Aloha, Takaiters!

Indonesia terkenal sebagai surganya kuliner khas daerah. Berbagai macam masakan yang resepnya diturunkan dari generasi ke generasi menghasilkan cita rasa yang unik. Begitu pula dengan penikmat sambal. Pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian sambal yang berasal dari utara pulau Sulawesi, sambal roa.

Sambal roa yang berasal dari Manado ini memiliki rasa yang khas. Bahan utamanya selain cabai, adalah ikan roa asap yang disuwir. Ada beberapa versi dari sambal ini, basah dan kering. Ikan roa sendiri adalah ikan yang hidup di perairan Sulawesi Utara sampai Kepulauan Maluku.

Jenis ikan terbang yang nama latinnya Hemiramphus Brasiliensis ini mempunyai ciri khas rahang yang meruncing. Di beberapa daerah ikan ini dikenal dengan nama ikan julung-julung, ikan gepe, atau masyarakat Maluku Ternate Utara menyebutnya ikan galafea.

Ternyata nutrisi ikan roa ini cukup lengkap lho, Takaiters. Kandungan mineral, omega 3, protein, lemak, dan gula dalam ikan ini mampu menyuplai kebutuhan tubuh akan kebutuhan vitamin esensial. Tidak heran ikan roa yang diolah sebagai campuran sambal khas Manado ini menjadi laris sebagai produk unggulan.

Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari ikan ini, antara lain:

1.Ikan Roa Sebagai Antioksidan

Foto: sukalaper.com

Kandungan omega 3 pada ikan roa membantu tubuh menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi udara. Dampak polusi udara diketahui dapat menembus paru-paru dan otak hingga efek jangka panjangnya dapat menyebabkan demensia, penyakit mental, diabetes bahkan stroke.

2. Menurunkan Kolesterol bila Dikonsumsi Sesuai Dosis

Foto: twitter.com

Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan mengonsumsi ikan ini sesuai dosis. Kadar protein dan omega 3 membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Foto: juarapedas.blogspot.com

Kadar gula rendah dalam darah berimbas pada tubuh. Tubuh menjadi gemetar, mata berkunang-kunang, kesemutan di sekitar mulut, jantung berdebar, mudah marah, bahkan menjadi mudah marah. Apabila dikonsumsi secara teratur, ikan ini dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah.

4. Anti Kanker

Foto: gubugkecilsangentung.net

Mengonsumsi ikan laut 2-3 kali sepekan dapat mencegah penyebaran kanker. Omega 3 pada ikan, delapan kali lebih efektif mencegah kanker bila dibandingkan dengan omega 3 pada sumber makanan nabati.

Kalau mampir Manado, jangan lupa oleh-oleh sambal roa yang tinggi khasiat dan dijamin maknyus rasanya, Takaiters!