Hai Takaiters!

Pasti jika ditanya pelajaran apa yang paling susah dan banyak kalian hindari, pasti Takaiters serempak akan menjawab ”Matematika” bukan?

Ada banyak faktor mengapa matematika sangat tidak disukai oleh banyak kalangan. Salah satunya adalah mata pelajaran matematika mengharuskan kita untuk menghafal berbagai rumus untuk dapat menjawab sebuah soal.

Sudah diharuskan untuk menghitung, masih ditambah dengan menghafal berbagai rumus lagi. Pasti hal itu akan membuat kita semakin malas untuk belajar matematika bukan?

Hal tersebut dapat terjadi karena sejak awal, banyak yang menganggap bahwa matematika pasti akan sulit dipelajari dan hanya berisi angka-angka yang sangat membosankan.

Tapi tahukah Takaiters, dibalik sulit dan membosankanya tersebut, terselip banyak keuntungan yang akan kita dapat apabila mempelajarinya. Seperti kita akan terbiasa menggunakan data yang disajikan dalam bentuk angka, terbiasa berpikir kritis dan logis, serta dapat menemukan pola rumit sebuah masalah.

Selain itu juga, dengan mempelajari matematika, sedikit banyaknya akan membantu melatih logika dan nalar sahabat Takaiters lho. Hal tersebut dapat terjadi karena otak akan terbiasa dengan segala persoalan yang membutuhkan pemecahan dengan jalan keluar yang tepat dan cepat.

Nah, untuk lebih jelasnya, simaklah 5 tips ampuh belajar Matematika agar lebih mudah dalam mempelajari sekaligus dapat merengkuh manfaat dari mempelajarinya.

1. Banyak berlatih

cara ampuh belajar matematika
Foto: wajibbaca.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa matematika adalah ilmu yang mengharuskan kita untuk terus berlatih. Hal ini karena matematika bukanlah ilmu hafalan seperti ilmu-ilmu lainya.

Ketika kamu sering berlatih, maka cakupan materi yang akan kalian pahami akan lebih banyak. Pun dengan kemampuan kalian, dengan banyak berlatih kalian akan terbiasa menghadapi bermacam-macam soal yang berbeda.

2. Jangan pernah menghafal rumus matematika seluruhnya

tips ampuh belajar matematika
Foto: alodokter.com

Banyak dari kita menganggap apabila hafal semua rumus matematika maka akan memudahkan kita dalam mempelajarinya. Padahal, dalam mempelajari matematika agar terasa mudah bukan dengan menghafal keseluruhan rumus, namun dengan cara memahami konsep awal dan kunci penyelesaianya.

3. Sering-seringlah melakukan pengulangan

tips ampuh belajar matematika SMA
Foto: liputan6.com

Terkadang, ketika kita menghadapi soal matematika, kita terburu-buru menggunakan cara yang baru. Padahal, soal matematika biasanya adalah soal pengulangan. Seringkali cara yang sebelumnya kita pelajari ternyata masih sangat relevan dengan persoalan baru yang kalian hadapi.

4. Cermati dan pahamilah maksud soal

tips ampuh belajar matematika tingkat SMP
Foto: belajartop.com

Memahami adalah hal yang sangat penting, termasuk untuk memahami sebuah soal matematika. Seperti yang kita tahu, bahwa setiap soal matematika telah di desain sedemikian rupa oleh pembuatnya untuk melatih kemampuan dan kecermatan kita. Dan satu hal yang pasti, setiap soal akan selalu ada jawabannya.

Nah, tugas kalian adalah mencari rumus dan proses yang tepat untuk menjawab setiap soal tersebut. Perlu diketahui, untuk menjawab soal matematika, kalian tidak hanya dituntut untuk menjawab soal tersebut secara benar.

Namun juga diharuskan melewati proses pengerjaan secara runtut dan juga tepat. Akan sangat rancu jika kalian mendapatkan jawaban yang benar namun ternyata proses menjawabnya tidak benar.

5. Pelajari bersama teman-teman

Foto: haibunda.com

Berlatih matematika bersama teman menjadi tips terakhir yag harus Takaitersuh coba. Selain bisa menambah daya ingat kamu ketika mendapatkan soal matematika, berlatih bersama teman-teman pun akan membuat suasana belajarmu menjadi lebih ceria dan pastinya lebih semangat.

Semakin kamu dan teman-teman berlatih menyelesaikan soal-soal matematika, maka kamu dan teman-teman akan semakin menemukan berbagai variasi soal dan tahu cara mengerjakannya.

Itulah 5 tips ampuh belajar matematika yang bisa kamu coba agar lebih mudah dalam mempelajari matematika. Meskipun matematika adalah mata pelajaran yang cukup sulit dipelajari. Namun dengan giat berlatih dan tahu tips ampuh menaklukanya, maka kamu akan lebih mudah dalam memahami mata pelajaran tersebut.