Loha, Takaiters!

Sudah siap untuk arus balik lebaran? Namun, segala rencana yang disusun rapi bisa kacau karena mabuk darat. Rasa yang campur aduk, antara mual dan pusing secara bersamaan. Sungguh saat tidak enak!

Sebelum itu terjadi, ada baiknya kita mempersiapkan diri agar terhindar dari mabuk darat. Yuk, ikuti tips berikut ini!

1. Sebelum Berangkat, Perhatikan Apa yang Kamu Konsumsi

Foto: forbes.uol.com.br

Wajib kamu tahu bahwa ada beberapa makanan atau minuman yang bisa memicu mabuk darat. Hindari susu dan segala produk olahannya, seperti krim atau keju. Hal ini bisa nyebabkan kembung, mual, dan rasa tidak nyaman pada perut selama perjalanan.

Daging-dagingan, gorengan, sampai alkohol juga sebaiknya kamu hindari. Begitu juga dengan makanan berat (yang bisa mengakibatkan terlalu kenyang), pedas, dan kaya lemak juga dapat memperburuk mabuk darat, ungkap Medicine Net. Don’t eat too much or it will ruin your trip!

2. Pilih Tempat Duduk yang Nyaman

Foto: Grid.id

Pemilihan tempat duduk yang tepat bisa mencegah kamu dari mabuk darat. Pilihlah tempat duduk yang relatif stabil atau yang bisa meminimalisir guncangan yang bisa menyebabkan perut mual. Jika mudik dengan mobil, kamu bisa memilih tempat di samping sopir atau di tengah karena guncangan lebih berefek pada bagian belakang.

Ketika menggunakan bus atau kereta api, pilihlah tempat di bagian depan dan menghadap depan, ke arah yang dilalui kereta atau di samping jendela.

3. Pandangan Fokus ke Depan

Foto: wheneverfamily.com

Orang bilang, kalau ingin menghindari mabuk darat jangan sering melihat ke samping. Faktanya, ketika melihat ke samping memang bisa membuat pusing karena bayangan di jendela berkelebat sangat cepat dan bisa mengacaukan otak.

Jadi untuk mencegah mabuk darat, usahakan melihat ke arah depan, jangan membungkuk untuk bermain gadget atau membaca. Memang akan terasa membosankan, tetapi hal ini bisa kamu atasi dengan mendengarkan musik sambil menutup mata atau tidur.

4. Membuka Jendela

Foto: Liputan6.com

Terkadang, ada beberapa orang yang resisten dengan AC dari mobil. Sehingga, paparan udara dari AC tersebut bisa membuatnya mual dan muntah. Nah, sirkulasi udara yang tidak lancar serta kondisi mobil yang pengap bisa juga berefek kepada perut yang tak nyaman. Solusinya, kita bisa membuka sedikit jendela mobil untuk mendapatkan udara segar, dilansir dari Medicine Net.

Jika menggunakan bus, bisa dengan cara menutup udara dari AC yang berada di atas kita. Hal ini bisa mengurangi rasa tidak nyaman, tetapi perlu kita ingat bahwa hal ini tidak bisa diterapkan di semua transportasi umum, seperti kereta api dan pesawat.

5. Gunakan Minyak Kayu Putih

Foto: idntimes.com

Minyak kayu putih juga berguna untuk menghalau mabuk darat. Minyak kayu putih merupakan salah satu essential oil yang bisa meredakan mabuk perjalanan, dikutip laman Electric Soul.

Caranya, sebelum melakukan perjalanan panjang oleskan minyak kayu putih dibeberapa titik. Seperti, di bagian perut atau leher. Hal ini bisa membuat tubuhmu jauh lebih hangat, rileks, dan nyaman, sehingga bisa terhindar dari mabuk darat selama perjalanan. Bukan hanya itu, menghirup aroma minyak kayu putih bisa membantu untuk relaksasi.

6. Minum Obat Pencegah Mabuk Darat

Foto: hellosehat.com

Cara paling banyak dipakai dan efektif adalah meminum obat anti mabuk darat. Seperti, antimo dengan kandungan dimenhydrinate yang bisa mencegah gejala mabuk darat, seperti mual, pusing, dan muntah. Antimo adalah jenis obat antihistamin yang bekerja dengan memblokir senyawa histamin, pemicu gejala motion sickness.

Bisa juga kamu memakai obat lain yang memiliki kandungan antidopaminergik, diazepam, scopolamine, ephedrine, dan lain sebagainya. Namun, perlu kamu ingat bahwa obat-obatan ini memiliki efek samping yaitu menimbulkan rasa kantuk setelah mengonsumsinya.

7. Hindari Orang yang Mual

Foto: travel.tribunnews.com

Sebenarnya terdengar jahat, tetapi pada kenyataannya kamu wajib menjaga jarak dengan orang yang sudah terkena mabuk darat. Hal ini karena mabuk darat bisa menular, bahkan hanya dengan melihat dan mencium aroma muntah. Misalnya, bisa membuat perut bergejolak hingga akhirnya memicu kamu untuk mual dan muntah, ungkap laman Cleveland Clinic.

Namun, saat kamu terpaksa dan tidak bisa menghindar usahakan melakukan upaya distraksi agar tidak tertular, dengan cara mengobrol, mendengarkan lagu, dan tidur.

Nah, inilah beberapa tips yang bisa kamu siapkan untuk menghindari mabuk darat selama mudik. Semoga bermanfaat dan hati-hati di perjalanan.