Hai, Takaiters!

Wonosobo ternyata punya tempat wisata yang sangat eksotis, yaitu Lubang Sewu. Lubang Sewu adalah wisata alam yang sangat menawan, yaitu perpaduan antara waduk dan tebing-tebing batu yang sangat unik. Udaranya memang sangat panas, tetapi angin yang berhembus sangat semilir sehingga bisa meneduhkan terik yang terasa. Penasaran ingin lihat indahnya Lubang Sewu? Yuk, ikuti Takaitu jalan-jalan ke sana!

Lokasi Lubang Sewu

Foto: mytrip123.com

Terletak di Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah, obyek wisata ini terhampar dengan indahnya. Tempat wisata ini memang belum terlalu familiar karena baru dibuka pada tahun 2015. Letaknya dekat dengan waduk Wadaslintang, yaitu sarana vital bagi perairan dan penopang ekonomi di wilayah tersebut.

Untuk menuju lokasi tidaklah sulit karena terletak tidak jauh dari jalan raya. Akses jalannya juga sudah bagus jadi tidak perlu khawatir membawa kendaraan sendiri. Jika dari Kabupaten Wonosobo kamu bisa mengikuti jalur selatan arah Wadaslintang. Sampai di desa Erorejo di pinggir jalan terlihat gapura bertuliskan obyek wisata Lubang Sewu. Dari gapura menuju lokasi tidaklah terlalu jauh kurang lebih 10 menit waktu yang ditempuh.

Fasilitas

Foto: wonosoboexpres.wordpress.com

Karena masih belum dikelola secara maksimal maka fasilitas di area wisata ini juga masih sederhana. Area parkir yang seadanya, tetapi cukup luas. Warung-warung makanan yang berjejer di area parkir juga sangat sederhana berupa gubuk-gubuk dari bambu dan papan. Toilet dan musala juga tersedia meskipun masih sangat sederhana.

Di tepian waduk banyak dijumpai kapal-kapal kecil yang biasa digunakan untuk mencari ikan. Namun, bagi pengunjung yang ingin mengelilingi waduk juga bisa menyewa kapal tersebut dengan tarif yang tidak terlalu mahal.

Keunikan Lubang Sewu

Foto: ksmtour.com

Yang menjadi ciri khas dari Lubang sewu adalah batu-batuannya yang unik. Begitu memasuki area wisata, tampak terlihat hamparan batu-batu kapur berwarna putih kekuningan yang  menjulang di atas bukit di tepi waduk wadaslintang.

Uniknya batu-batuan di Lubang sewu adalah banyaknya lubang-lubang yang terdapat pada setiap batu. Saking banyaknya lubang-lubang tersebut maka dinamakan Lubang Sewu. Namun, batu-batuan indah ini hanya terlihat saat air waduk surut. Untuk itu bagi para traveller yang akan mengunjungi Lubang Sewu sebaiknya memilih waktu saat musim kemarau tiba karena saat musim hujan, batu-batuan tersebut akan tenggelam oleh air waduk.

Surganya Para Selfi Lovers

Foto: travellingyuk.com

Batu-batuannnya yang sangat eksotis dan unik adalah diorama alam yang sangat menawan untuk dijadikan background para selfi lovers membidikkan kameranya. Apalagi di tambah keindahan waduk yang airnya biru dan sangat tenang.

Berfoto di sela-sela batu yang unik bentuknya akan menghasilkan gambar yang sangat indah. Bahkan saat posisi berada di tepi waduk dan pengambilan fotonya dari belakang bebatuan. Hasil fotonya akan sangat indah, yaitu peraduan antara warna biru air waduk dan warna putih batu-batu kapur yang sangat megah. Inilah yang menjadikan Lubang Sewu surganya para selfi lovers dan banyak banget pngunjung yang melakukan sesi pemotretan di sini, baik yang formal seperti pre wedding, art photography ataupun untuk koleksi foto-foto di galeri.

Menikmati Sunset Di Lubang Sewu

Foto: guideku.com

Pada sore hari, obyek wisataLubang Sewu ini justru semakin ramai pengunjung. Mereka sengaja berkunjung selain menikmati panorama alamnya yang indah juga ingin menikmati sunset yang sangat menawan dari Lubang Sewu. Matahari yang berwarna jingga keemasan seolah berada di tengah-tengah waduk. Air waduk yang terpantul cahaya matahari sore juga terlihat keemasan. Sangat indah, Guys.

Takaiters, jika kamu memutuskan untuk liburan ke sana, ingat, ya, datanglah saat musim kemarau tiba agar kamu bisa lihat batu-batuan yang sangat megah dan unik. Jangan lupa bawalah kamera yang akan mengabadikan momen indah kamu di sana dengan panoramanya yang sangat aduhai. Ditunggu kedatangannya, Takaiters?