukit Pentulu Indah yang  ternyata berasal dari tumbukan lempeng tektonik jutaan tahun yang lalu, ternyata masih ada kaitannya dengan mitos randa/janda lho?

Guys, Bukit Pentulu Indah berdiri di atas Bukit Paras, perlu kalian ketahui pula, Bukit Paras sebenarnya adalah campuran batu pasir berlapis dan batu breksi andesit, Formasi Waturanda!

Bongkah-bongkah batu breksi andesit hasil sisa erosi menyisakan bentuk-bentuk unik yang menarik untuk menjadi spot foto.

• Dibangun oleh pemuda setempat

Foto: cantigigunung (Gardu Pandang di Bukit Pentulu Indah)

Guys, lokasi Bukit Pentulu Indah yang berdekatan dengan Sungai Luk Ulo di Desa Karangsambung menjadikan bukit yang hanya setinggi 250 mdpl sering dieksploitasi oleh para penambang pasir dan batu.

Ditambah Bukit Pentulu Indah hanya dimanfaatkan oleh Perhutani sebagai penghasil getah pinus, masyarakat kurang sejahtera waktu itu.

Berawal dari sebuah permasalahan tersebut, kelompok pemuda di Dukuh Dakah, Desa Karangsambung tergugah untuk membuat objek wisata alam Bukit Pentulu Indah.

Objek wisata alam yang diresmikan tahun 2015 lalu, dan dikelola oleh sejumlah pemuda dengan menggandeng 76 Heppy Community melalui  nama Program Karangtaruna Membangun Desa, membuat nama Bukit Pentulu Indah makin melejit dikalangan wisatawan.

Menurut penuturan Hari, salah satu pengelola yang bertugas di bagian loket mengatakan “Saya bersyukur turut serta dalam membuka kawasan hutan pinus di Pentulu Indah menjadi objek wisata, setidaknya dapatlah sedikit-sedikit rezeki buat menghidupi keluarga.”

“Tiap tahun yang berkunjung banyak, harapannya Pentulu Indah makin dikenal dan kami dapat meningkatkan fasilitas yang ada,” ujarnya menambahkan.

Bagaimana guys? Cukup berkesan bukan cerita mengenai sejarah Bukit Pentulu Indah? Dengan mengetahui sisi historis destinasi yang akan kita kunjungi membuat kita semakin merasakan sensasinya. Setidaknya membawa cerita yang menarik ketika pulang berkunjung nantinya. Don’t forget to be happy, Guys!