Halo, Takaiters!

Bosan dengan olahraga di dalam ruangan? Ingin mencoba olahraga di luar ruangan? Atau Takaiters mau mencoba olahraga bersepeda?

Bersepeda sudah menjadi kegiatan rutin bagi banyak kelompok masyarakat sekarang ini. Mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, bahkan para remaja, sudah rajin bersepeda bersama komunitas masing-masing.

Memang, saat ini olahraga sudah menjadi kebutuhan agar tubuh tetap sehat dan imun terjaga. Yang dulu malas berolahraga pun sekarang mulai rajin, demi menjaga kesehatan.

Banyak olahraga yang bisa dilakukan baik di dalam maupun di luar ruangan. Bila ingin olahraga di luar ruangan yang bisa dilakukan sendiri maupun bersama teman-teman, salah satu pilihannya adalah bersepeda.

Bila ingin mencoba olahraga bersepeda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, Takaiters. Hal ini untuk menjaga agar kegiatan bersepeda tetap aman dan menyehatkan, serta tidak menggangu pengguna jalan yang lain.

Apa sajakah hal-hal yang perlu diperhatikan itu? Yuk, kita simak bersama, Takaiters!

1. Pilih Sepeda yang Tepat

Mencoba Olahraga bersepeda di gunung
Foto : sportsjabar.com

Ada beberapa jenis sepeda yang bisa kita pilih. Pastikan sepeda yang kita pilih sesuai, misalnya dengan tinggi badan kita. Hal ini akan menjaga tubuh dari kemungkinan cedera karena ketidaksesuaian antara tinggi badan dengan tinggi sepeda.

Pastikan juga harga sepeda sesuai dengan budget kita, ya, Takaiters. Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli sepeda yang mahal, yang penting adalah kegunaannya, bukan harganya.

2. Siapkan Perlengkapan Bersepeda

Mencoba Olahraga bersepeda yang aman
Foto : bajujersey.info

Bukan hanya bermodal sepeda, kita juga perlu memperhatikan perlengkapan untuk keamanan diri saat bersepeda, Takaiters. Misalnya sepatu yang sesuai, decker, dan helm. Perlu diingat juga untuk mengenakan kacamata agar mata terlindungi dari debu, juga sarung tangan agar tidak licin saat memegang stang sepeda.

Jangan lupa untuk membawa air minum, agar bila merasa haus bisa segera minum untuk menghindari dehidrasi, tanpa harus repot mencari kedai minuman.

3. Jaga Kondisi Tubuh

Mencoba Olahraga bersepeda di alam bebas
Foto : pixabay.com

Sebelum mulai bersepeda, pastikan tubuh dalam kondisi fit. Jangan begadang, cukupi kebutuhan gizi dan istirahat yang berkualitas agar kondisi tubuh terjaga.

Jangan sampai tiba waktunya bersepeda malah badan kita kurang fit.

4. Terapkan Safety Riding

aturan dalam Mencoba Olahraga bersepeda
Foto : pixabay.com

Bila bersepeda di jalan raya, pastikan untuk berada di jalur pesepeda agar tidak menggangu pengguna jalan yang lain. Patuhi juga rambu-rambu lalulintas agar tidak menimbulkan kekacauan. Bila bersepeda bersama rombongan, pastikan untuk tidak memenuhi jalan.

5. Istirahat Saat Lelah

Foto : pixabay.com

Jangan terlalu memforsir diri, istirahatlah bila badan terasa lelah. Minum air putih untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan mencegah dehidrasi.

6. Amankan Barang Berharga

Foto : my-best.id

Meskipun sedang bersepeda, Takaiters tentu tetap membawa ponsel, bukan? Pastikan untuk menyimpan ponsel di tempat penyimpanan yang aman, misalnya tas pinggang. Jangan meletakkan ponsel di stang sepeda agar tidak mengundang kejahatan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan bila akan bersepeda, Takaiters. Semoga bermanfaat, ya. Salam sehat selalu.