Hai, Takaiters!

Liburan segera tiba. Sudahkan kamu merencanakan liburan akhir tahun ini? Jika belum, tidak ada salahnya kamu mencoba mengunjungi Gedong Songo. Dijamin kamu bakal betah dan tidak mau pulang.

Gedong Songo terletak di kecamatan Bandungan kabupaten Semarang. Kalau ditempuh dari kota Semarang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dalam kondisi lalu lintas normal. Tempat ini berada di kaki Gunung Ungaran, jadi tidak heran jika udaranya begitu sejuk dan seringkali berkabut. Akses jalan menuju tempat ini juga lumayan bagus meskipun tidak lebar, ciri khas daerah pegunungan. Maka tidak mengherankan jika wisatawan yang datang juga semakin banyak dari tahun ke tahun.

Kalau kamu berniat liburan ke tempat ini, usahakan tiba di sini pagi hari, ya. Selain badan masih fresh, kamu bisa berkeliling tempat wisata di sini yang banyak banget. Namun, sebelumnya, jangan lupa siapkan stamina yang oke, ya, biar badan kuat untuk berkeliling.

1. Candi Gedong Songo

Foto: wego.co.id

Candi Gedong Songo merupakan tempat wisata yang pertama ada dibanding tempat wisata lainnya di daerah ini. Tiket masuk Candi Gedong Songo untuk wisatawan domestik sebesar Rp10.000,00 dan wisatawan asing sebesar Rp75.000,00 per orang. Jadi lumayan terjangkau, kan? Sesuai namanya, Candi Gedong Songo mempunyai 9 bangunan candi, tetapi bangunan yang masih utuh dan terawat hingga saat ini hanya 5 candi saja. Dari 5 candi semua terletak di puncak bukit yang berbeda-beda. Di mana jarak antara bukit satu dengan bukit lainnya tidak dekat.

Bila ingin berkeliling candi dengan berjalan kaki, kamu harus melewati jalur yang khusus dibuat untuk pejalan kaki. Kamu bakalan menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan. Jika di tengah jalan kamu merasakan haus dan lapar atau ingin beristirahat sejenak, jangan khawatir, ada banyak warung di sepanjang perjalanan.

Guys, kalau kamu ingin berkeliling semua candi tetapi tidak mau berjalan kaki, kamu bisa menggunakan kuda wisata. Untuk satu kuda diisi satu penumpang dengan harga tiket Rp150.000,00 dan waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Di atas kuda kamu bisa sambil menikmati pemandangan sekitarnya. Jalur kuda dibuat berbeda dengan jalur pejalan kaki.

2. Vanaprastha Gedong Songo Park

Foto: katalogwisata.com

Vanaprastha berada di dalam area Candi Gedong Songo, antara Candi Gedong 1 dan 2. Tempat ini dikelola juga oleh Perhutani dengan tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang. Ada banyak spot berfoto disediakan di area taman.

Selain bisa digunakan untuk prewedding, tempat ini juga menyediakan tempat berkemah dan beberapa villa. Jadi, kamu bisa menikmati suasana malam yang berbeda di tempat ini. Tentu saja akan ada biaya tambahan jika kamu berencana menginap di sini.

3. Ayanaz

Foto: zoopps.com

Ayanaz berada di sisi kiri setelah pintu masuk candi. Ayanaz dibangun di lereng bukit dan merupakan destinasi wisata baru di daerah Gedong Songo. Tiket masuk tempat ini juga sebesar Rp10.000,00 per orang.

Sejauh mata memandang, kamu akan melihat deretan gunung dan pemandangan kebun serta pemukiman penduduk dari kejauhan. Di tempat ini terdapat banyak spot foto instagramable yang sayang banget kalau dilewatkan. Ada juga balon udara yang pastinya akan melengkapi keindahan tempat ini.

4. Celosia

Foto: travelpromo.com

Celosia terletak di sebelah kiri jalan sebelum menuju Candi Gedong Songo. Tempat ini juga merupakan destinasi wisata baru. Untuk tiket masuk, sama seperti yang lainnya.
Ada empat tema di dalamnya, yaitu taman bunga, taman air, bangunan-bangunan bergaya Eropa dan Korea (Little Korea).

Semuanya mempunyai spot foto yang sangat instagramable. Di area Little Korea, selain photo booth pengunjung juga bisa menyewa handbook. Pokoknya segala hal yang berbau Korea ada di sini. Jadi, untuk kamu yang penggemar k-pop, area ini sangat cocok banget untuk dikunjungi.

Sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata lagi di Gedong Songo, yaitu Sunrise Hill dan King Garden Bandungan. Kedua tempat ini juga tidak kalah menarik dibanding empat tempat wisata di atas. So, bagaimana Guys, masih mikir-mikir lagi untuk datang ke sini?