Manfaat Daun Kenikir, Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Takaiters!

Halo, Takaiters!

Apakah kamu suka mengonsumsi daun kenikir sebagai lalapan? Daun kenikir memang cukup digemari oleh beberapa orang. Tanaman ini juga mudah ditemui misalnya di pekarangan rumah atau di ladang. Memang, daun kenikir tak sepopuler jenis tanaman lainya.

Meskipun begitu, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh jika rajin mengonsumsinya.  Apa saja manfaatnya? Simak ulasa manfaat daun Kenikir berikut ini, Takaiters!

  1. Mampu Mencegah Penyakit Kanker

manfaat daun kenikir untuk kanker
Foto: diadona.id

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang patut diwaspadai. Mendengar penyakit yang satu ini ngeri, bukan? Maka dari itu kita perlu melakukan pencegahan sejak dini agar terhindar dari penyakit ini. Contoh sederhananya yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi daun kenikir.

Daun kenikir memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat menghambat sel kanker dalam tubuh. Memang, manfaat ini belum teruji secara klinis, namun tak ada salahnya mencoba bahkan alami ini untuk pencegahan, Takaiters.

Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jika kamu rutin mengonsumsi daun kenikir ini, maka nanti akan merasakan hasilnya.

  1. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat daun kenikir untuk asam urat
Foto: Pixabay.com

Manfaat lainnya daun kenikir yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada dasarnya imun tubuh dapat meningkat apabila kita mencukupinya dengan nutrisi seperti  dari makanan yang dikonsumsi.

Menjaga imun terjaga dengan baik  ini sangat penting agar tubuh akan tahan dan kebal terhadap serangan virus, bakteri, atau kuman berbahaya lainya.

Nah, daun kenikir terdapat kandungan yang baik seperti Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E yang dapat membantu meningkatkan metabolisme. Kamu perlu mengonsumsinya secara rutin untuk agar imunitas tubuhmu semakin meningkat, ya!

  1. Mampu Mencegah dan Mengobati Penyakit Diabetes
manfaat daun kenikir untuk kecantikan
Foto: Pixabay.com

Daun kenikir memang memiliki beragam manfaat untuk kesahatan. Tumbuhan yang memiliki nama latin Cosmos caudatus ini ternyata juga  dapat mencegah dan mengobati penyakit diabetes. Kamu sudah tahu atau belum, Takaiters?

Seperti yang kita ketahui, diabetes merupakan penyakit berbahaya yang bisa diderita oleh orang tua  maupun anak muda karena faktor keturunan, gaya hidup tak sehat, dan sebagainya.

Nah, daun kenikir baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung senyawa bioaktif yaitu berupa asam askorbat, asam  klorogenik, dan kuersetin yang bermanfaat meningkatkan kinerja insulin. Pasalnya, penderita diabetes memiliki kadar insulin yang rendah.

Jadi, mengonsumsi kenikir ini baik untuk meningkat kadar insulin dan menekan kadar gula pada penderita diabetes. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus mengonsumsi secara rutin.

  1. Dapat Melindungi Tulang dari Kerusakan

manfaat daun kenikir dan cara pengolahannya
Foto: Pixabay.com

Memiliki tulang yang sehat menjadi dambaan setiap orang. Ketika tulang kuat, melakukan aktivitas tentu lebih optimal. Menjaga tulang  tetap kuat tentu harus  kita upayakan sejak muda agar nanti di usia senja  tidak mengalami gangguan seperti osteoporosis.

Nah, mengonsumsi daun kenikir juga baik untuk melindungi tulang dari kerusakan. Hal ini karena daun kenikir mengandung magnesium dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Untuk Mendapatkan hasil maksimal, daun kenikir ini baik dikonsumsi sebagai lalapan atau dijadikan minuman rebusan dengan tambahan madu.

Itulah manfaat daun kenikir bagi kesehatan. Pastikan untuk mengolahnya dengan tepat agar kamu mendapatkan nutrisinya ya, Takaiters. Semoga bermanfaat.