Hai, Takaiters!

Bunga akan selalu menjadi kado spesial bagi seseorang. tampilannya yang cantik dan aromanya yang harum seringkali menjadi tanda kasih sayang. Mawar adalah salah satu bunga favorit untuk dijadikan kado.

Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya setiap tangkai bunga memiliki makna tersirat masing-masing?

Berikut ini adalah 5 makna bunga yang harus kamu ketahui, Takaiters!

1. Berbagai Filosofi Bunga Matahari

makna bunga matahari
Foto: twsflorist.co.id

Bunga matahari dengan warna kuning seringkali menjadi simbol keceriaan. Bunga matahari juga dianggap sebagai simbol kebahagiaan dalam budaya Cina, karena itulah seseorang yang memberikan bunga matahari sebagai hadiah diartikan sebagai pengharapan datangnya kebahagiaan.

Sedangkan dalam mitos Apollo dan Clytie pada zaman Yunani Kuno, bunga matahari dianggap sebagai simbol kesetiaan dan kekaguman.

Memberikan kado berupa bunga matahari juga akan bermakna sebagai tanda suatu persahabatan dan sebagai salah satu simbol do’a panjang umur untuk orang yang menerimanya.

2. Makna dari Bunga Lavender

Makna bunga lavender
Foto: tokopedia.com

Bunga yang identik dengan warna ungu ini memiliki arti yang sangat dalam yaitu melambangkan kesucian cinta dan pengabdian. Selain itu bunga ini akan cocok diberikan kepada seseorang yang sangat dikagumi, karena bunga ini juga melambangkan kenggunan.

Bunga satu ini juga melambangkan kekaguman dan keindahan. Namun sayangnya masih sedikit orang yang menyukai bunga lavender, kebanyakan orang hanya memanfaatkannya sebagai obat anti nyamuk. Padahal bunga cantik ini memiliki berbagai makna filosofi luar biasa yang cocok untuk dijadikan sebagai kado.

3. Bunga Anyelir dan Maknanya

Makna bunga anyelir pink
Foto: wonderland.com.sg

Carnation atau yang biasa disebut sebagai bunga anyelir merupakan salah satu bunga yang seringkali dijadikan hiasan pada acara-acara seperti pernikahan, kegiatan festival bahkan pemakaman. bunga anyelir juga memiliki berbagai makna berbeda disetiap warnanya.

Bagi seseorang yang sedang jatuh cinta dan berencana memberikan bunga anyelir sebagai kado untuk pasangan, maka anyelir putih akan sangat cocok. Karena anyelir putih melambangkan kesetian, cinta yang tulus dan perasaan cinta yang tengah menggebu-gebu.

Sebaliknya bila bunga anyelir putih akan cocok diberikan kepada pasangan, maka anyelir merah adalah tanda persahabatan sejati serta rasa kagum.

Sedangkan anyelir berwarna kuning memiliki simbol kasih kasang dari seorang ibu. Pada bunga anyelir warna kuning ini memiliki makna yang dalam atas kasih sayang abadi yang tak pernah lekang oleh waktu dari seorang wanita khususnya seorang ibu.

Pada anyelir ungu seringkali diibaratkan sebagai lambang kreativitas, warnanya yang cantik menjadi salah satu alasannya. Namun anyelir ungu juga sering dilambangkan sebagai ketidakteraturan.

Pada warna terakhir yaitu bunga anyelir warna kuning. Warna satu ini bisa dikatakan memiliki arti yang tidak akan cocok bila dijadikan sebagai kado. Karena pada warna kuning, bunga anyelir bermakna kekecewaan, penolakan dan kebencian pada seseorang. Jadi jangan jadikan bunga anyelir kuning sebagai kado untuk orang terkasih ya, Takaiters!

4. Bunga Krisan dan Filosofi Cantiknya

Foto: partmenttherapy.com

Bunga cantik dengan nama lain bunga Seruni ini merupakan salah satu tanaman hias yang banyak ditanam di pekarang-pekarangan, selain itu bunga ini juga salah satu bunga siap petik yang seringkali dijadikan pilihan menjadi kado untuk orang tersayang.

Bunga satu ini akan sangat cocok diberikan kepada seseorang sebagai tanda kejujuran dan kesetiaan untuk krisan putih. Sedangkan pada krisan berwarna ungu melambangkan semangat dan hidup sehat. Ada juga krisan kuning yang melambangkan optimisme, kegembiraan bahkan cinta yang tak berbalas.

Selain memiliki makna yang berbeda pada setiap warnanya, bunga krisan juga memiliki filosofi yang berbeda pada setiap tangkatnya.

Seseorang yang memberikan setangkan bunga krisan bisa mengartikan cinta dan kesetiaan antara pemberi dan penerima. Sedangkan pada 12 bunga krisan bermakna adanya penyatuan dua hari yang menjadi satu.

Sedangkan pada 13 bunga krisan bermakna bahwa kamu memiliki kekaguman pada sang penerima bunga. Yang terakhir adalah 24 bunga krisan yang bermakna bahwa penerima bunga selalu ada dalam pikiran kamu.

5. Bunga Mawar dan Arti Dibaliknya

Foto: freepik.com

Mawar adalah bunga favorit yang seringkali menjadi kado untuk seseorang. bentuk dan warnanya yang cantik adalah alasan bunga ini sangat populer. Misalnya saja pada mawar merah yang digunakan sebagai lambang perasaan cinta, kekaguman, kecantikan dan simbol kerinduan.

Bunga mawar putih juga memiliki makna indah di balik warnanya, yaitu sebagai simbol kepolosan dan ketulusan.

Makna bunga mawar pink bisa diartikan sebagai rasa suka pada seseorang. sedangkan untuk warna kuning bisa diartikan sebagai tanda persahabatan. Nah untuk seseorang yang berniat melamar kekasihnya, maka bunga mawar warna peach akan cocok dijadikan sebagai kado. Karena warna peach yang kalem ini memiliki makna kedekatan dan memiliki filososi untuk meminta seseorang berkomitmen denganmu.

Itulah tadi 5 makna bunga yang masing-masing memiliki filosofi dan artinya masing-masing. 5 dari sekian banyak bunga yang cantik dan ada di bumi memang akan selalu memiliki kesan tersendiri bagi penerimanya.

Jadi apakah kamu sudah menyiapkan bunga apa yang akan kamu berikan untuk orang terdekatmu, Takaiters?