Jika Takaiters hobi menonton TV, bisa jadi kalian tidak asing dengan objek wisata Rammang-Rammang. Destinasi wisata ini tampil dengan keindahannya yang memukau dalam pariwara “Wonderful Indonesia”. Nah, sayangnya objek wisata di Sulawesi Selatan ini belum terlalu bergema, padahal ada beberapa fakta membanggakan dari Rammang-Rammang untuk disimak.

Ingin mengetahui nilai plus dari Rammang-Rammang? Yuk kita kepoin bersama :

Menjadi gugusan batuan karst terpanjang nomor 2 di dunia

rammang rammang
Foto : sulawesitourguide.com

Sulawesi Selatan memang terkenal dengan kawasan karst (pegunungan kapur) yang terbentang mulai Kabupaten Maros hingga Kabupaten Pangkep. Keunikan kawasan karst Rammang-rammang tidak terdapat pada kawasan-kawasan karst lainnya di Indonesia, karena kawasan karst ini mempunyai bentang alam yang unik dan khas yang biasa disebut tower karst.

Pilihan Editor

Rammang-Rammang menjadi bentang alam karst terpanjang di dunia, bersanding dengan negara Cina dan Madagaskar. Bahkan, bersama kawasan karst di Pegunungan Sewu, kawasan karst Rammang-rammang telah diusulkan sebagai situs warisan budaya dunia (World Heritage) kepada UNESCO sejak 2001 silam.

Destinasi wisata sejarah bisa ditemukan di sini, lho..

rammang rammang
Foto : tstatic.net

Wisatawan tidak hanya akan dipuaskan pada keindahan yang ditawarkan Rammang-Rammang. Takaiters bisa melihat warisan sejarah yang ditinggalkan di objek wisata ini. Tak jauh dari karst Rammang-rammang dan Sungai Pute, terdapat sebuah gua yang diberi nama Gua Bulu Barakka. Kata”bulu” berasal dari Bahasa Makassar yang berarti gunung, sementara “barakka” berarti berkah atau anugerah.

Di Gua Bulu Barakka, kita bisa melihat situs pra sejarah di dalam gua yang berupa cap tangan dan lukisan manusia purba. Lukisan tersebut berupa gambar hewan seperti kerbau, rusa, ikan, dan gambar aktivitas manusia purba.

Semua foto-fotomu akan terlihat fotogenik di tempat ini, lho!

rammang rammang
Foto : kabaraustralia.com/

Setiap sudut Rammang-rammang nampak sangat fotogenik. Warna hitam keabu-abuan, dan warna kehijauan dari tumbuhan yang tumbuh di pegunungan karst tersebut mendominasi pemandangannya. Keindahan bentang alam ini sayang dilewatkan untuk diabadikan lewat kamera. Jadi jangan ragu untuk memotret seluruh keindahan objek wisata ini, ya!

Nah, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan yang berkesan dengan mengunjungi Rammang-Rammang. Tidak perlu keliling dunia untuk berbahagia dengan objek wisata spektakuler. Indonesia punya semua yang kamu butuhkan.