Hai, Takaiters!

Meong … suara yang sangat bersahabat didengar. Pemilik suara ini adalah seekor kucing. Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat familier dan lucu. Karena kelucuannya ada yang ingin mengadopsi hewan ini.

Sebagai seekor hewan, kucing juga memiliki hak asasi tentu saja dibutuhkan dukungan dari manusia. Agar kucing dapat hidup layak maka setelah mengadopsi perlu diperhatikan tujuh hal, yaitu:

Usia kucing

Foto: Republika.co.id

Siapa yang suka melihat anak kucing. Jika Takaiters ingin mengambil atau mengadopsi perhatikan usia anak kucing tersebut. Mengadopsi anak kucing sebaiknya jika telah berusia delapan Minggu, karena jika usianya kurang dari delapan Minggu kucing akan rewel dan masih mencari induknya untuk menyusu.

Bawa ke dokter hewan

mengadopsi kucing liar
Foto: travel.tribunnews.com

Setelah diadopsi bawa ke dokter hewan untuk diperiksa kesehatannya. Agar diketahui lebih dini jika kesehatannya terganggu. Untuk menjaga kesehatan kucing dokter akan memberikan obat cacing terlebih dahulu. Pemberian obat cacing ini akan bertahap sesuai dengan usia kucing.

• Perhatian makanan dan minumnya

mengadopsi kucing dalam islam
Foto: Lazuva.com

Pada dasarnya kucing tidak mengonsumsi nasi. Kadar karbohidrat yang tinggi akan sulit dicerna oleh kucing. Beri makan basah berupa ikan atau daging ayam yang sudah direbus terlebih dahulu. Selain makanan basah beri juga makanan kering atau dry food.

Dry food banyak dijual di toko pakan, berikan sesuai dengan usia kucing. Jangan lupa sediakan juga air minum untuk kucing dari air matang, ya.

Siapkan tempat yang nyaman

tempat mengadopsi kucing
Foto: republika.co.id

Jika Takaiters mengadopsi lebih dari satu kucing mungkin perlu ruangan khusus. Namun jika hanya satu siapkan tempat dipojok ruangan. Takaiters dapat menyiapkan kotak yang diberi alas untuk tidur. Jangan lupa siapkan juga pasir untuk kucing buang air.

Perhatikan kebersihan bulu

mimpi mengadopsi kucing
Foto: dokterhewan.com

Kucing adalah hewan yang memperhatikan kebersihannya tetapi Takaiters harus memandikan agar harum. Mandikan kucing dua kali seminggu. Jika kucing berbulu lebat mandi adalah hal terpenting agar menjaga kucing dari kutu.

• Beri vaksin

apakah mengadopsi kucing bayar
Foto: Sehatq.com

Vaksin sangat penting bagi kucing agar menjaga kesehatannya dan tidak terserang penyakit. Dokter akan memutuskan kapan kucing akan diberi vaksin. Tiga jenis dasar vaksin pada kucing yaitu, Feline herpes dan Feline calicivirus, Feline panleukopenia, dan Rabies.

Siapkan waktu

cara mengadopsi kucing liar
Foto: Suara.com

Jika sudah mengadopsi kucing, Takaiters harus meluangkan waktu bermain dengannya. Sering bermain dengan kucing akan mengakrabkan dan amat menyenangkan. Tanpa disadari bermain dengan kucing akan menghindari Takaiters dari stres, Lo.

Siapa yang tidak tergoda melihat kelucuan anak kucing yang sedang bermain. Anak bulu ini mudah akrab dan sangat ramah. Maka perhatikan keperluannya jika Takaiters telah mengadopsinya terutama kesehatannya. Jangan sampai anak bulu Takaiters mati karena sakit. Takaiter akan merasakan sangat kehilangan nanti.

Jadi, perhatikan poin-poin tersebut dalam mengadopsi kucing, ya! Selamat Hari Hak Asasi Hewan.