Hai, Takaiters!

Di dalam dunia kerja ataupun dalam pergaulan sehari-hari selalu terjadi persaingan. Baik itu persaingan karir, persaingan pribadi ataupun persaingan sosial. Persaingan itu ada yang secara sehat dan ada juga yang tidak sehat yaitu dengan menggunakan segala cara.

Persaingan tidak sehat inilah yang selalu menimbulkan banyak persoalan pelik. Apalagi jika persaingan ini dilakukan tidak secara terang-terangan seperti berpura-pura menjadi kawan tetapi justru dia adalah lawan yang sangat membahayakan.

So, Guys, apa sih yang mesti kamu lakukan dalam menghadapi teman yang sejatinya adalah lawan yang akan menghancurkan kamu?

1. Bersikap tenang dan berpura-pura tidak tahu

frenemy chord
Foto: roberthalf.com.au

Bersikaplah seperti biasa, berpura-puralah kamu tidak tahu jika ada salah satu dari teman kamu yang menjadi frenemy. Dengan bersikap tenang maka frenemy tersebut tidak akan curiga bahwa kamu sebenarnya sudah tahu siapa sejatinya dia.

2. Menjaga Jarak

frenemy lyrics
Foto: jatim.suara.com

Setelah kamu tahu bahwa ada salah satu dari teman kamu yang jadi frenemy, sebaiknya mulailah untuk menjaga jarak dengan dia. Namun, bukan berarti kamu langsung menjauhi dia karena hal itu malah akan memicu permasalahan baru. Batasi pertemuan kamu dengan dia.

Kalaupun dia mengajak kamu ngobrol atau jalan, ajaklah teman yang lain sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak mengenakkan ada orang ketiga yang menjadi saksi.

3. Jangan Terlalu Banyak Berbicara / Bercerita

frenemy meaning
Foto: bali.idntimes.com

Dalam menjalin pertemanan dengan siapapun sebaiknya memang dianjurkan untuk tidak terlalu banyak bercerita. Hal ini dimaksudkan jika sewaktu-waktu pertemanan itu bubar maka kamu tidak akan terlalu sakit manakala teman kamu  membongkar semua rahasia yang kamu ceritakan.

Nah, apalagi jika ada teman yang jadi frenemy, kamu sebaiknya harus sangat berhati-hati dalam berbicara ataupun bercerita. Takutnya dia merekam semua pembicaraan itu dan dia jadikan alat untuk menyakiti ataupun menghancurkan kamu.

4. Tetap Tunjukkan Ketulusan Kamu

frenemy quotes
Foto: idntimes.com

Tetap menunjukkan ketulusan pada frenemy itu amatlah sulit. Apalagi jika sudah tahu bahwa dibelakang kita, dia itu sangatlah jahat. Namun, jika kamu bisa melakukan hal tersebut, kamu adalah orang yang berjiwa besar.

Siapa tahu dengan tetap menjaga ketulusanmu, teman yang frenemy  tersebut akan terbuka hatinya dan merubah semua sifat dan perilakunya menjadi lebih baik. Setidaknya dia akan memiliki penilaian yang berbeda terhadap kamu. Yakni dia akan menyadari bahwa kamu bukan orang yang pantas untuk dia musuhi.

5. Hadapi

Foto: indozone.id

Jika frenemy itu sudah sangat keterlaluan, maka kamu tidak punya pilihan lain, kamu harus bersiap untuk menghadapi dia. Temui dia dan bicarakan baik-baik apa sebenarnya yang dia mau dari kamu. Saat menghadapi orang seperti itu, kamu harus pandai menjaga emosi kamu. Takutnya jika emosi kamu meledak kamu justru akan melakukan hal-hal negatif yang justru akan menguntungkan buat dia. Tunjukkan padanya keprihatinan kamu dan kamu benar-benar menganggap dia sebagai teman kamu bukan musuh kamu.

6. Putuskan Hubungan

Foto: suara.com

Jika berbagai cara sudah kamu lakukan dan itu tidak merubah sifat maupun  perilaku frenemy kamu bahkan mungkin apa yang frenemy kamu lakukan bertambah parah dan merugikan kamu, sebaiknya cepat-cepatlah kamu memutuskan hubungan pertemanan dengannya.

Kamu tidak salah jika memutuskan pertemanan. Justru kamu akan terus dirugikan dan disakiti jika tidak secepatnya memutuskan pertemanan kamu dengannya.

Takaiters? Udah enggak bingung, kan? Jika ada teman kamu yang jadi frenemy? Yups, kamu tidak perlu lagi khawatir ataupun gelisah juga tidak perlu emosi ataupun marah-marah.

Semua bisa kamu atasi dengan berbagai cara yang tepat. Teruslah berpositif thinking agar semua bisa kembali seperti yang kamu harapkan yaitu berteman dengan ketulusan.