Halo, Takaiters!

Besok kita akan merayakan Iduladha. Salat Id adalah ibadah yang sangat dinanti pada hari raya ini. Maklumlah, hanya ada dua salat Id dalam satu tahun, yakni saat Idulfitri dan Iduladha. Jika kamu merasa ragu untuk melaksanakan salat Id karena memiliki balita, beberapa tips ini bisa kamu coba agar tetap bisa menjalankan salat Id dengan membawa si kecil.

1. Sounding Terlebih Dahulu tentang Apa Itu Salat Id

Foto: islam.nu.or.id

Beberapa hari sebelum pelaksanaan salat Id, bicarakan lebih dahulu rencanamu untuk mengajaknya salat berjamaah di masjid. Ajarkan kepadanya bahwa ia harus tenang, tidak banyak bicara, dan berjalan-jalan atau berlarian di area salat berlangsung, baik di lapangan terbuka maupun di masjid.

2. Pastikan Anak Cukup Tidur

Foto: hellosehat.com

Sehari sebelumnya, pastikan Si Kecil tidak banyak melakukan aktivitas berlebih. Ajak ia untuk tidur lebih cepat agar bisa bangun lebih pagi keesokan harinya. Dengan begitu, ia akan bangun dengan suasana hati ceria, kemungkinan rewel saat diajak salat Id pun kecil, jika ia cukup tidur dan ceria.

3. Ajak Sarapan sebelum Berangkat Salat

Foto: makassar.tribunnews.com

Perut yang kosong bisa membuat Si Kecil rewel. Sebaiknya berikan ia sarapan sebelum berangkat salat. Tidak perlu menu berat, makanan ringan saja asal bisa mengganjal perutnya.

4. Pastikan Si Kecil Sudah Buang Air Kecil

Foto: cantik.tempo.co

Kamu tak ingin mengajaknya ke toilet saat salat Id berlangsung bukan? Apalagi jika salat dilakukan di lapangan luas yang belum tentu ada fasilitas toiletnya. Oleh karena itu, ajak anak untuk buang air kecil dahulu di rumah. Jika ia masih belum bisa mengontrol hasrat buang airnya, memakaikan popok sekali pakai adalah jalan terbaik, untuk motif berjaga-jaga.

5. Pakaikan Baju yang Nyaman

Foto: ruangmuslimah.co

Pilihkan baju muslim yang nyaman untuk ia kenakan. Bahan katun dan sejenisnya yang adem dipakai, bisa jadi alternatif. Jangan sampai ia rewel karena mengenakan baju yang tidak nyaman.

6. Bawakan Baju Ganti, Mainan, Camilan, serta Botol Minum

Foto: parenting.orami.co.id

Anak kecil itu cepat bosan. Meski salat Id dilakukan dengan durasi yang tak terlalu lama, tetap saja ada informasi dan urutan acara lainnya diluar salat itu sendiri. Untuk mengantisipasi ia berkeringat lebih, baju yang basah karena ditumpahi air minum, maka membawa baju ganti adalah keharusan.

Bawa mainan yang tidak menimbulkan bunyi menganggu, pilih camilan yang tidak mengotori masjid, tak lupa bekal minum yang cukup. Semua perbekelan ini dibawa agar kebutuhannya tetap terpenuhi saat salat berlangsung.

7. Ajarkan Anak Membaca Takbir dengan Nada yang Ia Sukai

Foto: today.line.me

Ajarkan anak tentang mengumandangkan takbir. Saat duduk bersama menunggu salat tiba, kumandangkan dengan nada riang gembira, agar ia tidak cepat bosan.

8. Berikan Penghargaan saat Ia Bisa Menyelesaikan Salat

Foto: umroh.com

Berikan apresiasi pada anak atas usahanya yang telah menyelesaikan rangkaian salat Id dengan baik. Meski hanya lewat pujian, anak akan merasa bangga, karena kehadirannya di akui oleh orang tua dan lingkungan sekitar.

Guys, itulah 8 tips yang bisa membantumu agar tetap bisa menjalankan salat Id meski membawa anak balita. Karena mereka pun punya hak untuk merasakan kehangatan suasana salat Id.