Hi, Takaiters!

Menjadi tua itu adalah keniscayaan. Meski begitu, sejatinya kita bisa menhambat proses penuaan. Salah satu kiatnya yaitu dengan mengatur pola makan kita.

Menjaga agar asupan kalori dan lemak jenuh tetap rendah, banyak mengkonsumsi makanan biji-bijian, minyak ikan, buah dan sayuran, kurangi konsumsi gula dan garam adalah beberapa saran yang selama ini kerap disampaikan oleh para pakar sebagai upaya menghambat proses penuaan.

Terkait dengan buah dan sayuran, sejumlah pakar merekomendasikan beberapa buah dan sayuran berikut ini untuk dikonsumsi secara teraturĀ  mengingat peran pentingnya dalam memperlambat laju penuaan.

Yuk, simak sayuran dan buah menghambat laju penuaan berikut, Takaiters!

1. Alpukat

cara Menghambat Laju Penuaan
FotoL klikdokter.com

Buah yang satu ini kaya akan lemak tak jenuh yang menyehatkan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol buruk di dalam tubuh. Selain itu, adpukat kaya akan vitamin E yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan kulit. Buah yang oleh orang Inggris ini disebut sebagai avocado ini juga kaya postasium yang bisa mencegah munculnya tekanan darah tinggi.

2. Arbei

buah yang Menghambat Laju Penuaan
Foto: idntimes.com

Buah-buahan berwarna hitam atau biru semacam arbei dan anggur mengandung fitokimia bernama flavonoid — antioksidan dahsyat yang berfungsi melindungi tubuh terhadap kerusakan oleh radikal bebas dan proses penuaan.

3. Kubis

nikmati buah yang Menghambat Laju Penuaan
Foto: cnnindonesia.com

Kubis, brokoli, lobak dan selada dipercaya dapat membantu tubuh dalam melawan berbagai racun dan kanker. Disarankan setidaknya kita mengonsumsi sekitar 40 ons, baik salah satu atau gabungan dari sayur-sayuran ini, per hari. Jika mungkin dan suka, konsumsilah dalam keadaan segar atau setengah matang sehingga enzim-enzim penting yang ada di sayuran ini tetap utuh.

4. Bawang putih

Foto: dream.co.id

Sejumlah kajian menyimpulkan bawang putih membantu melindungi tubuh dari serangan kanker dan penyakit jantung. Salah satu kajian yang dilakukan di Iowa, Amerika Serikat, yang melibatkan 41.837 wanita berusia antara 55 dan 69 tahun menunjukkan, mereka yang mengonsumsi satu siung bawang putih sekurangnya sepekan sekali memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

Sementara itu, penelitian di Tasgore Medical College, India, menyimpulkan, bawang putih mengurangi kadar kolesterol dan membantu memperlancar aliran darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Jahe

cara Menghambat Laju Penuaan dini
Foto: halodoc.com

Memang, jahe yang rasanya pedas dan hangat ini dapat memperbaiki sistem sirkulasi dan pencernaan, yang sangat bermanfaat bagi orang yang lebih tua. Jahe kemungkinan juga bisa membantu meringankan rasa nyeri akibat serangan rematik.

6. Kacang

cara Menghambat Laju Penuaan dini alami
Foto: grid.id

Kacang-kacangan — apa pun jenisnya — merupakan sumber berbagai mineral. Meski tinggi kalorinya, kacang kaya potassium, magnesium, zat besi, seng, tembaga dan selenium. Menambahkan kacang-kacangan pada menu utama dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan dan pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit. Kacang-kacangan juga membantu mengendalikan kadar kolesterol.

7. Semangka

Foto: pikiran-rakyat.com

Buah semangka, baik daging maupun gizinya, sangat bergizi. Lembutkan keduanya dengan blender sebagai jus dan konsumsilah secara teratur. Daging semangka mengandung vitamin A, B dan C. Biji semangka mengandung selenium, lemak tidak jenuh, seng dan vitamin. Semua zat ini berguna untuk melindungi kerusakan tubuh akibat radikal bebas dan penuaan.

8. Pisang

Foto: klikdokter.com

Buah pisang kaya akan vitamin B6 dan B12. Buah ini sangat bagus dikonsumsi dalam keadaan segar. Pisang juga mengandung magnesium, fosfor, sulfur dan potassium. Sebuah pisang berukuran sedang mengandung kurang lebih 100 kalori. Potassium dalam pisang bermanfaat membantu sistem sirkulasi tubuh memasok oksigen ke dalam otak kita.

Itulah beberapa buah dan sayuran yang mampu untuk menghambat laju penuaan, Takaiters!