Hai, Takaiters!

Bukan hanya Jawa Barat saja yang memiliki obyek wisata kawah putih yang sangat indah. Banjarnegara juga memiliki obyek wisata yang sama yang tak kalah indahnya dengan Kawah Putih Ciwidey, bahkan ada tiga obek wisata kawah putih di Kabupaten ini yaitu Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka dan Kawah Sileri.

Ketiga Kawah tersebut berada di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Masing-masih kawah memiliki pesona dan keindahan yang berbeda. Di antara ketiganya, Kawah Sikidang merupakan kawah yang paling fenomenal dan banyak pengunjungnya. Penasaran pingin tahu lebih lanjut tentang kawah Sikidang? Yuk, jalan-jalan ke Dieng!

Kawah Sikidang

Foto: lazone.id

Kawah Sikidang merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Dataran Tinggi Dieng yang banyak pengunjungnya. Letaknya yang berada di tanah yang datar memudahkan para wisatawan menikmati keindahan kawah dan pemandangan di sekelilingnya.

Letupan-letupan dari lumpur panas dan gas atau asap berwarna putih yang menyelimuti sekeliling kolam kawah adalah fenoma alam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Terbentuknya Kawah Sikidang

Foto: joglowisata.com

Awalnya Dataran Tinggi Dieng adalah merupakan gunung api raksasa dengan mengalami serangkaian aktivitas vulkaniknya hingga meninggalkan bekas berupa lubang-lubang besar berupa kawah-kawah. Salah satunya adalah Kawah Sikidang yang merupakan hasil dari letusan gunung berapi tersebut.

Kawah Sikidang termasuk kawah yang masih sangat aktif karena masih terlihat jelas aktivitas gunung berapi berupa letupan-letupan dari lumpur vulkanik dengan disertai gas beracun yang mengepul di udara membentuk asap putih.

Gas yang dikeluarkan ini memiliki bau yang sangat menyengat karena memiliki kandungan sulfur dan belerang yang sangat tinggi. Untuk itu pengunjung disarankan memakai masker atau penutu hidung saat memasuki kawasan wisata ini.

Kawah Fenomenal

Foto: 3.bp.blogspot.com

Kawah Sikidang menjadi kawah yang fenomenal karena pada waktu-waktu tertentu kawah ini akan berpindah-pindah tempat seolah melompat dari satu tempat ke tempat lain yang masih berada dalamsatu kawasan.

Diperkirakan perpindahan tempat ini terjadi satu kali dalam kurun waktu empat tahun karena diyakini bisa berpindah-pindah seperti melompat-lompat, kawah ini dinamakan dengan Kawah Sikidang. Sikidang yaitu berasal dari kata kidang atau dalam bahasa Indonesia kijang atau menjangan yang suka melompat-lompat.

Telur Rebus Khas Kawah Sikidang

Foto: travel.tribunnews.com

Saat mengunjungi tempat wisata, oleh-oleh atau makanan khas selalu di buru para wisatawan, begitu juga dengan kawasan wisata Kawah Sikidang ini. Selain oleh-oleh khas Dieng yaitu Carica, Purwaceng, dan juga kentang, telur rebus yang direbus di kawah kecil yang mendidih adalah ciri khas dari kawasan wisata ini.

Para pengunjung biasanya mencoba untuk menikmati telur rebus yang direbus di dalam kawah ini. Harganya cukup murah jadi jangan khawatir akan menguras kantong, ya, Guys.

Pesona Lain dari Kawah Sikidang

Foto: sikatdiengtour.com

Selain menikmati kawah yang masih aktif vulkaniknya, pengungjung juga bisa berselfi ria di spot-spot selfi yang tersedia. Dengan background alamnya yang indah, gundukan batu-batu granit putih, kolam kawah yang menganga dengan asap putihnya juga merupakan magnet untuk mengabadikannya dalam bentuk foto yang indah.

Pengunjung juga bisa menyewa kuda atau jeep yang telah disediakan untuk mengeliingi kawasan wisata ini. Harga sewa juga sangat terjangkau.

Lokasi dan Harga Tiket

Foto: youtube.com

Lokasi wisata kawah Sikidang ini cukup mudah dijangkau karena masih berada dalam kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng tepatnya di desa Dieng Kulon kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Harga tiket masuknya juga murah Cuma Rp15.000,00 dan ini merupakan tiket terusan dari Candi Arjuna Dieng. Harga tiket ini terhitung murah karena dengan harga segitu kamu bisa mengunjungi dua lokasi sekaligus dan puas menikmati keindahan alamnya.

Takaiters, tertarik mengunjungi kawah Sikidang? Yuk, buruan agendakan liburanmu ke sana. Rugi, lo, Guys, kalau melewatkan begitu saja lokasi wisata yang indah ini dengan harga yang cukup terjangkau.