Halo Takaiters!

Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan kemudahan dalam banyak hal. Contohnya saja dengan kehadiran aplikasi-aplikasi  canggih yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan teknologi  menunjang kita  dalam hal pekerjaan ataupun hiburan.

Terbaru, kita dikenalkan dengan fitur bernama TikTok Resume. Apa sih sebenarnya Tiktok Resume? Lalu bagaimana cara untuk melamar pekerjaan? Nah, untuk mengenal  tiktok resume, simak ulasan berikut ya, Takaiters!

Apa itu TikTok Resume?

Mengenal Tiktok Resume fitur baru tiktok
Foto: newsroom.tiktok.com

Tiktok  menjadi salah media sosial populer dan digemari banyak orang utamanya anak muda. Platform ini menghadirkan konten hiburan yang menarik sehingga cukup digandrungi.  Disini pengguna bisa menikmati beberapa layanan atau fitur.

Terbaru, TikTok mengenalkan fitur bernama TikTok Resume yang saat ini masih dalam tahap uji coba. Kedepan pengguna bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk melamar pekerjaan.

TikTok Resume memberikan akses kepada pengguna untuk melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan dengan menyertakan resume atau CV dalam bentuk video.

Awal mula digunakannya istilah TikTok Resume ini ternyata terinsipirasi  dari konten organik dari interaktif  pengguna seperti #CareerTok. Fitur tersebut juga inisiatif dari beberapa perusahaan untuk mempengaruhi mahasiswa atau kaum muda untuk melakukan rekrutmen.

Cara Melamar Pekerjaan Melalui TikTok Resume

Foto: dki.reportase.com

TikTok Resume memang  menarik perhatian banyak orang utamanya bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan dalam bidang kreatif. Dilansir dari The Verge, terdapat lebih dari 30 perusahaan yang mendaftar untuk menerima resume atau CV dengan bentuk video. Tahapan uji coba tersebut akan berlangsung hingga 31 Juli.

Lalu bagaimana cara untuk mendaftar? Pertama, pengguna harus membuat resume atau CV dalam bentuk video agar bisa mendaftar. Setelah itu video tersebut perlu diunggah ke Tiktok lalu dikirim ke perusahaan melalui aplikasi.

Untuk menghindari kebocoran data karena fitur TikTok Resume ini dibuat dalam bentuk video dan dibagikan ke publik, pengguna akan diberikan instruksi dalam bentuk  video yang merekomendasikan untuk tidak menyertakan informasi  terkait data pribadi seperti nomor handphone, alamat rumah, dan email.

Pekerjaan yang Terdaftar di Tiktok Resume

Mengenal apa itu fitur Tiktok resume
Foto: tiktak.id

Saat ini sudah ada beberapa pekerjaan yang  terdaftar di Tiktok Resume. Pengguna yang paham akan pembuatan konten bisa daftar melalui fitur  ini dengan mudah lho. Pasalnya perusahaan-perusahaan tersebut mencari pekerja yang sudah paham pembuatan konten pada sebuah platform.

Contohnya, pekerjaan yang ditawarkan oleh tim basket NBA. Mereka membutuhkan produser dan host yang dapat menjangkau berbagai platform. Selain itu, ada perusahaan Alo Yoga yang membuka lowongan pada bagian manager sosial media.

Disini pelamar akan diberikan instruksi untuk mengembangkan strategi pemasaran merek di platform TikTok, serta menjalin kerja sama dengan para  influencer.

Perlu dipahami sekali lagi, TikTok Resume masih bersifat sementara. Meskipun begitu, kita patut berbahagia karena dengan peluncuran fitur ini menunjukkan jika TikTok peduli dengan anak muda pembuat  konten kreatif  dan ingin terjun secara profesional. Adapun pengujian fitur TikTok Resume dibuka mulai dibuka dari tanggl 7 hingga 31 Juli 2021.

Nah, bagi kamu yang mahir dalam membuat konten, coba saja untuk melamar melalui TikTok Resume. Buatlah resume yang menarik agar perusahaan tertarik untuk merekrutmu. Jika kamu memiliki resume panjang, jangan khawatir TikTok menghadirkan fitur video dengan durasi hingga 3 menit.

Itulah tentang mengenal TikTok resume. Semoga bermanfaat.