Mengatasi Ragu Pada Diri Sendiri, Yuk, Lakukan Langkah Ini, Takaiters!

Hai, Takaiters!

Tidak dipungkiri adakalanya kita punya rasa ragu pada diri kita sendiri dan itu wajar karena setiap orang pasti pernah merasa ragu. Namun, jangan sampai keraguan kamu terhadap sesuatu hal itu berlebihan karena justru akan menimbulkan berbagai dampak yang tidak baik.

Keraguan yang berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah seperti hilangnya rasa percaya, menurunkan harga diri, munculnya perasaan tidak aman dan tidak nyaman, putus asa bahkan deprsesi. Apalagi terkait impian atau harapan yang ingin kita wujudkan.

Saat memimpikannya atau menuliskannya dalam daftar keinginan timbul keraguan pada diri sendiri yang terus bergejolak memenuhi pikiran. Kamu menjadi pesimis akan kemampuan diri sendiri mewujudkan impian tersebut bahkan tiap hari kamu akan dibebani dengan pertanyaan “mampukah aku?”, “bisakah aku?”, “Apa aku bisa sehebat itu?” dan berbagai pertanyaan lainnya.

Nah, jika sudah seperti itu, sebaiknya kamu mencoba mengatasi keraguan kamu ya, Guys? Bagimana cara mengatasinya?

Untuk menghilangkan keraguan pada diri sendiri sebaiknya ditelusuri penyebab dari munculnya keraguan tersebut, jika sudah tahu maka kamu bisa menerapkan langkah-langkah ini untuk mengatasi ragu pada diri sendiri, Takaiters!

1. Menerima  keraguan

Foto: pexels.com

Yang paling awal untuk kamu lakukan adalah menerima keraguan tersebut. Semakin kamu menolaknya maka rasa ragu itu akan semakin kuat. Ketika kamu sudah bisa menerima keraguan itu maka artinya kamu sudah bisa berdamai dengan diri sendiri dan akan lebih mudah buat kamu memahami munculnya keraguan tersebut.

2. Memahami Keraguan

cara Mengatasi Ragu Pada Diri Sendiri
Foto: pexels.com

Untuk memahami keraguan yang muncul pastinya perlu waktu. Kamu bisa menelusuri asal muasalnya dengan menanyakan pada diri sendiri apa yang sebenarnya membuat kamu ragu, kenapa dan darimana datangnya. Tetaplah fokus untuk memahami apa yang telah menjadi penghalang kamu. Jika kamu serius, maka bisa jadi keraguan kamu itu sebenarnya tidak penting dan tidak beralasan.

3. Berhenti Mencari Kekurangan Pada Diri Sendiri

tips Mengatasi Ragu Pada Diri Sendiri
Foto: pexels.com

Saat kamu sedang merasa ragu atau tidak percaya diri, secara tidak langsung maka kamu akan mencari-cari kesalahan pada diri kamu sendiri. Stop, berhentilah melakukan itu, buang pikiran negatif kamu karena yang ada kamu justru akan semakin terbenam dalam keraguan dan ketidakpercayaan pada diri sendiri.

4. Tidak membanding-bandingkan dengan orang lain

cara Mengatasi Ragu Pada Diri Sendiri
Foto: pexels.com

Ketika sedang mengejar suatu impian hendaknya kamu sudah paham akan hal itu dan apa yang menjadi tujuan kamu. Apakah benar yang kamu kejar itu memang yang menjadi tujuan hidup kamu atau ingin menunjukkan bahwa kamu tidak kalah dengan yang lain dengan melakukan hal yang sama dengan mereka.

Jika kamu memilih opsi yang kedua jelas itu akan sangat beresiko ya, Takaiters? Apalagi jika ternyata kamu gagal. Pastinya kamu akan sangat frustasi dan bisa jadi timbul rasa iri.

Nah, agar hal itu tidak terjadi, semestinya kamu sudah punya tujuan yang jelas, kiat-kiat juga cara tersendiri untuk mewujudkannya. Boleh meniru orang lain, tapi jangan membandingkan dengan kemampuan diri sendiri, yakin dan optimis bahwa kamu juga punya potensi yang lebih dari mereka.

5. Mencintai Diri Sendiri

Foto: pexels.com

Jujur untuk mencintai diri sendiri itu tidaklah mudah karena manusia pada kodratnya adalah makhluk yang tidak pernah merasa puas. Namun, kamu masih bisa melakukannya kok.  Jika kamu sudah bisa mencintai diri sendiri, maka kamu cenderung tidak akan pernah merasa takut dan khawatir akan ketidaksempurnaan yang kamu miliki.

Apapun kekurangan dan keterbatasan yang kamu miliki, kamu bisa terima itu dan menutupinya dengan kelebihan kamu yang lain. Jadi apapan yang kamu lakukan, baik itu berhasil ataupun gagal maka kamu akan tetap bangga pada diri kamu sendiri.

6. Segera Take Action untuk melakukan hal yang dapat meningkatkan kemampuan

Foto: pexels.com

Tidak cukup dengan menerima, menganalisa dan menemukan penyebab keraguan pada diri sendiri. Ada baiknya kamu segera take action dengan melakukan berbagai hal positif yang bisa meningkatkan kemampuan diri kamu sendiri.

Seringnya timbul keraguan salah satunya karena kemampuan diri yang masih perlu ditingkatkan atau diasah. Jika kamu rajin upgrade kemampuan diri maka dengan sendirinya kamu akan menjadi lebih terlatih dan berkembang dengan baik. Perlahan, keraguan yang kamu rasakan pun kan sirna.

Takaiters, sudah tidak khawatir lagi bukan akan keraguan yang sewaktu-waktu hinggap pada diri kamu? Kamu pasti bisa mengatasi ragu pada diri sendiri, ya!