Mengenal Warisan Budaya Indonesia yang mendunia
Foto: womantalk.com

Mengenal Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui Dunia, Nomor 1 Yang Paling Booming

Hai, Takaiters!

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak sekali keanekaragaman suku bangsa dan budaya tentunya kaya juga akan warisan budayanya. Baik itu berupa kesenian, benda purbakala, ataupun kerajinanan tangan. Warisan budaya Indonesia sebagian sudah sangat sulit ditemukan untuk itu perlu sebuah wacana untuk melestarikan warisan budaya yang masih ada atau yang hampir punah.

Salah satu cara yang paling mudah adalah mengenalkan warisan budaya itu kembali pada generasi-generasi sekarang maupun yang akan datang. Sehingga warisan budaya tersebut tidak hilang atau musnah sebaliknya justru akan semakin dikenal dan mendunia. Warisan Budaya Indonesia yang sudah diakui dunia cukup banyak. Mau tahu? Simak, yuk?

1. Batik

Mengenal Warisan Budaya Indonesia yang mendunia
Foto: womantalk.com

Batik adalah selembar kain yang dilukis dengan berbagai motif yang sangat indah dengan mengusung tema atau cerita yang tersirat didalam lukisan tersebut menggunakan alat khusus atau yang disebut dengan cantik.

Batik diakui dunia tepatnya oleh UNESCO sebagai warisan budaya lisan atau nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober 2009.

Di Indonesia batik sudah ditetapkan menjadi pakaian nasional. Tidak hanya dipakai pada acara atau kegiatan resmi saja, batik sendiri sudah menjelma menjadi trend busana masa kini. Bahkan di mancanegara pun batik sudah sangat terkenal.

2. Angklung

Mengenal Warisan Budaya Indonesia angklung
Foto: cnnindonesia.com

Angklung merupakan salah satu jenis alat musik tradisional dari Sunda yang dibuat dari bambu yang dirangkai sedemikian rupa. Dan angklung ini sangat unik karena cara memainkannya sangat sederhana yaitu hanya dengan mengoyang-goyangkan saja sampai menghasilkan suara atau nada tertentu.

Takaiters, angklung diakui oleh UNESCO pada tahun 2010. Untuk melestarikannya di buatlah museum Angklung yang berada di Bandung yang terkenal dengan sebutan Saung Angklung Udjo.

3. Wayang Kulit

Foto: wikipedia.com

UNESCO menetapkan Wayang Kulit sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni dan keindahan pada tahun 2003. Wayang Kulit dulunya digunakan sebagai salah satu cara dalam penyebaran agama dan nilai-nilai moral. Pementasan wayang kulit banyak mengambil cerita dari kisah epik Mahabarata, Ramayana atau cerita Panji.

Sampai saat ini pun di pulau Jawa Wayang Kulit masih sering di pentaskan pada acara-acara besar seperti peringatan hari jadi kota atau kabupaten, hajatan, sunatan dan sebagainya.

4. Pencak Silat

Mengenal Warisan Budaya Indonesia yang unik
Foto: olahragapedia.com

Pencak Silat merupakan salah satu cabang ilmu beladiri yang memiliki banyak aliran dan jenisnya. Dan pencak Silat sering diperlihatkan pada pentas olahraga ataupun acara-acara tradisional. Mulai dikenal dunia sejak aktor-aktor perfileman Indonesia mulai berlaga di kancah perfileman dunia.

Pencak Silat diakui UNESCO secara resmi dalam sidang komite warisan budaya tak benda UNESCO ke-14 yang dipimpin oleh wakil menteri kebudayaan dan kreator Kolombia Madam Maria Claudia Lopez Sorzano.

5. Tari Saman

Foto: womansobsseion.com

Pada tahun 2011 tari Saman telah menjadi bagian dari warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Tari Saman sendiri merupakan tradisi masyarakat Gayo, Aceh yaitu tarian yang ditarikan oleh sekelompok para pria dengan gerakan berselang-seling.

Gerakannya sangat cepat dan membutuhkan ketepatan irama serta kekompakan. Tidak semua orang mampu melakukannya bahkan pada saat ini tari Saman mulai jarang ditampilkan karena para seniman yang mendalami tari ini sudah mulai menua dan generasi penerusnya pun sudah tidak ada lagi. Untuk itulah Tari Saman masuk dalam katagori budaya yang membutuhkan perlindungan mendesak.

6. Noken

Foto: nusadaily.com

Kata ini pastinya masih asing terdengar dibandingkan dengan warisan-warisan budaya di atas. Noken yaitu tas rajut tradisional yang dibuat dari anyaman bambu. Dulunya masyarakat Papua menggunakan tas ini untuk membawa barang-barang.

Namun, lama kelamaan produksi dan penggunaan tas ini mulai berkurang. Alasan itulah yang menjadikan Noken masuk dalam daftar warisan budaya tak benda dalam katagoro membutuhkan perlindungan mendesak.

7. Keris

Foto: news.detik.com

Keris merupakan senjata tradisional yang banyak digunakan di pulau Jawa. Untuk sekarang ini keris menjadi pelengkap busana adat Jawa dan warisan turun temurun yang harus diruwat atau disucikan. Keris masuk dalam daftar warisan budaya yang diakui UNESCO sekitar tahun 2008.

Takaiters, selain tujuh warisan budaya diatas, masih banyak, ya warisan budaya yang Indonesia punya. Yuk, ikut menjaga dan melestarikannya?