Halo, Takaiters.

Melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pemerintah resmi mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Rencananya pendaftaran akan dimulai pada 11 November 2019, mendatang. Mohammad Ridwan, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara, menyatakan, bahwa tes CPNS akan berbasis computer assisted test atau CAT.

Aplikasi CAT digunakan sejak 2017 dan sudah memiliki banyak perubahan baik dalam fitur maupun tingkat keamanan. Secara umum, aplikasi CAT terdiri atas daftar soal, pilihan jawaban, navigasi nomor soal, dan indikator waktu. Untuk soal ada di posisi sebelah kanan layar sementara navigasi nomor soal ada di sebelah kiri layar. Bagi calon PNS wajib menghindari kesalahan saat menggunakan CAT. Apa saja kesalahan itu? Yuk, simak ulasannya.

1. Lupa Menyimpan Pilihan Jawaban

Foto: Tribunnews.com

Mengetuk pilihan jawaban, tetapi lupa menyimpannya. Hal ini wajib dihindari karena walaupun jawaban yang kita pilih benar, tetapi tidak akan terekam oleh sistem. Dampaknya, kita akan rugi dengan perolehan skor yang tidak maksimal dan sesuai target. Jadi baiknya, pastikan setelah menggerakkan kursor dan memilih jawaban yang dianggap benar, jangan lupa menekan tombol “simpan dan lanjutkan.”

2. Tidak Mengecek Ulang Jawaban

Foto: tribunnews.com

Kesalahan lain yang tidak boleh dilakukan adalah langsung menyelesaikan soal tanpa mengecek ulang. Ini sering sekali dilakukan karena banyak peserta yang menganggap tes tersebut tidak bisa dikembalikan setelah memilih jawaban. Padahal, jika ragu dan ingin mengubah jawabannya, cukup ketuk nomor soal yang ingin diubah di bagian menu navigasi nomor soal. Setelah itu, ketuk jawaban baru yang dianggap sebagai pengganti jawaban yang lama.

Jawaban yang baru secara otomatis akan menggantikan jawaban yang lama, tetapi dengan catatan sudah mengetuk “simpan dan lanjutkan”. Sebab walaupun pilihan sudah diganti, tetapi tidak mengetuk “simpan dan lanjutkan”, perubahan tidak akan tersimpan oleh sistem.

3. Perhatikan Waktu

Foto: detik.com

Dalam mengerjakan soal, kita wajib memperhatikan waktu. Seperti di ujian sebelumnya, durasi yang diberikan sekitar 90 menit. Pastikan kita tidak mengerjakan soal dengan terburu-buru. Namun, tetap harus memperhatikan waktu karena realitanya banyak peserta yang terlalu fokus dengan pertanyaan sehingga waktu yang digunakan terlalu lama dan hasilnya aplikasi tertutup secara otomatis. Hal ini terjadi karena waktu pengerjaan tes telah habis. Jadi pastikan untuk selalu bijak menggunakan waktu.

Nah, Guys inilah beberapa hal yang perlu kita hindari saat test CPNS 2019 dengan aplikasi CAT. Semoga bermanfaat.