Hai, Takaiters!

Salah satu bahasa asing yang sekarang ini tampaknya perlu kita kuasai adalah bahasa Korea. Selain karena budaya Korea kian mendunia, Korea juga kini menjadi salah satu raksasa ekonomi dan raksasa teknologi dunia. Menurut laporan kantor berita Bloomberg, Korea (dalam hal ini Korea Selatan) menjadi salah saru negara yang paling inovatif dewasa ini.

Tidak sedikit kalangan menilai, dengan mempelajari bahasa Korea akan membuka peluang untuk menggapai karir cemerlang di masa depan karena akan lebih melempangkan jalan kita apabila ingin bekerja di Korea Selatan atau juga bekerja di perusahaan-perusahaan Korea Selatan yang cabang-cabangnya tersebar di berbagai belahan dunia.

Lantas, adakah manfaat lain jika kita mempelajari dan kemudian menguasai bahasa Korea?

Dikutip dari laman takelesons.com, di samping bermanfaat untuk peningkatan karir kerja, mempelajari bahasa Korea juga dapat mendatangan sejumlah manfaat lain.

Yuk, simak manfaat mempelajari bahasa Korea, Takaiters!

1. Pemahaman yang lebih baik terhadap budaya Korea

manfaat belajar bahasa korea
Foto: cheria-travel.com

K-pop, film maupun drama Korea kian mendunia. Dengan mempelajari bahasa Korea dapat membantu kita memiliki pemahaman yang lebih dalam dan lebih bermakna terkait lagu, film maupun drama Korea.

Pada gilirannya, ini bakal membantu kita memperoleh wawasan yang lebih luas tentang masyarakat dan negara Korea, yang notabene memiliki sejarah yang panjang dan unik.

2. Meningkatkan kekuatan otak

Manfaat belajar bahasa korea
Foto: dorama.com

Ada banyak manfaat mempelajari bahasa asing. Menjadi bilingual (orang yang menguasai dua bahasa) atau multilingual (orang yang menguasai banyak bahasa) dapat merangsang daya intelektual dan meningkatkan perkembangan mental.

Oleh karena itu, mempelajari bahasa Korea akan membantu menstimulasi otak, sehingga otak tetap aktif dan sehat.

3. Meningkatkan hubungan pribadi dan bisnis

Manfaat mempelajari bahasa korea selatan
Foto: instagram.com/tvndrama

Jika kalian mempunyai kenalan orang Korea, baik itu sebagai teman atau sebagai mitra bisnis, maka dengan mempelajari bahasa Korea, kalian akan lebih mudah berinteraksi dan membangun hubungan pribadi maupun hubungan bisnis yang lebih erat dengan mereka.

4. Pengalaman wisata yang lebih menyenangkan

Foto: hotcourses.co.id

Jika Korea menjadi tujuan libur kalian, maka mempelajari bahasa Korea merupakan hal positif lantaran akan membantu kalian untuk lebih mudah beradaptasi dengan budaya dan masyarakat Negeri Ginseng itu. Kalian dapat berkomunikasi langsung dengan pemandu wisata, pemilik bisnis dan penduduk setempat, yang akan memungkinkan kalian memiliki pengalaman perjalanan wisata yang lebih baik dan lebih menyenangkan. Satu hal lagi, kalian akan merasa jauh lebih nyaman berada di Korea karena memahami bahasa asli negara itu.

5. Bisa membantu orang lain

Foto: bengkuluekspress.com

Jika kalian mampu berbicara bahasa Korea mungkin saja kamu dapat membantu orang lain. Misalnya, saat kalian ketemu orang Korea yang sama sekali tidak bisa berbicara bahasa Indonesia, kalian dapat menggunakan bahasa Korea yang kalian kuasai untuk mengajari mereka belajar bahasa Indonesia.

Membantu seseorang mempelajari bahasa baru adalah cara yang fantastis untuk memberikan pengaruh positif dalam kehidupan seseorang.

Well, Takaiters, itulah beberapa manfaat mempelajari bahasa Korea yang bisa kita petik. Oleh sebab itu, tak ada salahnya kalau kalian mulai pula mempelajarinya. Sedikit demi sedikit saja. Lama-lama, jika sering berlatih, percayalah akan semakin fasih.