Hai, Takaiters!

Aplikasi sosial media instagram adalah salah satu aplikasi jejaring yang mengalami perubahan sangat besar. Aplikasi yang pada awalnya diperuntukan bagi para penggunanya berbagi foto dan video, kini berubah menjadi lahan subur dan potensial bagi para pebisnis online.

Para pebisnis online ini, mulai menyadari potensi yang dimiliki instagram sebagai media pemasaran baru pada tahun 2013, dan terus berkembang pesat hingga saat ini. Faktor besar yang menyebabkan orang-orang beralih menggunakan instagram ialah konsep postingan instagram yang lebih menarik dengan memfokuskan tampilan pada foto dibandingkan tulisan.

Tidak seperti aplikasi sosial media lainnya, di instagram pengguna diwajibkan mengunggah foto terlebih dahulu dengan ukuran yang sudah ditentukan, lalu setelah itu pengguna dapat menambahkan keterangan foto dibawahnya.

Tapi, tahukah kamu selain konsep yang unik yang dimiliki, instagram juga punya rahasia lain, lo, yang dapat dimanfaatkan pebisnis online dalam meningkatkan jumlah likes dan followers. Mau tahu apa aja triksnya? Yuk, cek tipsnya di bawah ini.

1. Kualitas Foto

Foto: id.simplecodec.co

Takaiters, sebagai aplikasi yang mengedepankan foto sebagai tampilan utama, tentu setiap foto produk yang diunggah harus memiliki kualitas foto yang bagus dan menarik. Fokuskan pada produk yang dijual, tidak terlalu banyak aksen disekitar foto, dan pastikan foto tidak blur dan pencahayaan yang benar.

Contohnya, seorang penjual hijab ingin memfoto produknya menggunakan seorang model. Maka, tidak perlu memfoto seluruh badan si model tapi fokus pada hijabnya saja, foto kira-kira sebatas pundaknya. Gunakan background putih agar foto terlihat lebih menonjol dan cek kembali foto yang sudah diambil. Sudah cukupkah pencahaannya atau blurkah fotonya?

2. Gunakan Keterangan (Caption) yang Menarik

Foto: alona.co.id

Caption yang menarik tidak harus menggunakan kalimat yang panjang lebar. Cukup tuliskan kalimat promosi di akhir keterangan dan cantumkan keterangan produk dengan lengkap dan jelas.

Contohnya, nama produk, bahan produk, ukuran (jika hijab, cantumkan ukuran panjang dan lebarnya), warna produk (cantumkan juga jika ada warna lain). Lalu buat jeda beberapa baris antara keterangan dan kalimat promosi.

Gunakan kaliamat promosi yang pendek tapi menarik, misalnya, “Stok Terbatas Nih Guys, Yuk, Buruan Order Sebelum Keabisan”. Lalu tutup keterangan dengan kontak yang dapat dihubungi jika pembeli ingin memesan produk tersebut.

3. Tanda Tagar/Hashtag

Foto: businesscomunity.com

Pernahkan kamu bertanya, kenapa dalam sebuah unggahan di instagram terdapat banyak tanda tagar (#)? Tanda tagar atau sering disebut hashtag, adalah sebuah tanda yang digunakan untuk mengelompokan sebuah unggahan. Pengelompokan ini bertujuan untuk memudahkan pengguna lain menemukan atau melihat unggahan kamu meskipun tidak terhubung sebagai teman.

Gunakan hashtag yang sesuai dengan produk jualan kamu. Contohnya, seorang penjual hijab maka gunakan hashtag seperti #hijab #hijabvoal #hijabsquare #hijabterbaru #hijabmurah dan seterusnya. Bisa juga menggunakan hashtag yang sedang trend, misalnya, #tahunbaru2019 #ootd2019

Hal ini sangat bermanfaat bagi penjual online, karena ketika seorang customer yang memerlukan suatu barang namun tidak tahu online shop mana yang harus dituju, mereka akan menggunakan hashtag sebagai langkah pencariannya.

4. Jam Keramat

Foto: pexels.com

Jangan takut, ya, sama judulnya, ini tidak ada hubungannya dengan dunia lain-lain.
Sebagai generasi milenial, kebiasaan masyarakat kita saat ini ada sedikit perubahan. Di mana, mengecek handphone menjadi hal wajib dilakukan sebelum beraktivitas.

Waktu-waktu luang seperti jam sarapan, makan siang, ataupun istirahat malam menjadi waktu paling banyak digunakan untuk melakukan hal tersebut. Hal ini dapat di manfaatkan oleh para pebisnis online seperti kamu untuk merebut perhatian para pengguna instagram dengan mengunggah foto produk-produk yang kamu jual.

Semakin banyak pengguna yang melihat unggahan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan calon pembeli. Paling tidak, jika mereka tidak langsung membeli produk, tapi mereka meninggalkan tanda suka (❤) atau mengikuti akun instagram kamu, itu sudah bisa menambah peluang untuk semakin banyak dilihat pengguna lainnya. Karena, dengan mengikuti dan memberikan tanda suka (❤) secara tidak langsung hal tersebut dapat menaikan kepopuleran produk kamu di feed pencarian instagram.

Untuk hasil maksimal, gunakan tips ke-empat ini di hari kerja yaitu hari senin sampai sabtu, ya, Takaiters.

Nah, mudah bukan tipsnya?. Yuk, segera praktekkan ke-empat tips ini dan rasakan manfaat besarnya.