Hai, Takaiters!

Apakah kalian memiliki hewan peliharaan? Atau sedang mempertimbangkan untuk mempunyai hewan peliharaan di rumah kalian?

Saat ini, terdapat berjuta-juta rumah tangga maupun orang perseorangan di seantero dunia  yang menjadikan binatang tertentu sebagai hewan peliharaan.

Ada yang memelihara binatang yang memang sudah lazim sebagai hewan peliharaan. Namun, ada juga yang memilih memelihara binatang-binatang yang agak kurang lazim sebagai hewan peliharaan.

Terlepas cara apa yang ditempuh untuk memiliki hewan peliharaan, apakah membeli, berburu di alam bebas atau diberi oleh teman, ada beberapa hal  yang sebaiknya dijadikan bahan pertimbangan lebih dahulu sebelum memutuskan memelihara seekor atau beberapa ekor hewan peliharaan.

Yang pertama, pastikan hewan yang dipelihara bukan termasuk ke dalam kategori satwa yang dilindungi.

Yang kedua, apakah kalian memiliki komitmen untuk memeliharanya dengan sebaik-baiknya?

Dan yang ketiga menyangkut soal lingkungan. Kita tidak hidup sendirian. Ada anggota keluarga yang lain. Ada juga tetangga.  Apakah mereka bisa menerima kehadiran hewan yang kita pelihara?

Yang keempat terkait masalah keuangan. Siapkah  kalian dengan dana rutin yang harus dikeluarkan untuk biaya  makanan, perawatan, atau bahkan pengobatan ketika hewan peliharaan itu sakit?

Yang kelima, pengetahuan dasar.  Apakah kalian memiliki pengetahuan dasar menyangkut jenis-jenis hewan yang hendak kalian pelihara?

Persoalan-persoalan tadi penting sekali untuk menjadi bahan pertimbangan kita sebelum memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan.

manfaat hewan peliharaan untuk manusia
Foto: medcom.id

Lantas, apa sih manfaatnya memiliki hewan peliharaan? Yuks, simak manfaat hewan peliharaan berikut, Takaiters!

1. Membangun persahabatan

Hewan peliharaan dapat menjadi teman atau sahabat. Bahkan, mereka dapat menjadi sahabat yang benar-benar setia dan sejati bagi pemeliharanya.

2. Memberikan bantuan

Jenis-jenis hewan peliharaan tertentu seperti anjing, contohnya, dapat memberikan bantuan yang sangat berharga bagi manusia. Misalnya saja untuk melacak jejak pelaku kejahatan atau melacak korban bencana.

3. Mendorong aktivitas fisik

Hewan peliharaan mendorong pemeliharanya melakukan aktivitas fisik serta psikis sehingga memberikan kontribusi bagi terciptanya kebugaran dan rileksasi.

4. Menurunkan depresi

Ikatan serta hubungan antara hewan peliharaan dan pemiliknya menciptakan interaksi positif yang mampu menurunkan tingkat kesepian dan depresi.

manfaat hewan peliharaan dirawat dengan baik antara lain
Foto: suara.com

5. Menurunkan biaya kesehatan

Menurut National Institute of Health Technology, Inggris, mereka yang memiliki hewan peliharaan ternyata lebih jarang berobat ke dokter, khususnya menyangkut penyakit-penyakit yang tidak begitu serius.

6. Meningkatkan stabilitas psikologi

Kesetiaan yang diberikan hewan peliharaan dapat memberikan stabilitas psikologis yang lebih besar. Ini, menurut sejumlah riset, merupakan salah satu pelindung terhadap munculnya serangan jantung.

7. Menurunkan tingkat stres

Bermain bersama hewan peliharaan membantu mengendurkan urat-urat syaraf sehingga dapat mengurangi tingkat stres.

8. Menurunkan tekanan darah

Sebuah kajian yang dilakukan di Universitas New York, Amerika Serikat, menunjukkan para pengidap darah tinggi yang memiliki hewan peliharaan ternyata mengalami penurunan tekanan darah yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

9. Mengembangkan keterampilan sosial

Sejumlah kajian membuktikan anak-anak yang memiliki hewan peliharaan ternyata mampu mengembangkan keterampilan sosial jauh lebih baik dibanding mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Sementara itu,  bebeberapa studi lain menghasilkan kesimpulan adanya keterkaitan antara tingkat harapan hidup yang lebih panjang dengan aspek kepemilikan hewan peliharaan.

Nah, Takaiters, itulah beberapa manfaat hewan peliharaan. Jadi, memang tidak ada salahnya kalau kita memiliki hewan peliharaan di rumah.