Hai, Takaiters!

Telaga Sarangan terletak di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Indonesia. Telaga indah  ini berada di lereng Gunung Lawu.  Pemandangan indah dan udaranya yang sejuk sangat menarik wisatawan untuk berkunjung. Banyak instansi pemerintah maupun swasta sering mengadakan acara di sana. Dari Telaga Sarangan, lereng  Gunung Lawu terlihat jelas di depan mata.  Pepohonan yang mengelilingi telaga menambah indah suasana.  Kamu pasti betah berlama-lama di sana.

Agar liburan kamu ke Telaga Sarangan lancar dan menyenangkan, ada 6 hal yang harus kamu ketahui, ya, Guys!

1. Menyiapkan Jaket dan Jas Hujan

Foto: pexels.com

Karena letaknya di lereng Gunung Lawu,  cuaca di Telaga Sarangan tidak menentu, kadang sejuk, kadang dingin sekali, kadang hujan diiringi angin.  Untuk itu kamu  perlu menyiapkan jaket dan jas hujan. Jangan khawatir, banyak tempat berteduh di sekeliling telaga.

2. Transportasi Menuju Telaga Sarangan

Foto: mobilkomersial.com

Transportasi menuju Telaga Sarangan sangat mudah, kalau dari Kota Surabaya.  Apabila ditempuh dari Surabaya akan menempuh waktu lima jam perjalanan darat, seperti menggunakan bis, mobil, dan sepeda motor. Selain dapat menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa naik kendaraan umum.

Rutenya, dengan menggunakan bis jurusan Madiun, berangkat dari Terminal Bungurasih, Surabaya. Sampai di terminal bis Madiun, lanjutkan perjalanan dengan bis tujuan Magetan, lalu menuju Telaga Sarangan menggunakan angkutan atau menyewa mobil. Sepanjang perjalanan menuju Telaga Sarangan pemandangannya sangat indah, Guys. Sawah yang ditanami stroberi, kubis, wortel, daun bawang, dan sayuran-sayuran lainnya terhampar indah di kanan kiri jalan.

3. Fasilitas Hotel dan Losmen di Sekitar Telaga Sarangan

Foto: tripjalan-jalan.com

Bagi kamu yang ingin berlibur beberapa hari di sana, banyak hotel dan losmen dengan tarif terjangkau. Di sekitar Telaga Sarangan, terdapat beberapa hotel menawarkan pemandangan indah yang dapat dinikmati dari beberapa kamarnya.  Sarapan nasi pecel dan minum teh panas di pinggir telaga terasa nikmat sekali.   Saat malam hari, kamu bisa menikmati indahnya bintang dan bulan sambil bermain gitar.

Untuk hari libur seperti Natal, tahun baru, dan Idulfitri pengunjung harus memesan kamar jauh hari sebelumnya. Tarif liburan dan hari biasa sangat berbeda. Untuk musim tertentu tarif kamar bisa melonjak 100%, seperti liburan sekolah, long weekend, atau lainnya.  Beberapa hotel yang dekat dengan telaga antara lain Hotel Merah, Hotel Sylverwin, Hotel Indah, Hotel Kintamani, dan Hotel Sarangan.

4. Kegiatan di Telaga Sarangan

Foto: lifestyle.okezone.com

Wisatawan yang ingin berkeliling telaga bisa menyewa perahu boat, berkuda, naik motor ataupun berjalan kaki. Paling enak mengitari telaga dengan berjalan kaki sambil mengobrol dan berolahraga. Bagi yang belum pernah berkuda, kamu bisa mencobanya di sini. Jangan takut, pemilik kuda akan mengikutimu.

Di sini tersedia juga beberapa kuliner yang dapat menghangatkan badan, seperti menikmati jagung bakar, wedang ronde, bakso, dan sate kelinci yang banyak dijual di sekeliling telaga. Tak heran banyak wisatawan yang berlama-lama menghabiskan waktu di sana. Enak buat mengobrol dan melepas lelah.

5. Surganya Penggemar Tanaman Hias

Foto: tirto.id

Bagi penggemar tanaman hias, di Telaga Sarangan tersedia berbagai macam bibit tanaman hias dan buah di pinggir telaga. Harganya pun sangat murah, rata-rata Rp5000,00 per bibit. Ada kuping gajah, dahlia, jambu merah, dan mawar aneka warna. Ada enam warna bibit mawar indah yang ditawarkan di antaranya mawar candy dengan warna merah semburat pink dan kuning semburat oranye. Setiap pembelian 10 buah bibit, akan mendapatkan  harga Rp4000,00 per bibitnya. Selain itu, dijual pula bibit cemara dan  kaktus, sedangkan harga bibit anggrek sebesar Rp12.500,00 per bibit. Murah sekali, bukan?

6. Oleh-Oleh Khas Magetan

Foto: beritatrends.com

Kamu yang ingin membeli oleh-oleh khas Magetan, di seputar telaga banyak dijual aneka macam buah tangan berupa kaos, selendang, tas, sandal, dan sebagainya. Buah-buahan dan sayuran yang ditanam  penduduk sekitar pun banyak dijual di sini. Jangan lupa membeli makanan khas Magetan yaitu, lempeng, jrangking, walangan, dan sambal kacang.

Meskipun letaknya terpencil di kota kecil Magetan, indahnya alam Telaga Sarangan bisa menjadi alternatif  Takaiters untuk berlibur. Guys, ajak keluarga dan teman-temanmu ke sana.  Jangan lupa beli oleh-oleh yang banyak, ya.