Hai, Takaiters!

Suasana liburan sudah terasa, sebagian besar anak-anak sekolah sudah terima raport. Anak kuliahan juga sudah selesai ujian semesteran. Yang bekerja juga bisa mengambil cuti. Namun, terkadang di akhir tahun begini justru agak sulit untuk mengambil cuti. Sebagian besar kantor atau perusahaan sedang persiapan tutup buku atau fokus dengan target penerimaan.

Selain itu, saat libur panjang begini jalanan juga macet, tempat wisata penuh, dan membutuhkan biaya yang enggak sedikit karena saat musim liburan biasanya harga-harga juga naik. Nanti alih-alih mau refreshing, kamu malah jadi pusing gara-gara terjebak macet atau dompet jadi cekak.

Terus libur panjang begini enaknya ngapain, dong? Masa iya dilewatkan begitu saja? Kasian ‘kan anak-anak yang libur panjang kalau di rumah terus enggak ngapa-ngapain?

Takaiters, kenapa enggak mencoba staycation aja? Apa itu staycation? Staycation berasal dari kata stay yang artinya tinggal atau menetap dan kata vacation yang artinya liburan. Dulu, staycation berarti berdiam diri di suatu tempat pada waktu liburan dan melakukan sesuatu yang di luar rutinitas. Istilah staycation sendiri sebenarnya mulai populer saat krisis keuangan di Amerika sekitar tahun 2007—2010. Hal itu membuat orang-orang mencari cara untuk bersenang-senang saat liburan tanpa harus keluar banyak uang.

Sekarang pengertian staycation pun berkembang, enggak hanya berdiam diri di suatu tempat saja, tetapi bisa juga diartikan liburan tanpa melakukan perjalanan yang jauh atau bisa juga menginap di hotel.

Sepertinya liburan ala anak milenial ini bisa dicoba, ya, Guys? Selain menghemat waktu juga minim budget. Berikut 9 kegiatan staycation yang bisa kamu lakukan :

1. Menonton Film di Rumah

Foto: omorfijoi.gr

Menonton film di rumah bisa menjadi alternatif untuk staycation, lo. Siapkan film-film yang ingin kamu tonton atau bisa di tonton bareng keluarga. Lebih murah dan enggak perlu pergi kemana-mana kan?

2. Wisata Kuliner

Foto: jejakpiknik.com

Wisata kuliner juga bisa dijadikan pilihan untuk staycation. Cobalah makan di kafe atau restoran yang belum pernah kamu kunjungi agar kamu mendapatkan suasana baru.

3. Berenang

Foto: bantentribun.id

Mengajak anak-anak ke waterboom atau kolam renang di kotamu bisa banget tuh buat refreshing. Selain sehat juga lebih hemat daripada jalan-jalan ke luar kota.

4. Jalan-Jalan ke Taman Kota

Foto: hlowbos.blogspot.com

Alternatif lain adalah dengan berjalan-jalan ke taman kota. Bisa jadi masih ada taman-taman kota yang selama ini enggak terpikir untuk dikunjungi. Enggak ada salahnya kan kalau didatangi?

5. Membaca Buku

Foto: pexels.com

Mungkin masih banyak buku atau novel yang sudah kamu beli, tetapi belum sempat kamu baca. Nah, saat liburan ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk membacanya. Bisa juga dengan mengunjungi perpustakaan atau toko buku.

6. Mengunjungi Museum Kota

Foto: grid.id

Bisa jadi selama ini kamu enggak tertarik untuk mengunjungi museum kota. Nah, saat liburan ini coba kamu sempatkan untuk ke museum. Kamu jadi bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

7. Nonton Film di Bioskop

Foto: kompas.com

Nah, nonton film di bioskop juga asyik banget buat mengisi waktu liburan. Jika kamu sudah berkeluarga, pilihlah film yang bisa ditonton sekeluarga. Semua senang, semua refresh.

8. Menginap di Hotel

Foto: unsplash.com

Seiring berjalannya waktu, konsep staycation berubah menjadi menghabiskan waktu dan menginap di hotel. Bagi milenial, staycation di hotel adalah agar bisa menikmati kasur yang empuk dan fasilitas hotel. Biasanya hotel yang dipilih adalah hotel berbintang 4 atau 5 dengan fasilitas yang lengkap, seperti : ada kolam renangnya, tempat untuk spa, tempat untuk nge gym, menyantap menu makanan hotel yang enak, dan bermain di taman bermainnya.

Agak bergeser dengan tujuan staycation pada awalnya, ya, Guys? Padahal kan tujuan semula adalah untuk berhemat? Tetapi mungkin enggak ada salahnya untuk dicoba. Tinggal disesuaikan aja dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

9. Menyewa Villa

Foto: grid.id

Nah, alternatif yang ini mungkin bisa lebih ramah di kantong. Sebaiknya, sih, kamu mengajak keluarga atau teman-teman agar harga sewanya lebih murah. Kamu bisa menyusun kegiatan atau permainan agar liburan menjadi seru.

Nah, Takaiters, sudah punya gambaran untuk mengisi waktu liburan? Semoga alternatif tadi bisa menjadi referensi, ya. Selamat liburan!