Halo, Takaiters!

Umumnya saat usia matang dan karir sudah mapan, pertanyaan tentang kenapa masih single itu ada di sekililing kita. Entah itu karena memang “tidak laku”, belum menemukan the right person, mau fokus ke tempat lain dulu, dan sebagainya, kita belum punya someone yang mendampingi kita. Apapun alasan yang kita miliki, kita bisa kesal, iri, atau kesepian ketika melihat teman-teman yang sudah berpasangan dan menikah.

Nah, apakah separah itu menjadi single? Sebenarnya banyak hal positif yang kita bisa dapatkan saat menjadi single. Masa single bisa membuat kita lebih menjaga hubungan yang akan datang saat menemukan the right person. Berikut ini hal positifnya yang bisa kamu dapati, yuk, simak yang berikut ini.

1. Bebas Mengambil Keputusan

Foto: pexels.com

Biasanya, nih, jika sudah punya pasangan, maka sebagian perhatian kamu akan tersita oleh pasangan, apalagi kalau sudah punya anak, bisa-bisa nggak punya waktu buat diri sendiri.
Kebayang kan, jika kamu tidak sengaja cuek sama pasangan? Bisa-bisa doi protes.
Oleh karena itu, ketika menjadi single, kamu bisa memberi perhatian kepada apa atau siapa saja yang kamu inginkan, keputusan besar yang harus diambil untuk masa depan, dan sebagainya. So, semua keputusan ada di tangan kamu, tanpa ada campur tangan pasangan.

2. Bisa Menghemat Pengeluaran

Foto: pexels.com

Memiliki pasangan biasanya membuat kamu harus meluangkan waktu bersama, sehingga kamu harus menyiapkan budget jalan-jalan bersama doi, makan bersama, membelikan kado, dan sebagainya. Kadang-kadang, kamu tidak sadar kalau isi dompet benar-benar menipis demi menjaga hubungan.
Nah, kalau kamu masih menjomblo, tentu tidak perlu memikirkan hal-hal seperti itu. Kamu bisa mengatur pengeluaran untuk diri sendiri, terutama untuk mengembangkan skill jika dibutuhkan.

3. Perasaan yang Lebih Stabil

Foto: pexels.com

Jika sedang jatuh cinta, seringnya, nih, perasaan jadi tak menentu. Terkadang tanpa sadar sering merasa sedih, marah, bahagia mendadak karena Si Dia. Beda halnya jika masih single, apalagi sedang tidak jatuh cinta, kamu bisa lebih fokus dengan urusan sendiri. Eits, tapi bukan berarti jatuh cinta tidak boleh, ya, Takaiters.

4. Bebas Menentukan Pilihan

Foto: pexels.com

Jika memiliki pasangan, apalagi untuk hubungan serius, terkadang apa yang menjadi keputuskan kamu juga harus sesuai dengan kebaikan doi. Ada kalanya, apa yang penting untuk kamu, malah bisa bikin doi marah-marah. Misalnya, ketika kamu harus pindah ke luar kota atau bahkan ke luar negri demi pekerjaan atau kuliah. Terkadang Si Dia keberatan dengan keputusan yang kamu ambil. Ujung-ujungnya doi jadi marah-marah. Tapi jika menuruti keinginannya, kamu malah kesulitan untuk mencapai cita-cta untuk masa depan.

5. Jam Tidur Lebih Teratur

Foto: pexels.com

Tanpa keberadaan Si Dia, waktu tidur kita bisa lebih baik. Namun, ini tidak berlaku untuk orang-orang yang memang senang beraktivitas malam hari. Jika kita masih single, mungkin kamu tidak akan mendapat telepon dari Si Dia ketika ingin tidur atau sebaliknya, kamu tidak bisa tidur karena ingin tahu kondisi dirinya.

6. Fokus pada Pertemanan yang Tepat

Foto: pexels.com

Dengan menjadi single, kehidupan sosial bisa diisi dengan pertemanan dan persahabatan. Dari situ, kamu bisa mengenal karakter banyak orang dan mengetahui siapa saja yang berniat tulus kepada kamu dan siapa yang hanya memanfaatkan. Dari sana kamu bisa menemukan the right person untuk menjadi pasangan di kemudian hari

Nah, Takaiters, itulah 6 manfaat yang bisa kamu nikmati saat masih ngejomblo. So, enggak usah sedih karena status jomblomu. Jadikan momen masa single untuk masa depan kamu yang lebih baik.