Hai, Takaiters!

Siapa, sih, yang tak kenal Ibu Kita Kartini? Sejak di sekolah TK kita sudah diperkenalkan dengan sosok puteri Indonesia yang harum namanya ini. Wanita yang terkenal dengan bukunya yang bejudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Setiap tahun di sekolah-sekolah diadakan peringatan hari kartini. Biasanya kaum perempuan memakai kebaya atau memakai pakaian adat daerah nusantara.

Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada tanggal 21 April 1879. Beliau adalah purti bupati Jepara Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Sosok kartini dikerkenal sebagai pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita. Beliau adalah pelopor kebangkitan kaum wanita Indonesia. Ia memiliki pemikiran yang berani di tengah zaman yang tidak ramah terhadap kaum perempuan. Kartini mendirikan sekolah gratis untuk kaum perempuan dan diajarkan ketrampilan seperti memasak, menjahit, menyulam, dan sebagainya.

Tanpa perjuangan beliau kita tidak akan kenal sosok ibu Susi Pujiastuti sebagai menteri kelautan. Ibu Sr Mulyani Indarwati sebagai menteri keuangan, ibu Tri Risma Harini sebagai walikota Surabaya, dan Ibu Megawati Soekarno Putri sebagai presiden Republik Indonesia. Serta banyak tokoh perempuan lainnya yang menduduki jabatan tinggi di perusahaan dan berbagai bidang.

Lalu bagaimana memberi makna peringatan Hari Kartini di era millennial ini?

Bekerja Keras untuk Mencapai Cita-Cita

Foto: pexels.com

Setiap orang tentu mempunyai cita-cita yang ingin dicapai. Untuk mewujudkannya kadang tidaklah mudah. Namun dengan bekerja keras, penuh keyakinan, dan ulet niscaya kamu dapat menggapainya. R.A Kartini memberikan contoh bahwa beliau berjuang untuk mencapai cita-citanya yaitu mengangkat derajat perempuan Indonesia agar bisa setara dengan kaum pria. Kini mimpinya sudah terwujud dengan banyaknya wanita yang berprestasi dan menginspirasi.

Tunjukkan Bakat dan Prestasi

Foto: pexels.com

Setiap orang dilahirkan dengan bakatnya masing-masing. Bakat adalah salah satu anugerah Tuhan yang  perlu diasah agar menjadi terampil dan juga professional di bidang tertentu. Bakat yang kamu miliki dapat menghantarkan menuju kesuksesan bila kamu pandai mengambil peluang dan kesempatan. Ikut kontes menyanyi, lomba karya ilmiah, olimpiade sains, sepak bola atau mengembangkan hobi fotografi adalah salah satu cara mengasah bakat dan menunjukkan prestasi.

Brain, Beauty, Behaviour

Foto: pexels.com

Bukan hanya wanita yang ikut kontes kecantikan yang perlu memiliki brain, beauty, dan behaviour. Unsur-unsur ini perlu dimiliki oleh setiap wanita.

Brain artinya otak atau kecerdasan. Manusia adalah makluk paling sempurna di antara ciptaan-Nya. Kamu dibekali dengan akal dan pikiran untuk dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan bermanfaat bagi orang lain. Bergabunglah dengan komunitas positif yang sesuai bakat dan minatmu untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Belajar bersosialisasi dan berinteraksi.

Beauty artinya kecantikan. Cantik tidak hanya dilihat secara paras dan fisik saja. Umumnya cantik digambarkan dengan wajah menarik, tubuh langsing, rambut panjang, kulit putih, dan tinggi bak super model. Untuk menjadi cantik tidak perlu dengan make up mahal dan pakaian branded. Rambut yang tertata rapi, pakaian yang bersih dan sopan, gigi yang bersih terawat dapat menambah kecantikan alami kamu. Cantik yang sebenarnya adalah kecantikan yang terpancar dari dalam atau sering dikenal dengan inner beauty.

Behaviour artinya tingkah laku atau attitude. Pribadi yang sederhana, murah senyum, rendah hati dapat mencerminkan nilai diri yang positif. Tingkah laku yang baik dapat terlihat dari seseorang membawa diri di mana pun ia berada. Mampu mengendalikan emosi, berpikir jernih dan tenang, berbicara santun dan ramah.

Pantang Menyerah

Foto: pexels.com

Pantang menterah adalah sikap tidak mudah putus asa dalam melakukan sesuatu, optimis, mudah bangkit dalam keterpurukan. Apabila seseorang ingin menjatuhkanmu, maka berterima kasihlah, karena ini akan membuatmu bangkit untuk melompat lebih tinggi. Tunjukkan bahwa kamu tangguh dan berprestasi. Singkirkan semua rintangan dengan penuh keyakinan demi mencapai tujuan.

Nah, bagaimana menurut Takaiters sendiri dalam memaknai peringatan Hari Kartini sekarang ini? Selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia.