Hai, Takaiters!

Siapa yang tidak excited ketika merencanakan pernikahan. Pernikahan yang sakral dan indah akan dikenang sepanjang masa. Di saat kamu sudah memutuskan untuk menikah, banyak hal-hal yang harus dicermati agar di hari bahagia nanti tidak ada yang terlewat. Simak, yuk persiapannya apa saja!

Mental

Foto: pexels.com

Mantapkan diri bahwa pasangan yang kamu pilih sudah sesuai dengan kata hati dan harapanmu. Kamu dan pasangan memang sudah yakin satu sama lain akan mengarungi hidup bersama. Setelah menikah tidak ada lagi istilah “aku”, yang ada adalah “kita”. Siapkan mentalmu untuk hidup satu atap dengan kekurangan dan kelebihan pasanganmu, ya.

Pertemuan Keluarga

Foto: pexels.com

Setelah kamu dan pasangan sudah mantap menikah, buatlah pertemuan keluarga yang dihadiri oleh keluargamu dan keluarga pasanganmu. Sampaikan niat kamu untuk menikah. Jangan lupa untuk meminta saran kepada keluarga agar persiapan pernikahan sampai hari H nanti berjalan dengan lancar.

Konsep Pernikahan

Foto: pexels.com

Pernikahan adalah moment sakral seumur hidup, jadi persiapkan acara pernikahan dengan matang. Diskusikan dengan pasangan dan keluarga tentang konsep pernikahan kalian. Untuk yang memiliki dana lebih dapat menggelarnya secara besar-besaran, mulai dari konsep pakaian yang akan digunakan, undangan, lokasi pernikahan, jumlah tamu yang diundang, konsumsi, sampai souvenir. Apabila dana yang tersedia tidak mencukupi, mengadakan pernikahan sederhana dengan dihadiri keluarga dan kerabat terdekat juga tak kalah membahagiakannya.

Finansial

Foto: pexels.com

Bicarakan dengan pasangan, berapa alokasi dana untuk acara pernikahan. Apabila Takaiters tidak mau repot, kamu bisa menggunakan jasa Wedding Organizier (WO) untuk membantu mengatur segala hal tentang persiapan pernikahan.

Namun, tidak sedikit juga pasangan pengantin yang mengurus segala hal nya sendiri. Setiap pasangan calon pengantin menginginkan pernikahan yang berkesan, pastikan acara pernikahan tidak over budget agar kondisi keuangan setelah menikah tetap aman terkendali.

Administrasi

Foto: suaramuslim.net

Tidak hanya rangkaian acara pernikahan yang harus dicermati, beberapa persyaratan administrasi untuk mendaftarkan pernikahan juga tak kalah pentingnya. Terdapat aturan baru yang berlaku mulai tahun 2020 tentang adanya sertifikasi nikah yang wajib kamu miliki. Pasangan calon pengantin akan dibekali selama kurang lebih tiga bulan mengenai kesiapan fisik dan mental, serta kesiapan berumah tangga. Aturan baru ini jangan terlewat, ya.

Perawatan Diri Calon Pengantin

Foto: pexels.com

Agar saat hari H nanti penampilan kamu terlihat sempurna dan memesona, perawatan wajah, tubuh, dan rambut, dapat menjadi pilihanmu. Saat ini, banyak terdapat salon atau klinik kecantikan yang menawarkan paket khusus untuk calon pengantin, jadi kamu dan pasanganmu dapat melakukan treatment bersama. Jangan khawatir Takaiters, bagi yang ingin menghemat pengeluaran, calon pengantin dapat melakukan perawatan tersebut di rumah.

Perbanyak Doa

Foto: universal.org

Memutuskan untuk menikah artinya kamu dan pasanganmu sudah saling yakin akan mengarungi hidup bersama. Mempersiapkan pernikahan dibutuhkan kerjasama yang baik dari calon pengantin, keluarga, bahkan pihak-pihak lain yang terlibat dalam pernikahan kamu, contohnya catering, dekorasi, dan lain-lain. Libatkanlah Tuhan di dalamnya dengan memperbanyak doa agar kamu diberikan ketenangan hati dan pikiran sampai hari H nantinya.

Takaiters, pernikahan adalah perjalanan memulai hidup yang baru. Persiapkan rencana pernikahan dengan baik agar acara sakral pernikahan kamu nanti berkesan dan akan kamu ingat sepanjang waktu.