Halo, Takaiters!

Dunia makin hectic, ya, dengan kebisingan dan gaya hidup yang makin jauh dari kata sehat. Percaya enggak percaya, Guys, kita berjibaku di dalamnya setiap hari.

Polusi, fast food, dan stres adalah pemicu utama penyakit kronis penyebab usia kian pendek. Dan ketika penyakit kronis sudah menghampiri, pengeluaran pun membengkak.

Nah, berikut ini ada 5 resep sehat yang wajib kamu tahu untuk membantu memperpanjang usia walaupun penentu umur tetaplah Sang Khalik.

1. Makan Makanan yang Sehat

Foto: pexels.com

Ternyata apa yang kamu makan adalah penentu sehat tidaknya kamu, lo, Guys! Yup, makanan sehat akan mempunyai prosentase lebih besar untuk membuat kamu terhindar dari penyakit-penyakit kronis, dibandingkan dengan makanan cepat saji ala restoran-restoran metropolis.

Back to nature is way better than being super metropolis feeding style. Nah, beralihlah ke makanan sehat mulai sekarang, ya, Guys. Sehat itu mahal, tapi sangat menyenangkan. Setuju tidak?

2. Olahraga yang Cukup

Foto: pexels.com

Olahraga rutin dalam waktu dan porsi yang cukup sesuai usia kita saat ini, itulah yang menyehatkan. Jangan berolahraga high impact di malam hari jika usia kamu menjelang dan di atas 40 tahun, Guys. Itu sama saja dengan menyiksa badan, karena di malam hari, tubuh sesuai kodratnya adalah istirahat. Apalagi di usia di atas 40 tahun, ya, usia yang segala fungsi organ tubuh akan mulai mengalami sedikit kelelahan.

Berolahraga yang paling sehat adalah di pagi hari. Jalan cepat sangat bagus dilakukan selepas Subuh, sembari menghirup udara segar menyehatkan. Easy ‘kan, Guys?

3. Tidur yang Cukup

Foto: pexels.com

Tidur bukan hanya sekedar memejamkan mata, ya, Guys. Capailah tahapan ketiga dalam tidur. Pada tahap ini disebut juga tahap tidur nyenyak, di mana otak kita melepaskan gelombang delta. Efeknya, kamu menjadi kurang responsif terhadap suara-suara maupun aktivitas di sekitar.

Ingat, Guys, selama kamu berada dalam tahap tidur nyenyak, proses perbaikan dan pertumbuhan jaringan pun terjadi. Tubuh juga membangun kekuatan tulang dan otot, meningkatkan dan melancarkan jumlah pasokan darah ke otot. Dan yang paling penting, dalam tahap tidur ini, sistem imun kamu juga mengalami perbaikan. Tidur yang cukup di usia anak-anak akan sangat berguna untuk tumbuh kembangnya. Demikian sama pentingnya untuk orang dewasa.

4. Stres Management yang Baik

Foto: pixabay.com

Tidak bisa dihindari, pekerjaan di kantor, kemacetan di jalan, kepelikan dalam mengurus anak di rumah, menjadi kontributor utama pemicu stres. Logika di sini menjadi wajib berperan penting, Guys. Kamu harus pandai mengatur emosi dan prioritas. Dengan menetapkan prioritas yang tepat, stres bisa diminimalisir dan akhirnya emosi juga tidak terkuras habis. Emosi yang tidak menentu akan mempengaruhi mood kamu sepanjang hari. Setuju, Guys?

5. Menjauhi Rokok

5 Resep Sehat untuk Memperpanjang Usiamu,
Foto: pexels.com

Anggapan bagi sebagian orang merokok itu keren. Tidak merokok, tidak jantan. Well, ini penebar gengsi yang salah, ya, Guys. Kalau mau menggunakan logika, jelas bahwa kandungan nikotin dalam rokok bisa berpengaruh buruk bagi organ tubuh, mulai dari kanal telinga hingga ke sistem peredaran darah. Akibatnya, tekanan darah dan detak jantung pun meningkat.

Sebaliknya, ketika kamu berhenti merokok, efeknya langsung bisa terlihat bahkan di 20 menit pertama sejak berhenti. Detak jantung akan melambat dan menjadi stabil ke tingkat normal. Yang lebih keren, Guys, setelah 24 jam dari rokok terakhir yang dihisap, risiko terkena serangan jantung pun menurun secara bertahap. Pilih mana, tentunya pilih sehat tanpa rokok ‘kan, Guys?

Itulah 5 resep sehat untuk bisa memperpanjang usia. Bagaimana, worth it ‘kan untuk dicoba, Guys?