desa wisata pagak
Foto: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Mengenal Desa Pagak, Desa Wisata Kreatif Penghasil Minyak Atsiri

Hai, Takaiters!

Bukan hanya alamnya yang menawan, di kabupaten Banjarnegara juga terdapat beberapa wilayah yang berpotensi menjadi sumber penggerak perekonomian salah satunya adalah desa Pagak. Desa ini patut dibanggakan karena keberhasilannya dalam meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Penasaran dengan desa Pagak? Yuk, simak?

Mengenal Desa Pagak

desa pagak klampok
Foto: liputan6.com

Desa Pagak sebuah desa yang berada di kecamatan Purwareja Klampok kabupaten Banjarnegara ini memiliki pemandangan alam yang indah. Desanya begitu asri dan sejuk dengan banyaknya pepohonan rindang dan juga sawah-sawah yang membentang dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

Untuk menikmati keindahannya bisa dengan banyak cara. Kamu bisa berkeliling dengan sepeda motor ataupun bersepeda.

Desa Wisata Kreatif

desa pagak purworejo
Foto: instagram.com/desawisatapagak

Selain memiliki alam yang indah, desa wisata ini juga disebut sebagai desa wisata kreatif. Hal ini dikarenakan desa Pagak mampu menjadi simpul ekonomi kreatif di kabupaten Banjarnegara. Masyarakatnya beserta pemuda desa pagak telah dibekali dengan berbagai skill yang mampu menumbuhkan jiwa enterpreneur hingga mereka bisa menjadi pioneer yang akan menggerakkan roda perekonomian.

Memiliki Sentra Kerajinan Bambu dan Penyulingan Minyak Atsiri

desa wisata pagak banjarnegara jawa tengah
Foto: mediajateng.net

Menjadi desa wisata kreatif pastinya ada yang benar-benar diandalkan. Untuk desa wisata ini sendiri yang menjadi andalan adalah sentra kerajinan bambu dan penyulingan minyak atsiri. Perkembangan dari dua sektor tersebut sangat pesat. Bahkan minyak atsiri sendiri sudah diekspor ke luar negeri.

Banyak sekali yang berkunjung ke desa ini untuk melihat pabrik penyulingan minyak atsiri. Mereka yang datang dari seantero nusantara bahkan juga dari mancanegara. Hal itu tentunya akan membawa dampak perekonomian yang besar bagi kabupaten Banjarnegara dan desa Pagak khususnya.

Berbagai Produk Dari Minyak Atsiri

balai desa pagak
Foto: mmcindonesia.id

Dari penyulingan minyak atsiri kemudian dikembangkan lagi produk-produk turunannya seperti minyak serai wangi, sabun serai wangi, karbol serai dan penghemat BBM. Untuk minyak nilam juga bisa dibuat untuk sabun, parfum, aromaterapi dan juga kosmetik. Produk-produk tersebut sudah menyebar ke seluruh penjuru tanah air dan bahkan ke Perancis, Hongkong dan Belanda.

Penghargaan Sebagai Desa Wisata Kreatif

Foto: portalpekalongan.pikiran-rakyat.com

Tahun 2021 desa wisata Pagak berhasil menjadi pemenang program desa BRILian yang dilakukan setelah selesai proses seleksi dan penyelenggaraan Literasi Desa BRILian yang berlangsung selama tiga bulan. Pada tanggal 3 September 2021 kembali desa Pagak mendapat penghargaan sebagai juara ke-2 BCA Awards Desa Wisata katagori Desa Wisata Kreatif.

Dengan terpilihnya desa Pagak sebagai desa wisata kreatif oleh dua perbankan sekaligus, maka desa ini memiliki harapan untuk semakin maju dan berkembang terutama dalam sektor perekonomian yang pastinya sangat membutuhkan dukungan atau sokongan dari perbankan.

Takaiters, tertarik dengan keindahan alam desa Pagak dan minyak atsirinya? Yuk, agendakan kesini?