Hallo, Takaiters!

Dalam menyambut tahun baru Cina atau sering disebut Imlek, masyarakat Tionghoa mempunyai tradisi yang masih terbawa hingga kini. Tradisi yang berasal dari nenek moyang mereka tergolong unik dan terkadang berbau mistik.

Berikut tujuh tradisi unik menyambut Imlek yang masih dilakukan hingga saat ini. Tradisi ini diyakini dapat membuang sial hingga mengundang rejeki. Mau tahu? Yuk simak di bawah ini:

1. Memasang hiasan berwarna merah

Tradisi Unik Menyambut Imlek
Foto: Kaltim.tribunnews.com

Pada saat Imlek masyarakat Tionghoa marak memasang hiasan berwarna merah di rumah atau di jalan-jalan. Hal ini menurut kepercayaan orang Tionghoa ada mahluk buas bernama Nian yang tinggal di dasar laut atau di puncak gunung. Mahluk ini akan keluar pada saat Imlek dan mengganggu anak-anak.

Karena Nian ini takut dengan warna merah maka semua masyarakat Tiongkok menghias rumah dengan pernak pernik berwarna merah. Baju yang dipakai saat Imlek pun biasanya berwarna merah, untuk mengusir Nian.

2. Membersihkan rumah

tradisi unik imlek
Foto: Hellosehat.com

Membersihkan rumah menjelang Imlek selain membuat nyaman diyakini oleh masyarakat Tiongkok sebagai membuang sial. Rumah yang bersih dapat menampung rejeki keberuntungan di tahun yang akan datang.

Pada saat hari pertama di tahun baru dilarang untuk menyapu karena diyakini akan mengusir keberuntungan yang telah datang.

3. Angpao

Tradisi imlek di Indonesia
Foto: Makassar.tribunnews.com

Mendapatkan angpao adalah saat yang paling ditunggu. Angpao diberikan dari mereka yang telah menikah kepada belum menikah atau dari yang dewasa kepada anak-anak.

4. Menyiapkan makanan yang penuh makna dan doa

Tradisi imlek yang biasa dilakukan
Foto: Idntimes.com

Makanan yang disajikan saat Imlek biasanya mengandung makna tertentu dan doa serta harapan untuk keberuntungan dan kekayaan ditahun yang akan datang. Menu yang sering tersuguh pada saat Imlek seperti, Siu Mie (mie panjang), Yu Sheng, kue keranjang, ikan bandeng, bebek atau ayam.

5. Tidak boleh membalik ikan saat dimakan

Fimale.com

Membalik ikan untuk diambil daging bawahnya saat menyantapnya adalah hal yang tidak boleh dilakukan pada perayaan Imlek.

Menurut tradisi, ikan tidak boleh dihabiskan sekaligus pada hari itu, melainkan disisakan untuk keesokan harinya. Tradisi ini melambangkan nilai tambah di tahun yang akan datang.

6. Kembang api dan petasan

Tradisi imlek di Taiwan
Foto: republika.co.id

Kembang api dan petasan selain untuk memeriahkan suasana perayaan Imlek. Menyalakan kembang api dan petasan saat Imlek diyakini dapat mengusir roh jahat dan dapat membuat mereka lari ketakutan. Sehingga tradisi Imlek yang satu ini tidak pernah dilewatkan.

7. Berkumpul bersama keluarga

Foto: NusantaraTV.com

Perayaan Imlek merupakan ajang saling berkunjung. Berkumpul di rumah yang lebih tua untuk merayakan Imlek bersama.
Selain melakukan makan-makan, kunjungan tersebut dilakukan untuk melepas rindu, saling bertukar kabar dan mempererat persaudaraan.

8. Minum teh

Foto: Liputan6.com

Minum teh termasuk dalam tradisi yang dilakukan pada perayaan Imlek. Hal ini dilakukan oleh anak-anak, dengan cara memberi sulangan secangkir teh kepada orang tua seperti kepada, kakek, nenek, ibu, dan bapak. Makna dari tradisi ini sebagai simbol rasa hormat dan kemakmuran di tahun berikutnya. Jenis teh yang diminum dalam tradisi ini adalah teh melati dan teh oolong.

Demikian tradisi unik menyambut Imlek atau Tahun baru China. Dan tradisi unik turun temurun ini masih terus dilakukan hingga saat ini. Selamat merayakan Imlek.