Loha, Takaiters!

Beredar di dunia maya menu diet yang diklaim dari member girl band AOA, Seol-hyun hyun. Disebutkan bahwa ia hanya mengonsumsi telur rebus, ubi jalar, dan dada ayam sebagai menu dietnya. Namun, penyanyi bernama lengkap Kim Seol-hyun membantah keras. Ia menyatakan bahwa semua menu diet yang tersebar di internet adalah hoax. Lalu, seperti apa yang disebut diet Korea atau diet K-Pop? Diet ini sering dipromosikan sebagai cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan tentu agar terlihat seperti artis K-Pop.

Tidak sampai di situ, diet Korea disebut-sebut bisa membuat kulit lebih sehat dan meningkatkan kesehatan dalam jangka panjang bagi yang menjalaninya. Diet ini terinspirasi dari makanan tradisional Korea. Makanan yang dikonsumsi juga dibatasi, makanan apa pun yang mengandung lemak dan gula tinggi tidak diperbolehkan. Tanpa menghilangkan menu favorit kamu, diet ini sangat menjanjikan untuk menurunkan berat badan. Caranya, dengan memodifikasi menu makan dan membiasakan diri berolahraga.

Diet Korea ini tidak hanya fokus pada makanan, sebab ada olahraga yang lebih spesifik dan dianjurkan untuk pengikutnya, seperti olahraga artis K-Pop. Diet ini dijalani dengan mengonsumsi makanan tradisional Korea, seperti bulgogi (daging sapi panggang), mando guk (sup daging sapi), galbi tang (sup iga sapi), dan spring rolls (lumpia) dengan isi sayuran yang tidak digoreng. Orang yang menjalani diet Korea ini juga boleh mengonsumsi makanan olahan hanya saja dengan jumlah sedikit. Makanan yang diperbolehkan dalam diet Korea, antara lain sayuran, nasi, daging, ikan, dan makanan laut lainnya, serta kimchi (sawi putih yang difermentasi).

Eits, bukan itu saja. Untuk sukses menjalani diet Korea, kamu harus ikuti beberapa peraturan. Mau tahu apa saja itu? Yuk, kita kupas.

1. Kurangi Kalori

Foto: food.detik.com

Tidak ada jumlah pasti dari kalori yang harus dikurangi dalam menjalankan diet Korea. Justru, diet ini mengharuskan kamu tergantung pada resep-resep tradisional Korea, seperti sayuran dan sup untuk memotong kalori tanpa harus merasakan lapar yang berlebihan.

2. Olahraga

Foto: koreaherald.com

Olahraga secara rutin menjadi acuan yang wajib dipatuhi dalam diet Korea. Tanpa olahraga yang benar, diet ini tidak ada artinya.

3. Kurangi Lemak

Foto: health.detik.com

Diet Korea juga merekomendasikan kamu untuk rendah lemak dengan cara mengurangi makanan berminyak, makanan berbumbu, dan menghindari saus.

4. Kurangi Gula Tambahan

Foto: wowkeren.com

Pantangan yang paling wajib diikuti adalah tidak meminum soda. Kamu harus mengganti soda dengan air putih, kue kering, es krim, dan campuran buah segar.

5. Meninggalkan Kebiasaan Nyamil

Foto: doktersehat.com

Sebenarnya, nyamil atau makan makanan kecil dianggap tidak penting dalam diet Korea. Akan tetapi jika kamu menghindarinya merupakan nilai plus agar mendapatkan body goals.

Diet Korea ini dianggap fleksibel karena kamu bisa memilih makanan Korea apa pun yang menjadi favorit. Namun, perlu diingat, pilihlah makanan yang tidak menjadi pantangannya.