Hai, Takaiters!

Sebenarnya banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang ada di masing-masing kota atau daerah begitu juga di Banjarnegara. Pada tiap kota atau daerah tentu mempunyai cara sendiri-sendiri untuk mengenalkan situs-situs sejarah yang ada di kotanya.

Di Banjarnegara sendiri contohnya untuk mengenalkan situs sejarah yang ada di Dieng diadakanlah DCF (Dieng Culture Festival) dan satu lagi event Feskola yaitu Festival Kota Lama yang sebentar lagi akan digelar.

Tempat Penyelenggaraan Feskola

Foto: genmilebanjarnegara.com

Festival Kota Lama akan diselenggarakan di kawedanan Klampok Kabupaten Banjarnegara tepatnya di lapangan BLK Klampok selama dua hari yaitu pada tanggal 14-15 September 2019. Klampok adalah salah satu kecamatan yang ada di Banjarnegara.

Di sana banyak ditemui bangunan-bangunan sejarah peninggalan jaman kolonial Belanda yang pastinya mendukung dalam penyelenggaraan Festival Kota Lama tersebut. Tujuan penyelenggaraan Festival ini selain untuk mengenalkan dan melestarikan warisan sejarah juga untuk mempromosikan Banjarnegara sebagai kota yang indah yang kaya akan budayanya.

Atraksi-atraksi Menarik dalam Feskola

Beragam acara dan atraksi akan disuguhkan dalam perhelatan Festival Kota Lama. Sesuai dengan namanya maka acara dan atraksi tersebut juga bertemakan tempo dulu. Di sini pengunjung akan dibawa memorinya ke zaman tempo dulu mulai dari pasar kuno, musik kuno, permainan kuno, busana kuno, dan masih banyak lagi. Takaiters, mau tahu apa saja si acara dan atraksi yang akan ditampilkan di Festival Kota Lama? Yuk, simak ulasanya?

  1. Kuliner Pasar Ngkuna

Foto: jateng.tribunnews.com

Pengunjung yang hobi kulineran bisa mencicipi berbagai makanan tradisional di pasar ngkuna ini mulai dari jajanan pasar, masakan tradisional, dan wedang tradisional. Selama menikmati kuliner tradisional, pengunjung juga akan dihibur dengan adanya tukang mbarang atau tukang ngamen zaman dulu dengan alunan musik dari gitar kecil kayunya.

  1. Parade Dolanan Bocah

Foto: youtube.com

Takaiters yang belum pernah mengalami serunya permainan anak zaman dulu juga akan terhibur dengan adanya parade dolanan bocah yang menampilkan permainan seperti engklek, egrang, dakonan, cublak-cublak suweng, dakon, petak umpet, uler-uleran, dan masih banyak lagi ragamnya.

  1. Busana Lawas

Foto: travel.kompas.com

Bagi kamu penggemar fashion ala-ala Noni Belanda atau fashion ala-ala zaman penjajahan dulu juga bisa melihat pertunjukkannya di Lomba Busana Lawas yang juga menjadi salah satu acara menarik di perhelatan Festival Kota Lama ini.

  1. Atraksi Ngeramik

Foto: rizkichuk.blogspot.com

Tahukah Takaiters? kalau Banjarnegara itu terkenal dengan keramiknya? Yup, keramik Banjarnegara bahkan sudah terkenal ke mancanegara terutama poci atau gucinya. Nah, untuk terus melestarikan kerajinan keramik ini, maka dalam perhelatan festival ini juga diadakan Atraksi Ngeramik yang akan mempertunjukkan kebolehan dan keahlian pengrajin keramik dalam menghasilkan karya-karya indahnya.

  1. Ngonthel Sepeda Tua

Foto: budparbanjarnegara.com

Ini dia acara yang ditunggu-tunggu para komunitas sepeda onthel tua, Guys? Dengan tema ”Ngontel Bareng Di Kota Lama” para pecinta sepeda onthel akan bersama-sama mengelilingi kota lama dengan memakai kostum dengan dilengkapi pernak-pernik yang mencerminkan tempo dulu.

  1. Tumplek Themlek

Foto: radarbanyumas.co.id

Penasaran dengan acara Tumplek Themlek? Acara ini adalah acara grebeg atau rebutan themlek yaitu makanan khas Klampok yang terbuat dari tahu goreng. Pengunjung akan berebutan saat gunungan themlek ini disiapkan untuk dirayah.

  1. Atraksi Batik Gumelem

Foto: picbear.org

Selain keramiknya, Banjarnegara juga memiliki batik khas yang tidak kalah indah dengan batik Pekalongan, Solo ataupun Jogja, lo, Guys? Batik Gumelem namanya. Batik ini memiliki motif khas Banjarnegara. Proses pembuatannya yang akan dijadikan atraksi dalam Festival Kota Lama ini. Bagaimana pengunjung bisa melihat batik-batik indah nan memesona karya pembatik-pembatik ulung.

  1. Dendang Keroncong Camelia

Foto: merdeka.com

Penggemar musik keroncong juga bisa menikmati alunan musik keroncong bersama keluarga atau orang terdekatnya. Menikmati musik keroncong di malam hari dengan suasana kota lama yang unik akan menambah kesan tersendiri bagi penikmatnya.

Eits, tunggu dulu, ternyata masih banyak lagi, lo, acara-acara yang bisa kamu nikmati di perhelatan Festival Kota Lama ini seperti Parade Musik Gumbeng yaitu musik tradisional yang alat musiknya terbuat dari bambu, Sendratari Pocong Sari, Senandung Kota Lama, dan Musik Koes Plus. Menarik bukan perhelatan Festival Kota Lama ini, Takaiters? Ditunggu kedatangannya di Banjarnegara, lo?